Jealous Artinya Cemburu, Ketahui Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Envy

Kata jealous dalam bahasa Inggris dikenal sebagai istilah jealousy. Kata jealous artinya rasa cemburu, iri hati, merasa marah.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 06 Sep 2023, 13:55 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 13:55 WIB
Jealous Artinya Cemburu, Ketahui Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Envy
Ilustrasi cemburu. (>Image by wayhomestudio on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Kosa kata jealous mungkin sudah tak asing dalam bahasa Inggris. Sebab kata ini sering dijumpai dalam kalimat maupun percakapan. Bahkan kini banyak anak muda yang menggunakan kata jealous dalam media sosial maupun diucapkan secara langsung.

Dalam kamus bahasa Inggris-Indonesia, kata jealous artinya cemburu. Biasanya kata jealous artinya cemburu ini digunakan oleh seseorang yang sedang menjalin hubungan asmara. Selain itu, kata jealous artinya cemburu juga kerap digunakan dalam lingkungan pertemanan.

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai arti jealous dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jealous Artinya

Jealous Artinya Cemburu, Ketahui Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Envy
Ilustrasi teman yang cemburu atau iri/Shutterstock-fizkes.

Dikutip dari laman Britannica, kata jealous dalam bahasa Inggris dikenal sebagai istilah jealousy. Kata jealous artinya rasa cemburu, iri hati, merasa marah. Kata jealous digunakan oleh seseorang yang memiliki perasaan tidak senang atau iri kepada orang yang disukai menunjukkan ketertarikan pada orang lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, cemburu adalah merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya.

Selain itu, kata jealous ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak puas karena melihat orang lain memiliki atau mencapai sesuatu yang mereka inginkan. Penggunaan kata jealous sendiri sering kali muncul dalam konteks hubungan asmara, lingkungan pertemanan, dan bahkan dalam lingkungan kerja.


Perbedaan Kata Jealous dan Envy

Jealous Artinya Cemburu, Ketahui Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Envy
Cemburu. (ilustrasi/pexels/budgeron bach).

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kata jealous artinya cemburu atau merasa marah. Hal ini lebih mengacu pada seseorang yang memiliki perasaan tidak senang atau iri kepada orang yang disukai menunjukkan ketertarikan pada orang lain.

Meski begitu, masih banyak orang yang tertukar mengartikan jealous dengan envy. Padahal keduanya memiliki makna yang berbeda. Perbedaan tersebut terlihat pada aspek perasaan yang muncul.

Jika jealous artinya cemburu atau merasa marah kepada orang lain. Kata ini biasanya digunakan oleh seseorang yang cemburu kepada orang yang disukai menunjukkan ketertarikan pada orang lain. Selain itu, kata jealous ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak puas karena melihat orang lain memiliki atau mencapai sesuatu yang mereka inginkan. Sehingga kata jealous ini sangat tepat digunakan dalam konteks hubungan asmara, lingkungan pertemanan, dan bahkan dalam lingkungan kerja.

Sedangkan kata envy artinya iri atau perasaan tidak senang untu memiliki atau merasakan sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Perasaan ini timbul ketika seseorang merasa tidak puas dengan apa yang mereka miliki dan menginginkan keberhasilan, kualitas, atau kepemilikan yang dimiliki oleh orang lain.


Contoh Kalimat yang Menggunakan Kata Jealous

Jealous Artinya Cemburu, Ketahui Contoh Kalimat dan Perbedaannya dengan Envy
Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris (Photo by Pisit Heng on Unsplash)

Agar lebih paham mengenai arti jealous, anda perlu mengetahui contoh kalimatnya adalah sebagai berikut ini:

  1. I'm so jealous that she's going to that concert! (Aku sangat iri dia pergi ke konser itu!)
  2. She is very jealous of her independence, and doesn't want to get married. (Dia sangat iri dengan kemandiriannya, dan tidak ingin menikah.)
  3. Her parents used to keep a jealous watch over her when she was young. (Orang tuanya selalu mengawasinya dengan cemburu ketika dia masih muda.)
  4. Ron was jealous of his colleague’s promotion. (Ron iri dengan promosi rekannya.)
  5. His success has made some of his old friends jealous. (Kesuksesannya membuat beberapa teman lamanya iri.)
  6. She became very jealous whenever he talked to other women. (Dia menjadi sangat cemburu setiap kali dia berbicara dengan wanita lain.)
  7. He was in a jealous rage. (Dia sangat marah.)
  8. She's jealous of my success. (Dia iri dengan kesuksesanku.)
  9. Children often feel jealous when a new baby arrives. (Anak-anak seringkali merasa iri saat bayi baru lahir.)
  10. You're jealous because the record company rejected your idea. (Anda iri karena perusahaan rekaman menolak ide Anda.)
  11. She got insanely jealous and there was a terrible fight. (Dia menjadi sangat cemburu dan terjadilah perkelahian yang mengerikan.)
  12. Mika couldn't hide her jealousy when her best friend received a promotion at work. (Mika tidak bisa menyembunyikan rasa cemburunya ketika sahabat terbaiknya mendapatkan promosi di tempat kerja.)
  13. Stevan felt jealous when his younger brother won the scholarship that he had applied for. (Stevan merasa cemburu ketika adiknya yang lebih muda memenangkan beasiswa yang dia ajukan.)
  14. The actress admitted that she was jealous of her co-star's talent and popularity. (Aktris itu mengakui bahwa dia iri terhadap bakat dan popularitas rekannya di film.)
  15. He jealous that you're going to the vacation! (Dia iri karena kamu pergi liburan!)
  16. Rendi got jealous because his girlfriend has many male friends. (Rendi cemburu karena pacarnya punya banyak teman laki-laki)
  17. She’s jealous of her brother because their parents are playing favourite. (Dia cemburu pada saudara laki-lakinya karena orangtua mereka pilih kasih)
  18. Some people are jealous of her career as an successful actress. (Banyak orang yang iri dengan kesuksesan karirnya sebagai artis)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya