Jenis Parfum Pria dan Pilihan Aroma yang Bikin Percaya Diri

Jenis parfum pria yang tepat akan membuat lebih percaya diri.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 19 Jun 2023, 04:40 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 04:40 WIB
pria
ilustrasi pria/Photo by Hunters Race on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Jenis parfum pria memiliki beragam aroma yang tak kalah menarik dari parfum wanita. Menggunakan wewangian dapat memberi sensasi segar, bersih, dan harum pada tubuh. Jenis parfum pria mungkin sedikit berbeda dari parfum wanita.

Mungkin kamu akan mengalami kebingungan saat memili jenis parfum pria. Kamu mungkin tidak ingin memilih jenis parfum pria dengan aroma bebungaan atau buah-buahan. Beberapa pria menyukai aroma parfum yang lebih maskulin. 

Selain itu, jenis parfum secara umum juga terbagi dalam beberapa kategori. Kategori ini merujuk pada konsentrasi wewangian yang menentukan kekuatan parfum. Parfum dengan konsentrasi wewangian yang lebih tinggi mengandung lebih banyak minyak parfum dan lebih sedikit alkohol. Kamu juga perlu memerhatikan poin ini untuk memenuhi kriteria jenis parfum pria yang kamu butuhkan.

Menentukan jenis parfum pria yang tepat sangat penting untuk mendukung tingkat percaya diri. Berikut jenis parfum pria dan aromanya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenis-jenis parfum secara umum

Parfum atau Minyak Wangi
Ilustrasi Foto Minyak Wangi atau Parfum (iStockphoto)

Eau Fraiche

Eau Fraiche merupakan jenis parfum yang paling ringan. Sebagian besar produk Eau Fraiche mengandung antara 1% hingga 3% minyak esensial. Konsentrasi yang sangat kecil ini lah membuat parfum ini biasanya sangat ringan dan menghilang dalam satu atau dua jam setelah disemprotkan. Walaupun eau fraiche memiliki konsentrasi wewangian yang rendah, eau fraiche tidak mengandung alkohol dalam jumlah tinggi.

Eau de Cologne

Eau de cologne atau EDC, memiliki konsentrasi wewangian yang jauh lebih tinggi dari Eau Fraiche. Eau de cologne mumnya memiliki konsentrasi aroma 2% hingga 4% dan konsentrasi alkohol yang tinggi. Eau de Cologne atau yang umum disebut cologne, merupakan pilihan wewangian yang lebih murah dengan ketahanan sekitar 2-3 jam.

Eau de Toilette

Eau de Toilette mengandung sekitar 5-15% minyak parfum. Umumnya, wewangian ini akan bertahan di tubuh antara 4 dan 7 jam. Istilah eau de toilette berasal dari istilah Perancis "faire sa toilette" yang berarti bersiap-siap. Parfum ini cenderung lebih berat daripada Cologne dan Eau Fraiche. Penggunaannya cukup dalam jmlah kecil.


Jenis-jenis parfum secara umum

Tips menyimpan parfum
Ilustrasi parfum. (Foto: pexels.com)

Eau de Perfume

Eau de Parfum adalah jenis parfum dengan wangi kuat. Eau de Parfum mengandung antara 10-20% minyak parfum dan merupakan pilihan populer sebagai wewangian. Eau de Parfum umumnya akan bertahan sekitar 8 jam. Eau de parfum adalah salah satu jenis wewangian yang paling umum dan cocok untuk dipakai sehari-hari.

Parfum

Parfum, juga dikenal sebagai extrait de parfum atau parfum murni, memiliki konsentrasi wewangian tertinggi. Parfum bisa mengandung aroma mulai dari 15% hingga 40% namun konsentrasi umumnya antara 20% hingga 30% untuk sebagian besar parfum. Dari semua jenis wewangian tubuh, parfum bertahan paling lama.

Harga parfum cenderung lebih mahal karena memiliki alkohol jauh lebih sedikit daripada jenis wewangian lain. Pemakaian parfum biasanya hanya dioleskan pada itik-titik tertentu dan tidak digunakan di seluruh tubuh.


Jenis Parfum Pria

Persahabatan
Ilustrasi pria. (iStockphoto/Henry)

Aroma Musk

Musk adalah aroma yang biasanya dikaitkan dengan aroma woodsy dan earthy. Aroma musk memberi kesan lembut dan bersahaja. Aroma ini cocok untuk pria yang menghindari aroma bunga atau jeruk yang kuat. Aroma musk banyak ditemukan dalam produk wewangian pria dengan berbagai merk.

Dulunya, aroma musk didapat dari kantung kelenjar rusa kesturi jantan. Kantung ini menyimpan cairan yang disemprotkan oleh rusa dan digunakan untuk menarik pasangan.

Ketika rusa mati, kantung akan diambil dan dikeringkan. Ketika kantung ini dipecah, ada butiran harum yang akan direndam dalam alkohol, menghasilkan aroma yang disebut sebagai 'musk'. Kini aroma musk tak lagi menggunakan rusa jantan melainkan dibuat melalui proses rekayasa kimia sintetik.

Aroma Cendana

Cendana memiliki aroma kayu yang kaya dengan sedikit rasa manis yang jarang ditemukan dalam minyak kayu. Aroma cendana dalam parfum memberi kesan eksotis dan berkharisma. Parfum dengan aroma cendana memiliki kesan lembut dan halus. Biasanya aroma ini juga dipadukan bersama wewangian kayu lainnya seperti cedar, rosewood, patchouli, vetiver dan vanilla.


Jenis Parfum Pria

berotot
ilustrasi pria /Photo by Sharon Garcia on Unsplash

Aroma Peppermint

Aroma pepermint dalam jenis parfum pria memberi kesan menyenangkan, bersih, dan menyegarkan. Peppermint menyatu dengan baik dengan apa saja, terutama aroma herba, bunga dan jeruk lainnya, menjadikannya parfum yang paling populer dalam produk tubuh pria.

Parfum dengan aroma pepermint ini cocok digunakan saat hari yang panas. Semprotan parfum ini mampu memberi perasaan dingin yang instan. Aroma ini juga mampu memberi perasaan rileks dan menenangkan.

Aroma Citrus

Citrus telah lama digunakan sebagai wewangian umum. Biasanya parfum dengan aroma citrus merupakan komposisi dari lemon, jeruk, bergamot, grapefruit atau mandarin. Aroma ini memberi kesan bersih dan menyegarkan pada tubuh.

Aroma cokelat

Aroma cokelat kini makin diminati dalam wewangian pria. Aroma yang lembut dan manis ini memberi kehangatan dan keunikan tersendiri. Aroma ini memberi kesan nyaman dan enerjik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya