10 Makanan Ringan Kekinian yang Mudah Dibuat, Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Makanan ringan kekinian yang mudah dibuat ini cocok dijadikan usaha bagi pemula.

oleh Husnul Abdi diperbarui 17 Mei 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 16:00 WIB
makanan ringan kekinian
ilustrasi makanan ringan kekinian/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Makanan ringan kekinian yang mudah dibuat bisa kamu jadikan ide bisnis. Bagaimana tidak, sekarang ini berbagai bisnis makanan ringan kekinian sedang menjamur di kota-kota besar. Hal ini tidak mengherankan karena keuntungan yang didapatkan juga cukup besar.

Apalagi, makanan ringan kekinian ini sangat digemari oleh anak muda yang gemar makan camilan saat berkumpul maupun di kala sendirian. Camilan kekinian menjadi teman nongkrong, membuat tugas, hingga untuk bersantai di rumah.

Makanan ringan kekinian yang mudah dibuat ini cocok dijadikan usaha bagi pemula. Pasalnya, tidak perlu modal yang begitu banyak, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi peminat makanan ringan kekinian ini tidak pernah sepi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/7/2020) tentang makanan ringan kekinian.


Makaroni Pedas dan Basreng

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Makaroni Pedas

Makan ringan kekinian yang pertama adalah macaroni pedas. Memiliki rasa yang renyah, gurih dan pedas menjadi ciri khasnya. Biasanya, makaroni ini terdiri dari beberapa level kepedasan, meski level terpedasnya bisa bikin kamu pusing karena kepedasan.

Snack kekinian yang satu ini terbukti bikin ketagihan banyak orang, apalagi bagi pecinta pedas. Dulu makaroni hanya digoreng dan dibungkus dengan plastik polos. Sekarang, makanan gurih ini sudah tersedia dalam berbagai varian, seperti makaroni bihun, makaroni basah, makaroni kuah dan berbagai makaroni lainnya.

Berikut cara membuat macaroni pedas yang mudah:

Bahan-bahan:

- 500 gram makaroni mentah

- 40 gram bubuk cabai

- 2 sendok teh garam

- Minyak goreng secukupnya

- Air secukupnya

Cara membuat makaroni pedas:

1. Rebus makaroni terlebih dahulu. Siapkan panci yang berisi air, lalu didihkan air tersebut. Setelah mendidih, masukkan makaroni mentah ke dalamnya. Rebus makaroni hingga teksturnya berubah menjadi empuk.

2. Saat makaroni matang, angkat dari panci dan bilas menggunakan air dingin. Hal ini dilakukan agar makaroni tidak mudah hancur. Setelah itu, tiriskan hingga makaroni kering dari sisa air.

3. Lalu, siapkan wajan yang telah diisi minyak dan panaskan. Setelah minyak panas, masukkan makaroni ke dalam wajan, lalu goreng hingga matang atau berwarna kecokelatan.

4. Setelah matang, tiriskan makaroni agar minyak tidak terlalu banyak.

5. Letakkan macaroni di dalam mangkuk, lalu taburkan garam dengan cabai bubuk di atasnya.

6. Aduk terlebih dahulu sebelum disajikan. Makaroni goreng pedas siap disajikan.

Basreng

Makanan ringan kekinian selanjutnya juga tidak kalah enak. Saat ini semakin banyak inovasi yang dibuat para pengusaha makanan ringan untuk memikat hati konsumennya. Salah satu makanan ringan yang kini digemari orang-orang adalah basreng atau baso goreng. Kelezatan rasanya mengundang rasa penasaran bukan saja para remaja melainkan juga orang dewasa.

Karena kepopulerannya banyak orang mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha basreng dengan beragam varian yang mereka ciptakan untuk menarik pembeli. Sejauh ini basreng memiliki pangsa pasar yang luas, selain itu bisnis makanan ini juga tidak ribet dan sangat menguntungkan.


Usus Goreng Krispi dan Roti Bakar

roti bakar
roti bakar (Foto: Good Indonesian Food)

Usus Goreng Krispi

Makanan ringan kekinian yang mudah dibuat dan cocok untuk ide bisnis selanjutnya adalah usus goreng crispy. Usus goreng crispy ini belakangan juga mulai banyak diminati dan bisa menjadi prospek yang bagus untuk bisnis.

Berikut cara membuat usus goreng crispy yang mudah:

Bahan-Bahan:

- 250 gram usus ayam

- 1 sdt garam

- 1 sdt kapur sirih

- 1 sdt air perasan jeruk nipis

Bumbu Halus:

- 3 siung bawang putih

- 1 ruas kunyit

- 1 butir kemiri

- 1/4 sdt ketumbar

- merica dan kaldu bubuk secukupnya

Bahan Tepung Krispi:

- 15 sdm tepung terigu

- 3 sdm tepung maizena

- daun jeruk secukupnya

Cara Membuat Usus Goreng Krispi:

1. Cuci bersih usus di air mengalir sampai benar bersih dan kesat lalu potong-potong.

2. Siapkan baskom, larutkan kapur sirih, garam, air jeruk nipis, usus dengan air sampai usus terendam.  Diamkan selama 30 menit. Lalu cuci sampai bersih, tiriskan.

3. Lumuri dengan bumbu halus sambil diremas-remas, diamkan 30 menit.

4. Campur semua bahan tepung dengan irisan daun jeruk secukupnya.

5. Gulingkan usus di bahan tepung sambil ditekan-tekan.

6. Panaskan minyak, goreng usus sampai garing.

7. Angkat dan tiriskan. Simpan di wadah atau stoples kedap udara.

Roti bakar

Makanan ringan kekinian selanjutnya adalah roti bakar. Roti bakar sudah sering ditemui di banyak tempat kuliner. Mulai dari gerobak pinggir jalan hingga restoran kekinian, Anda dapat menemui hidangan selingan satu ini.

Bisnis roti bakar nampaknya banyak digandrungi para pelaku usaha kuliner. Saat ini banyak bisnis roti bakar kekinian. Para pengusaha kuliner ini berlomba memberi inovasi rasa, tempat, dan pelayanan yang mampu menarik pembeli.


Potato Wedges dan Keripik Pisang Berbagai Rasa

potato wedges
potato wedges/copyright: unsplash/realmac dan

Potato Wedges

Potato wedges juga bisa dijadikan makanan ringan kekinian yang mudah dibuat berikutnya. Pototo wedges untuk dijual bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan. Berikut cara membuat potato wedges yang mudah:

Bahan-Bahan:

- Kentang, potong-potong

- Susu cair

- Telur

- Tepung terigu

- Garam

- Merica

- Bubuk kaldu

- Bubuk paprika

- Bubuk bawang putih

- Parsley kering buat taburan kalau suka

Cara Membuat Potato Wedges:

1. Campurkan telur dan susu, aduk hingga rata. Sisihkan.

2. Campurkan tepung terigu, garam, merica, bubuk kaldu, bubuk paprika, dan bubuk bawang putih. Sisihkan.

3. Celupkan beberapa kentang ke dalam campuran susu dan telur. Lalu masukkan ke dalam adonan tepung.

4. Panaskan minyak goreng, lalu goreng kentang hingga matang.

5. Angkat, taburi parsley kering.

6. Sajikan.

Keripik Pisang Berbagai Rasa

Keripik pisang berbagai rasa juga bisa menjadi makanan ringan kekinian untuk dijadikan ide bisnis. Kalau keripik pisang terdengar biasa saja, bagaimana dengan keripik pisang coklat? Atau keripik pisang keju dan green tea? Berinovasi dengan beragam rasa adalah bentuk pemasaran yang menyesuaikan dengan tuntutan zaman, sehingga peminatnya selalu bertambah.

Pilihan rasa yang banyak serta didukung dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik dijamin bisnis keripik pisang ini akan menjadi bisnis yang bukan sekedar kekinian tetapi juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

 


Telur Gulung dan Stik Talas

ilustrasi telur gulung sd/cookpad
ilustrasi telur gulung sd/cookpad

Telur Gulung

Telur gulung merupakan salah satu makanan ringan kekinian yang tak lekang oleh waktu. Telur gulung merupakan jajanan masa kecil yang tetap enak dan digemari hingga sekarang. Sekarang ini, banyak orang yang bernostalgia dengan kembali menikmati jajanan sekolahan ini.

Hasilnya, ternyata telur gulung dari dulu tidak pernah kehilangan peminatnya. Pantas kalau bisnis telur gulung menjadi bisnis yang menguntungkan.

Stik Talas

Selain dimakan dengan direbus atau digoreng, umbi talas juga bisa dijadikan makanan ringan kekinian seperti stik talas. Orang yang pada mulanya tidak begitu menyukai dan cenderung meremehkan talas malah justru sekarang sangat menyukai karena rasa stik talas yang gurih apalagi jika ditambah bubuk cabai pasti langsung ketagihan.


Mi Lidi dan Tahu Bakso

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Mi Lidi

Mi Lidi merupakan salah satu makanan ringan kekinian berbahan dasar tepung terigu yang juga tak pernah absen dibeli pas zaman sekolah. Rasa gurih mi dan bumbu yang bervariasi membuat siapapun ketagihan.

Kabar baiknya mi lidi kini tidak hanya jadi selera anak-anak di sekolah tetapi orang dewasa juga kerap kali memilih mi lidi sebagai cemilan di kala bekerja. Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis ini lebih mudah untuk dimulai, selain juga modal yang relatif sedikit. Siapa sangka bisnis mi lidi ini ternyata memiliki omset yang bombastis.

Tahu Bakso

Dalam kehidupan sehari-hari tahu menjadi salah satu bahan baku makanan yang akrab di semua kalangan masyarakat. Tahu sering diolah menjadi berbagai macam makanan termasuk makanan ringan seperti tahu bakso daging. Makanan ini merupakan olahan tahu goreng yang diberi isian adonan bakso sehingga cita rasa tahu menjadi semakin unik.

Tahu bakso daging bukan jenis makanan yang baru di kalangan masyarakat. Meskipun begitu pamor tahu bakso tetap melejit seiring dengan inovasi yang dibuat dan cara pemasaran yang beragam. Tidak salah kalau akhirnya makanan ringan kekinian ini bisa menghasilkan banyak keuntungan.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya