7 Jenis Teh Herbal yang Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Jenis teh herbal yang membantu tidur lebih nyenyak ampuh mengatasi insomnia.

oleh Husnul Abdi diperbarui 17 Jun 2023, 14:10 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 14:10 WIB
Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Jenis teh herbal dapat membantu tidur kamu lebih nyenyak karena tidak memiliki kandungan kafein. Seperti yang telah diketahui, minuman berkafein menimbulkan efek susah tidur bagi orang yang mengonsumsinya. Hal ini tentunya membuat jenis teh yang mengandung kafein harus kamu jauhi agar tidak sulit tidur.

Memang tidak semua jenis teh dapat membuat tidur nyenyak. Hanya beberapa teh herbal saja yang bisa memberikan manfaat tersebut. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jenis teh herbal yang dapat membantu tidur lebih nyenyak ini tidak begitu sulit ditemukan.

Jenis teh herbal yang membantu tidur lebih nyenyak ampuh mengatasi insomnia yang biasa kamu alami. Bagi kamu yang sering susah tidur di malam hari karena keseringan begadang, kamu bisa mengonsumsi teh herbal ini secara teratur agar bisa cepat tidur tenang dan lebih nyenyak.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang jenis teh herbal yang membantu tidur lebih nyenyak dari berbagai sumber, Selasa (31/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teh Chamomile

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Jenis teh herbal untuk membantu tidur lebih nyenyak yang pertama adalah teh chamomile. Jenis seduhan salah satu keluarga bunga aster ini memang menjadi obat yang ampuh mengatasi insomnia. Teh bunga chamomile bahkan terkenal dengan khasiatnya yang membuat tubuh lebih rileks.

Menurut sebuah studi, efek menenangkan ini dikaitkan dengan antioksidan yang disebut apigenin pada teh chamomile. Apigenin berkaitan dengan reseptor spesifik di otak yang bisa mengurangi kecemasan.

Karena itu, tak hanya mengatasi kesulitan tidur, bunga chamomile dipercaya dapat membantu mengurangi kegelisahan dan stres. Kamu dapat meminumnya setelah melewati hari-hari yang panjang dan sulit. Selain itu, teh chamomile memiliki khasiat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan.


Teh Bunga Lavender

Teh Bunga Lavender
Lavender tea.| via: indiatimes.com

Jenis teh herbal untuk membantu tidur lebih nyenyak selanjutnya adalah the bunga lavender. Tak hanya aromanya yang sedap, bunga yang kerap digunakan sebagai aromaterapi ini dipercaya dapat menenangkan saraf, kegelisahan, dan insomnia.

Menurut sebuah studi, teh lavender terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur pada seseorang dengan gangguan kecemasan. Oleh karena itulah, jika kamu sedang mengalami gangguan kecemasan konsumsilah teh lavender sebelum tidur.

Tanaman dan minyak esensial dari lavender memiliki efek positif bagi sistem saraf, sehingga membuat mereka yang mengidap insomnia, dapat tidur dengan nyenyak.


Teh Valerian

Teh Valerian
Valerian root tea.| via: indiatimes.com

Tanaman ini terkenal dapat mengobati masalah tidur, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf. Jenis teh herbal yang dapat membantu tidur lebih nyenyak ini bisa berbentuk teh atau suplemen. Ada juga akar valerian yang jika dicampur dengan teh, mampu membuat tidur malam kamu menjadi lebih nyenyak.

Kandungan anxiolytic dan anti-inflamasi pada Valerian dipercaya dapat membantu melemaskan saraf dan memperbaiki kualitas tidur. Kamu dapat meminumnya sebelum tidur agar tidur lebih tenang dan nyaman serta bebas dari insomnia.


Teh Peppermint

Ilustrasi Teh Peppermint
Ilustrasi Teh Peppermint (dok. Pixabay.com/PublicDomainPictures/Putu Elmira)

Teh peppermint tidak mengandung kafein, menjadikannya pilihan yang bagus untuk diminum sebelum tidur. Terlebih lagi, kapasitas peppermint sebagai pelemas otot dapat membantu rileks sebelu tidur. Peppermint dinilai dapat membantu tidur lebih nyenyak dan lebih tenang.

Selain untuk mengatasi insomnia, teh peppermint juga bisa diminum saat kamu sulit fokus, sakit kepala, punya masalah pencernaan, kembung, stres, hingga cemas. Meskipun efek minum teh peppermint tidak langsung membuat kamu mengantuk, namun merasa tenang sebelum tidur tentu bisa memaksimalkan jadwal istirahat.


Teh Passion Flower

Passionflower adalah sejenis bunga dengan khasiat menenangkan sistem saraf demi membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Seduhan teh ini dipercaya bersifat menenangkan, yang tentunya dapat membantu mengendalikan stres, depresi, dan ketidakseimbangan emosional lainnya. Hal ini kerap dikaitkan dengan gangguan tidur.

Selain itu, passion flower bersifat anxiolytic, antispasmodic dan analgesic. Ketiga sifat tersebut berguna untuk mengurangi ketegangan fisik dan mental, sehingga teh ini sangat cocok untuk diminum sebelum tidur.


Teh Lime Blossom

Seduhan daun dan bunga dari tanaman ini dipercaya sudah ratusan tahun menjadi obat bagi orang-orang yang menderita insomnia. Hal itu disebabkan oleh sifat anxiolytic dan sedatif yang dapat membantu mengendalikan saraf, sehingga seseorang yang meminumnya dapat tidur dengan nyenyak.


Lemon Balm

Lemon Balm
Lemon Balm.| via: indiatimes.com

Lemon balm adalah jenis tanaman mint. Bagian daun tanaman ini biasanya diekstrak dan digunakan sebagai aromaterapi.

Namun tak hanya itu saja, daun lemon balm juga bisa dikeringkan dan dijadikan sebagai teh. Sama seperti aromaterapi, lemon balm memiliki sifat penenang yang mampu mengurangi stres. Jika minum teh ini sebelum tidur, kamu akan jadi lebih rileks dan lebih mudah terlelap.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya