Takdir Mubram adalah Ketentuan Allah yang Mutlak, Kenali Contohnya

Takdir Mubram adalah ketentuan Allah yang mutlak dan tidak dapat diubah.

oleh Husnul Abdi diperbarui 17 Mei 2023, 13:45 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 13:45 WIB
Takdir Mubram adalah Ketentuan Allah yang Mutlak
Takdir Mubram adalah Ketentuan Allah yang Mutlak (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Takdir Mubram adalah salah satu jenis takdir yang perlu dipahami oleh umat Islam. Seperti yang telah diketahui, ada dua jenis takdir dalam agama Islam, yaitu takdir mubram dan takdir muallaq. Keduanya penting dipahami bahkan diimani, karena termasuk ke dalam Rukun Iman.

Mengutip M. Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat, kata takdir (takdir) terambil dari kata qaddara berasal dari akar kata qadara yang antara lain berarti mengukur, memberi kadar, atau ukuran.

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takdir adalah ketetapan Tuhan atau ketentuan Tuhan. Secara istilah, takdir merupakan segala yang terjadi, sedang terjadi, serta akan terjadi yang telah ditetapkan oleh Allah SWT baik yang baik maupun yang buruk.

Takdir Mubram adalah ketentuan Allah yang mutlak. Hal ini berbeda dengan takdir muallaq, yang mengikutsertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya. Kamu perlu memahami penjelasan dari kedua takdir ini beserta contohnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/5/2023) tentang mubram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Takdir Mubram

Takdir Mubram adalah Ketentuan Allah yang Mutlak
Takdir Mubram adalah Ketentuan Allah yang Mutlak (sumber: Pixabay)

Takdir mubram adalah salah satu jenis takdir yang penting dipahami oleh setiap muslim. Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya. Jadi, takdir mubram tidak dapat diubah lagi karena telah ditentukan dan pasti akan terjadi.

Contoh takdir mubram adalah tentang kelahiran dan kematian manusia. Tentunya tidak ada yang tahu kapan kamu akan dilahirkan dan kapan akan mati. Semua menjadi rahasia Allah SWT dan terjadi sesuai dengan ketetapan-Nya.


Contoh Takdir Mubram

Contoh Takdir Mubram
Contoh Takdir Mubram. (Photo by Paras Upadhyay on Pexels)

Melansir Bola.com, berikut beberapa contoh takdir mubram yang perlu dikenali umat Islam:

1. Kematian

Contoh takdir mubram yang pertama adalah kematian. Umur seseorang sudah dituliskan sehingga tidak ada yang bisa mengubahnya. Adapun yang dapat dilakukan oleh umat Islam hanyalah berdoa dan berusaha agar jatah usia yang diberikan oleh Allah SWT berkah dan diisi dengan hal-hal yang positif sesuai apa yang diperintahkan-Nya.

2. Kelahiran

Contoh takdir mubram berikutnya yaitu kelahiran. Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan dilahirkan. Semua menjadi rahasia Allah SWT dan terjadi sesuai ketetapan-Nya.

3. Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga termasuk takdir mubram. Meski, ada beberapa orang yang berusaha mengubah jenis kelaminnya dengan operasi. Hasilnya tidak akan berbeda, orang-orang itu tidak akan pernah mencapai gender yang mereka inginkan karena ada kemampuan khusus untuk setiap gender yang tidak dapat ditukar.

4.  Bencana Alam

Bencana alam juga termasuk ke dalam contoh takdir Mubram. Bencana seperti gunung meletus dan gempa bumi merupakan takdir yang tidak bisa diubah. Seorang muslim hanya bisa terus berikhtiar serta berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui agar dilindungi dari bencana tersebut.

5. Hari Kiamat

Contoh takdir mubram adalah datangnya hari penghakiman atau kiamat. Allah SWT telah menentukan kapan hari kiamat akan datang. Sebagai seorang muslim yang baik, kamu hanya bisa beriman kepada-Nya dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengubah ketentuan tersebut.

6. Jodoh

Tidak ada seorang pun yang tahu pasti siapa jodohnya. Hanya Allah SWT yang mengetahui hal tersebut sehingga sebagai umat muslim, kamu hanya perlu berserah diri, sambil berusaha dengan memperbaiki diri, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7. Pergerakan Alam Semesta

Sirkulasi tata surya termasuk takdir mubram. Ini termasuk matahari terbenam, matahari terbit, bulan atau gerhana matahari. Tak seorang pun di dunia ini dapat mengubah ketentuan itu. Hanya Allah SWT yang diperbolehkan dan mampu mengubah ketentuan itu dengan kuasa-Nya.


Mengenal Takdir Muallaq

Mengenal Takdir Muallaq
Mengenal Takdir Muallaq. (Photo by Snowscat on Unsplash)

Selain takdir mubram, jenis takdir selanjutnya adalah takdir Muallaq. Takdir muallaq adalah ketentuan Allah SWT yang mengikut sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya. Orang yang rajin bekerja akan kaya, dan yang malas berusaha akan miskin, sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri". (Ar-Rad:11). 

Jenis takdir Allah satu ini contohnya antara lain keberhasilan murid di sekolah dalam meraih prestasi. Murid yang berprestasi itu bukanlah murid yang diam saja tidak belajar, dan hanya menunggu takdir. Tetapi, ia yang selalu berusaha dan belajar setiap hari untuk meraih cita-cita yang diharapkannya.

Dengan begitu, apa yang diraihnya selain ditentukan oleh takdir Allah SWT, juga ditopang oleh usaha dan doa yang dia lakukan. Jadi, berusaha itu harus, tetapi kamu juga harus berdoa dan rela menerima segala takdir yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.

Tidak hanya itu, manusia juga harus berpijak pada Sunnatullah. Dengan memahami takdir dalam bentuk yang tepat, manusia akan terhindar dari bencana ataupun kesengsaraan. Maka dari itu, seseorang harus beribadah, berusaha, serta berjuang dengan bertumpu pada Sunnah yang telah ditetapkan oleh Allah. Upaya tersebut agar cita-cita yang sedang diperjuangkannya dapat tercapai sesuai dengan rencana tanpa keluar dari ajaran agama Islam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya