6 Cara Membuat Infused Water yang Menyehatkan, Bisa Turunkan Berat Badan

Cara membuat infused water yang bisa turunkan berat badan.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 12 Jun 2023, 17:40 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 17:40 WIB
Manfaat Infused Water
Manfaat Infused Water (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat infused water dapat kamu coba sendiri di rumah. Infuced water sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari Lose Weight by Eating, infused water dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan.

Cara membuat infused water sangat mudah. Dalam studi The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi infused water bisa membantu mengecilkan lingkar pinggang serta menjaga berat badan tetap seimbang dalam jangka panjang.

Kamu tak perlu melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badanmu. Cukup dengan mengonsumsi infused water secara teratur. Rasakan sendiri manfaatnya setelah mengetahui cara membuat infused water.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut liputan6.com ulas cara membuat infused water yang baik untuk kesehatan tubuh, Rabu (31/3/2021).


1. Cara Membuat Infused Water dari Lemon, Timun, dan Daun Mint

Infused Water campuran Mentimun dan Lemon
Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

Cara membuat infuced water yang pertama adalah infused water dari lemon, timun, dan daun mint. Manfaatnya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh, mengatasi dehidrasi, mengatasi lelah, dan menyegarkan tubuh 

Banyak serat, protein, vitamin C, vitamin B6, serta kalium yang bisa Anda peroleh secara cuma-cuma dari sebotol infused water yang mengandung lemon. Sementara potongan timun akan menyumbang sejumlah protein, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan sedikit kalori. 

Bahan-bahan:

1 botol air matang

10 irisan mentimun

½ bagian buah lemon

3 lembar daun mint

Cara membuat:

Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water siap untuk dikonsumsi.


2. Cara Membuat Infused Water dari Strawberry, Belimbing, dan Daun Mint

Ilustrasi infused water lemon
Ilustrasi infused water lemon. (Gambar oleh Jenesuispas dari Pixabay)

Cara membuat infuced water strawberry, belimbing, dan daun mint mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit berat seperti kanker, jantung, dan ginjal, menjaga fungsi saraf dalam tubuh, dan menjaga kecantikan kulit.

Seperti buah-buahan pada umumnya, stroberi dan belimbing juga padat akan kandungan serat di dalamnya. Protein, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, serta folat turut melengkapi nilai nutrisi dalam buah stroberi. Sementara itu, belimbing mengandung sejumlah vitamin C, vitamin B5, protein, folat, kalium, dan magnesium.

Bahan-bahan:

1 botol air matang

3 buah stroberi potong menjadi setengah bagian

2 buah belimbing potong kecil-kecil

3 lembar daun mint

Cara membuat:

Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral, selanjutnya letakkan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water siap untuk dikonsumsi.


3. Cara Membuat Infused Water dari Apel, Kiwi, dan Semangka

Jadi Langsing Cuma dengan Infused Water Apel dan Kayu Manis
Langsing hanya dengan infused water apel dan kayu manis? Begini cara buatnya. | via: foodnetwork.sndimg.com

Cara membuat infuced water dari apel, kiwi, dan semangka mempunyai manfaat untuk membuat rasa nyaman atau kenyang setelah makan lebih lama, mengontrol gula darah, dan membuat proses cerna makanan lebih optimal.

Buah apel kaya akan karbohidrat, protein, serat, vitamin C, serta kalium. Kandungan nutrisi ini tidak jauh berbeda dengan buah kiwi yang dilengkapi oleh serat, protein, besi, kalium, folat, vitamin A, dan vitamin C. Semua kombinasi ini akan semakin lengkap dengan tambahan buah semangka yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B5, dan kalium.

Bahan-bahan:

1 buah apel potong kecil-kecil

½ buah kiwi potong-potong

¼ buah semangka potong kecil-kecil

Cara membuat:

Campurkan semua buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Kemudian diamkan di dalam kulkas selama semalaman penuh. Infused water siap untuk menemani aktivitas Anda.


4. Cara Membuat Infused Water dari Pir, Jeruk nipis, dan Jahe

Botol Minum Unik Ini Buat Infused Water Lebih Mudah
Botol Minum Unik Ini Buat Infused Water Lebih Mudah (sumber. Lostateminor.com)

Cara membuat infused water dari pir, jeruk nipis, dan jahe mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa mual, mengatasi masalah pencernaan, dan membuat istirahat lebih nyaman.

Pilihan infused water yang satu ini tak kalah bernutrisi. Ya, berkat sejumlah karbohidrat, protein, serat, vitamin K, vitamin B2, vitamin B6, kalium, besi, magnesium serta folat dari buah pir. Sedangkan jeruk nipis mampu menyumbang karbohidrat, serat, protein, hingga vitamin.

Namun, kurang lengkap rasanya tanpa sedikit tambahan dari jahe yang mengandung protein, serat, besi, vitamin C, vitamin B6, vitamin B2, kalium, magnesium, besi, dan folat.

Bahan-bahan:

1 botol air matang

1 buah pir, potong-potong

¼ irisan tipis jahe

½ potong jeruk nipis

Cara membuat:

Campurkan semua rempah dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Terakhir, simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water pun bisa Anda nikmati selagi dingin.


5. Cara Membuat Infused Water dari Kiwi dan Lemon

Ilustrasi infused water
Ilustrasi infused water (Dok.Unsplash/ Geert Pieters)

Cara membuat infused water dari kiwi dan lemon mempunyai manfaat untuk mengurangi jerawat yang ada pada wajah, mengurangi flek hitam, dan membuat wajah lebih cerah. 

Terbukti klinis membantu mengurangi jerawat dari dalam. Dengan kandungan vitamin C tinggi, juga membuat wajah lebih cerah serta mengurangi flek hitam. Terutama bagi remaja, kamu wajib cobain nih.

Bahan-bahan:

500 ml Air Matang

0,5 Buah Lemon

0,5 Buah Kiwi

3 Lembar Daun Mint

Cara Membuat:

Langsung saja siapkan talenan dan pisau, lalu potong kecil semua bahan di atas. Masukan dalam botol, beri air dan masukan kulkas selama 24 jam. Setelah ditinggal semalaman dalam kulkas, kini sudah bisa kamu nikmati!


6. Cara Membuat Infused Water Jeruk Nipis dan Mint

infused water-kezo
ilustrasi resep infused water/pexels

Cara membuat infused water jeruk nipis dan mint memberikan manfaat untuk mengatasi panas dalam dan peradangan, meredakan batuk, dan meredakan radang dan inflamasi.

Resep infused water yang sederhana, yaitu hanya dengan perpaduan dua bahan. Meski simpel, tapi rasanya tetap segar dan sehat seperti resep lainnya. Cocok diminum apabila kamu mengalami masalah peradangan, seperti batuk atau panas dalam. Minuman ini bisa membuat tenggorokan terasa lega.

Bahan-bahan:

500 ml Air Matang

1,5 Buah Jeruk Nipis

8 Lembar Daun Mint

Cara Membuat:

Masih sama dengan resep lainnya. Kamu cukup memotong buahnya, lalu masukan ke botol. Terakhir diamkan di kulkas kurang lebih selama 24 jam. Kini infused water simpel yang segar siap untuk menemani aktivitas kamu!

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya