5 Tips Melakukan Spa Kaki di Rumah, Mudah dan Efektif

Berikut ini tips melakukan spa kaki di rumah yang mudah dipraktikkan.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 14 Jun 2023, 05:20 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 05:20 WIB
ilustrasi kaki
Selalu keringkan kaki untuk terhindar dari jamur (Foto: unsplash/ Rune Enstad)

Liputan6.com, Jakarta Tips melakukan spa kaki di rumah yang tepat bisa lebih memanjakan tubuh kamu. Hanya butuh beberapa alat dan bahan kamu sudah bisa melakukan spa kaki atau foot spa sendiri di rumah. Selain mudah dan efektif, melakukan spa kaki di rumah juga lebih hemat.

Spa kaki atau foot spa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain merawat wajah dan tubuh, kaki juga membutuhkan perawatan agar dapat membuat tubuh kembali lebih rileks. Spa kaki ini memiliki tujuan untuk memulihkan kaki yang pegal-pegal setelah seharian beraktivitas.

Setelah seharian beraktivitas, banyak orang yang memilih untuk melakukan perawatan di salon. Namun kini, setelah mengetahui tips melakukan spa kaki di rumah, kamu bisa melakukannya sendiri. Alat dan bahan untuk melakukan spa kaki di rumah juga mudah untuk ditemui.

Selain melakukan spa kaki di rumah dengan menggunakan air hangat, kamu juga bisa melakukan massage atau pemijatan untuk kaki kamu sendiri. Dengan disertai massage dan pemijatan ini tentunya akan semakin membuat tubuh kamu lebih rileks dan tenang.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang tips melakukan spa kaki di rumah yang efektif dan mudah dipraktikkan, Jumat (9/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Melakukan Spa Kaki di Rumah

Memijat Kaki
Sebelum tidur, ada baiknya Anda memijat kaki. (Ilustrasi: Mamabee)

Cara melakukan spa kaki di rumah tentunya sangat mudah untuk dipraktikkan. Hanya butuh beberapa alat dan bahan kamu sudah bisa memanjakan diri.

1. Siapkan Alat dan Bahannya

Tips melakukan spa kaki di rumah yang pertama yakni menyiapkan alat dan bahannya. Perawatan kaki dengan foot spa tidak membutuhkan banyak alat. Kamu hanya perlu menyiapkan kursi, baskom besar, air hangat, garam epsom atau garam meja, minyak esensial, pelembap, dan handuk.

Selanjutnya yakni kamu harus memilih ruangan yang paling nyaman untuk melakukan spa kaki di rumah. Pilih salah satu ruangan yang paling nyaman dan tenang, misalnya di taman belakang rumah atau di kamar sendiri. Pemilihan ruangan ini tentunya akan membantu tubuh kamu agar lebih tenang dan rileks. Selanjutnya yakni sebaiknya meletakkan beberapa aromaterapi di setiap sudut ruangan supaya terasa lebih nyaman.

Setelah itu, duduklah dengan posisi ternyaman. Sebaiknya kamu matikan ponsel agar tidak mengganggu ketenangan dan proses spa kaki kamu di rumah.

2. Isi Baskom dengan Air Hangat

Mengisi baskom dengan air hangat merupakan tips melakukan spa kaki selanjutnya yang kamu lakukan. Kamu bisa mengisi baskom dengan air hangat setidaknya sampai menutupi mata kaki. Kamu juga bisa menambahkan beberapa sendok susu bubuk supaya kulit kaki kamu lebih lembut dan cerah. Atau kamu bisa menuangkan beberapa gelas seduhan teh herbal untuk detoksifikasi kaki. Setelah itu, rendam kaki kamu dan rasakan sensasi nyamannya.Merendam kaki dengan air hangat dan garam beberapa diantaranya yakni dapat melancarkan sirkulsi darah dan meningkatkan energi tubuh juga kualitas tidur.

3. Tambahkan Kerikil

Tips selanjutnya kamu bisa menambahkan kerikil ke dalam baskom. Kerikil-kerikil halus atau batu kali berfungsi sebagai alat pijat untuk meredakan otot-otot kaki yang nyeri dan pegal. Caranya, injak-injak batu secara perlahan dan sesekali berikan tekanan yang sedikit kuat sebagai terapi akupresur.

4. Masukkan Garam dan Minyak Esensial

Tips melakukan spa kaki di rumah selanjutnya yakni kamu menambahkan garam dan minyak esensial ke dalam baskom yang sudah terisi air hangat dan minyak esensial. Kamu bisa mencampurkan beberapa sendok teh garam epsom dan minyak esensial ke dalam baskom. Pilih minyak esensial apa pun yang kamu sukai. Namun kalau ingin hasilnya maksimal, pilihlah aroma lavender, tea tree (pohon teh), kayu putih (eukaliptus), serai, atau chamomile.

5. Rileks

Sembari menginjak-injak batu, sandarkan tubuh di kursi dan pejamkan mata sejenak. Biarkan tubuh kamu rileks selama 15-20 menit sambil menghirup wangi aromaterapi yang menenangkan. Setelah itu, kamu bisa menggosokkan kedua telapak kaki dengan scrub biji kopi, gula, atau oat. Pijat ke seluruh bagian kaki dan fokuskan pada area kaki yang pegal.

Selanjutnya kamu bisa membilas dengan air hangat hingga bersih setelahnya. Jangan lupa oleskan pelembap supaya kulit kaki makin kenyal dan kencang.


Manfaat Spa Kaki di Rumah

Ilustrasi Spa
Ilustrasi Spa. (Foto: unsplash.com)

Ada beberapa manfaat yang kamu dapatkan dari melakukan spa kaki di rumah. Selain efektif dan lebih murah, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat.

1. Melembutkan Kaki

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari spa kaki adalah melembutkan kaki. Selain melembutkan, spa kaki juga bisa membuat kulit agar terlihat awet muda. Merendam kaki dengan air hangat, garam, dan kemudian memijat kaki dengan pelembab tentunya akan membuat kaki kamu lebih lembut.

2. Menenangkan Otot Kaki

Setelah seharian beraktivitas, tentunya kaki terasa pegal. Oleh sebab itu, penting untuk kamu merawat kaki dengan melakukan spa kaki. Kaki dan tubuh kamu tentunya akan terasa lebih tenang dan rileks setelah spa kaki.

3. Melembabkan Kaki yang Kering

Saat melakukan spa kaki tentunya kamu akan menggosok sembari memijat kaki kamu. Cara ini cenderung mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuat tumit jadi lebih lembut dan halus. Selain itu, foot spa juga membantu melembapkan kaki secara alami dan mencegah masalah kulit pecah-pecah.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat spa kaki atau foot spa selanjutnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Setelah seharian beraktivitas, kaki terus menerus di bawah tekanan berjalan setiap hari. Manfaat spa kaki atau foot spa langsung melepaskan ketegangan di sekitar kaki dan melemaskannya. Dengan begitu tentunya akan membantu anda menjadi lebih rileks dan tenang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya