Pengertian Desain dan Jenis-Jenisnya, Kenali Lebih Dalam

Desain adalah istilah yang sangat luas.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 19 Mei 2023, 14:40 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 14:40 WIB
ilustrasi desain
ilustrasi desain (sumber: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Pengertian desain adalah istilah yang sangat luas. Desain bisa ditemukan dan digunakan di mana saja. Pengertian desain mencakup tujuan dan fungsinya.

Pengertian desain diterapkan untuk membuat struktur, ekosistem, antarmuka, produk, layanan, fitur, dan proses. Ada banyak macam desain dalam kehidupan sehari-hari. Setiap jenis pengertian desain memiliki keterampilan dan teknik tertentu.

Pengertian desain berkaitan dengan penyusunan dan pembentukan karya. Ada banyak jenis pekerjaan desain yang menggabungkan keterampilan teknis yang kompleks. Pengertian desain memiliki dampak besar pada penampilan dan fungsi segala sesuatu di sekitar.

Bidang desain terus berubah untuk beradaptasi dengan kebutuhan. Berikut pengertian desain dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (29/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian desain

Ilustrasi bisnis desain
Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)

Pengertian desain berasal dari kata latin designare yang berarti menggambar sebuah rencana. Secara etimologi, desain juga diyakini berasal dari bahasa Italia, "designo". Designo artinya untuk membuat sketsa awal, untuk merencanakan dan melaksanakan percobaan, atau terbentuk dalam pikiran.

Menurut KBBI, desain adalah kerangka bentuk; rancangan. Ia juga diartikan sebagai motif; pola; corak. Pengertian desain adalah proses membayangkan dan merencanakan pembuatan karya. Desain terdiri dari serangkaian proses berpikir terus-menerus tentang orang-orang terutama, mengidentifikasi tujuan, dan merencanakan cara untuk mencapainya.

Dalam istilah luas, desain adalah rancangan yang dapat diterapkan untuk membuat struktur, produk, layanan, fitur, dan proses. Tujuan desain jauh lebih erat terkait dengan strategi daripada estetika.


Jenis-jenis desain

ilustrasi desain
ilustrasi desain (sumber: Freepik)

Desain interior

Pengertian desain interior adalah kegiatan merancang lingkungan fisik interior dan eksterior yang digunakan oleh manusia. Profesional dalam pekerjaan ini bekerja dengan ruang interior untuk meningkatkan keamanan, fungsionalitas, dan daya tarik estetika area tersebut. Mereka memilih skema warna, furnitur, lantai, pencahayaan, dan semua elemen lain dari sebuah ruangan atau bangunan.

Desain grafis

Desain visual seperti tata letak majalah. Para profesional ini membuat desain untuk jaminan pemasaran, ilustrasi produk, identitas merek, dan situs web menggunakan perangkat lunak komputer seperti Adobe. Mereka menggabungkan keterampilan teknis dengan kemampuan artistik untuk menciptakan desain yang sesuai dengan audiens yang diinginkan.

Desain busana

Merancang pakaian dan aksesoris. Profesional di bidang ini merancang pakaian dan aksesori baru. Desain dibuat sketsa di atas kertas atau perangkat digital, dan kemudian warna, bahan, dan tekstur produk akhir ditentukan. Perancang busana mempelajari tren mode dengan meninjau majalah dan menghadiri peragaan busana.


Jenis-jenis desain

Beton Bisa Menjadi Bahan Bangunan Hunian yang Berkualitas dan Tidak Mudah Keropos.
Ilustrasi gambar bangunan konstruksi dengan beton. (Free-Photos/pixabay.com)

Desain teknik

Pengertian desain teknik merupakan kategori luas desain yang berlaku untuk struktur, infrastruktur, teknologi, dan mesin yang direkayasa. Desain teknik adalah metode yang digunakan insinyur untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.

Arsitektur

Merancang dan merekayasa bangunan dan struktur. Desain arsitektur adalah konsep yang menitikberatkan pada komponen atau elemen dari suatu struktur. Ini juga mencakup integrasi alam dan arsitektur untuk menciptakan hal-hal seperti taman dan kebun.


Jenis-jenis desain

Ilustrasi komputer | Tranmautritam dari Pexels
Ilustrasi komputer | Tranmautritam dari Pexels

Desain perangkat lunak

Desain perangkat lunak adalah proses di mana agen menciptakan spesifikasi artefak perangkat lunak yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan, menggunakan seperangkat komponen primitif dan tunduk pada batasan. Pengertian desain perangkat lunak enguraikan struktur, komponen, objek, dan metode yang memecahkan masalah dengan perangkat lunak.

Desain User interface (UI)

Desain antarmuka pengguna (UI) adalah proses yang digunakan desainer untuk membangun antarmuka dalam perangkat lunak atau perangkat terkomputerisasi, dengan fokus pada tampilan atau gaya. Desain ini adalah merancang antarmuka yang digunakan orang untuk mengontrol dan berinteraksi dengan teknologi.


Jenis-jenis desain

Ilustrasi Main Game (Image by Jan Vašek from Pixabay)
Ilustrasi Main Game (Image by Jan Vašek from Pixabay)

Desain gim

Pengertian desain gim terkait dengan merancang dunia virtual yang menarik. Desain gim adalah bidang yang luas, menggambar dari bidang ilmu komputer/pemrograman, penulisan kreatif, dan desain grafis.

Desain User experience (UX)

Melihat end-to-end pengalaman dari perspektif pelanggan termasuk hal-hal seperti produk, jasa, lingkungan dan interaksi. Desainer UX membuat situs web, aplikasi seluler, perangkat lunak, dan video game lebih mudah dinavigasi dan lebih intuitif bagi pengguna untuk berinteraksi.


Jenis-jenis desain

Tantangan di Balik Produksi Teater Drama Musikal The Last Five Years
Ilustrasi teater. (Dok. Erik Mclean/Unsplash)

Desain pencahayaan

Pengertian desain pencahayaan adalah sebuah proses mengintegrasikan cahaya ke dalam struktur arsitektur. Desainer pencahayaan merancang lingkungan cahaya untuk arsitektur malam, interior, teater dan film.

Perancang Pencahayaan akan bekerja dengan Direktur, Direktur Artistik, dan/atau Teknisi Pencahayaan untuk membuat visual pencahayaan, laser, strobo, bintik, dan terkadang layar video untuk sebuah pertunjukan.

Desain suara

Merancang lingkungan dan produksi suara. Desain suara adalah seni dan praktik menciptakan trek suara untuk berbagai kebutuhan. Ini melibatkan menentukan, memperoleh atau membuat elemen pendengaran menggunakan teknik dan alat produksi audio.


Jenis-jenis desain

Buatlah Desain Proposal yang Menarik
Ilustrasi Menyusun Proposal Credit: pexels.com/pixabay

Desain produk

Hampir setiap benda yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah karya seorang desainer produk. Sama seperti desainer UX, desainer produk memperhatikan estetika dan fungsionalitas suatu produk, dan ada banyak kesamaan dalam cara kerjanya.

Desain industri

Desain Industri adalah proses pemecahan masalah strategis yang mendorong inovasi, membangun kesuksesan bisnis, dan mengarah pada kualitas hidup yang lebih baik melalui produk, sistem, layanan, dan pengalaman yang inovatif. Pengertian desain industri berarti merancang produk untuk produksi massal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya