Viral Ospek Universitas Sanata Dharma Tanpa Kekerasan, Senior Ramah dengan Maba

Berbeda dengan ospek kebanyakan kampus, Universitas Sanata Dharma bersikap ramah dengan mahasiswa baru.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 21 Agu 2023, 20:25 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 20:25 WIB
Viral Ospek Universitas Sanata Dharma Tanpa Kekerasan, Senior Ramah dengan Maba
Viral Ospek Universitas Sanata Dharma Tanpa Kekerasan. (Sumber: TikTok/@ceceeeenih)

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tahun ajaran baru, kini kampus telah melakukan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) untuk mahasiswa baru. Beberapa tahun belakang, selain untuk mengenalkan kampus, ospek menjadi panggung untuk senior unjuk diri di hadapan mahasiswa baru.

Setiap tahunnya selalu saja ada berita tentang kekerasan senior terhadap maba saat ospek. Kekerasan tersebut tentunya mencoreng pendidikan Indonesia dan menghilangkan makna dari ospek itu sendiri.

Berbeda dengan kebanyakan kampus yang seniornya menggunakan kekerasan dengan alasan membentuk mental maba ketika ospek, senior Universitas Sanata Dharma tidak menerapkan aksi demikian.

Belum lama ini viral di media sosial, sikap senior Sanata Dharma yang ramah terhadap mahasiswa baru. Sambil tersenyum, para senior memberikan semangat untuk para mahasiswa baru.

Berikut Liputan6.com melansir dari laman TikTok @ceceeeenih senior Universitas Sanata Dharma ramah kepada maba saat ospek, Senin (21/8/2023).


Senior Universitas Sanata Dharma Ramah dengan Maba

@ceceeeenih

ospek kalian serem? Nih ospek sanata dharma. Emang boleh seramah ini?? #mahasiswabaru2023 #insadha2023 #insadha #maba #dampok #ospek #sanatandharma #yogyakarta

♬ suara asli - 𝙏𝙃!𝙎 !𝙎 𝙆𝙄𝙈𝙀𝙉🤪 - 𝙏𝙃!𝙎 !𝙎 𝙆𝙄𝙈𝙀𝙉🤪

Tidak ada kekerasan dan tanpa aksi bentak-membentak, keramahan senior Universitas Sanata Dharma banjir pujian dari publik. Aksi berbeda senior kampus Sadhar ini seakan tertutupi dengan mayoritas aksi senioritas kampus lain yang dominan dengan kekerasannya saat ospek.

Tak hanya di TikTok, video ospek Universitas Sanata Dharma ini juga diunggah di Instagram hingga Twitter. Salah satu netizen berkomentar di unggahan di Twitter bahwa Sanata Dharma sudah lama menerapkan ospek tanpa kekerasan.

“Udah dari lama kak, ospeknya sadhar seperti ini. Temen saya yang masuk tahun 2010 juga ospeknya enak banget, seniornya ramah-ramah,” tulis salah satu netizen.

“Lah iyo insadha dr dulu mmg santai. Kan ada semboyan "humanis". Intek aja yg jelas² buat anak teknik dr dulu yo santai walaupun ada kerasnya dikit kaya push-up dan sit-up,” tambah yang lainnya.

Dalam video tersebut, para senior kompak pamer senyum dan memberikan semangat untuk maba yang baru datang. Bahkan sesekali para senior menyuruh mahasiswa baru untuk bertingkah kocak.


Komentar Warganet

Viral Ospek Universitas Sanata Dharma Tanpa Kekerasan, Senior Ramah dengan Maba
Viral Ospek Universitas Sanata Dharma Tanpa Kekerasan. (Sumber: TikTok/@ceceeeenih)

Video yang diunggah di TikTok pada 16 Agustus 2023 ini sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali dan sang pemilik akun unggah beberapa video. Video tersebut sudah dibagikan lebih dari 400 kali dan ada sekitar 23 ribu komentar yang dibubuhkan.

“pliss ospek sadhar seru poll 😭😭 ospek haruse kepanasan ini malah kedinginan,” tulis netizen yang akui ospek Sanata Dharma sangat seru.

“ospek tuh sejatinya mempererat pertemanan, dan pengenalan sistem,” tambah netizen yang ungkap soal makna ospek.

“gua kalo diginiin trust issue, takut “sekarang dibaikin dulu,” timpal netizen yang tetap takut dibentak saat ospek.

“emang serame itu 🤣🤣,, gak ada suara bentakan samsek yg ada cumn teriak" happy,” imbuh netizen lainnya.

"Ospek 2018 "RAPETIN!!, JALANNYA 2-2 !! GAUSAH SENYUM" .. tapi akhirnya kk keamanannya gabisa nahan ketawa 😂 digodain sama anak" cwe," komentar netizen kenang ospek 2018.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya