Contoh Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-Hari, Lengkap Definisi dan Cara Melakukannya

Ikhtiar adalah suatu usaha yang dilakukan dengan segala cara untuk mendapat hasil yang maksimal.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 14 Sep 2023, 19:15 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2023, 19:15 WIB
Contoh Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-Hari, Lengkap Definisi dan Cara Melakukannya
Ilustrasi Perempuan Muslim Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari ada disetiap waktu mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ikhtiar adalah alat, syarat untuk mencapai maksud atau daya upaya.

Secara istilah, ikhtiar adalah suatu usaha yang dilakukan dengan segala cara untuk mendapat hasil yang maksimal. Ikhtiar juga dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk dapat merasakan kebahagiaan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Ada banyak contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari yang bisa anda lakukan. Seperti bekerja keras dan tidak menggantungkan nasibnya pada orang lain, hingga bertobat kepada Allah SWT agar mendapatkan ampunanNya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Ikhtiar

Contoh Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-Hari, Lengkap Definisi dan Cara Melakukannya
Ilustrasi muslim, Islami. (Photo by Thirdman/Pexels)

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ikhtiar adalah alat, syarat untuk mencapai maksud atau daya upaya. Sedangkan secara istilah, ikhtiar adalah suatu usaha yang dilakukan dengan segala cara untuk mendapat hasil yang maksimal. Ikhtiar juga dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk dapat merasakan kebahagiaan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Dikutip dari buku Ikhtiar dalam Bahasa oleh Mukhaiyar, menjelaskan bahwa ikhtiar berarti berusaha, karena dalam berusaha seseorang harus memilih. Ikhtiar adalah usaha seseorang untuk mendapatkan apa yang dikehendaki, memilih suatu pekerjaan, kemudian mengerjakannya sampai dia mendapat kesuksesan dalam pekerjaannya.

Mengutip dari buku berjudul Agar Doa Selalu Dikabulkan Allah oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, ikhtiar artinya salah satu senjata ampuh bagi umat muslim untuk berjuang meraih kesuksesan dunia. Allah SWT menegaskan tentang ikhtiar dalam Al-Qur'an surat an-Najm ayat 39-42 yang artinya:

"Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu)."

Ikhtiar merupakan sebuah usaha yang seharusnya dilakukan manusia untuk dapat memenuhi segala kebutuhan dalam kehidupannya, baik secara material, emosional, spiritual, kesehatan, seksual, dan juga masa depannya agar tujuan hidup untuk dapat sejahtera dunia akhirat dapat terpenuhi.


Cara Melakukan Ikhtiar dengan Baik

Contoh Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-Hari, Lengkap Definisi dan Cara Melakukannya
Ilustrasi muslim, karyawan di bank syariah. (Image by tirachardz on Freepik)

Untuk melakukan ikhtiar dengan baik, berikut ini beberapa cara melakukan ikhtiar dalam kehidupan adalah:

1. Tentukan Tujuan Anda

Cara melakukan ikhtiar dengan baik adalah dengan menentukan tujuan anda. Identifikasi dengan jelas apa yang ingin Anda capai. Tujuan yang spesifik dan terukur akan membantu Anda fokus pada ikhtiar yang tepat.

2. Perencanaan

Buat rencana yang mendetail untuk mencapai tujuan Anda. Rencana ini dapat mencakup langkah-langkah konkret, waktu yang dibutuhkan, dan sumber daya yang diperlukan.

3. Tindakan Konkret

Mulailah mengambil tindakan sesuai dengan rencana Anda. Hal ini mungkin akan diperlukan belajar yang ekstra, berkerja keras, berinvestasi, atau melakukan tindakan spesifik lainnya yang sesuai dengan tujuan Anda.

4. Disiplin dan Konsistensi

Penting untuk menjaga disiplin dan konsistensi dalam tindakan Anda. Terus lakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda, bahkan jika terjadi hambatan atau rintangan sekalipun.

5. Evaluasi dan Penyesuaian

Periksalah kemajuan Anda terhadap tujuan Anda. Jika Anda menemui masalah atau kendala, pertimbangkan untuk menyesuaikan rencana Anda jika perlu. Evaluasi secara berkala akan membantu Anda tetap pada jalan yang benar.

6. Selalu Berdoa

Dengan berdoa adalah bagian penting dari ikhtiar. Anda dapat memohon bimbingan dan dukungan dari Allah SWT. Namun perlu diingat bahwa hasil akhir dari usaha anda ada pada Allah SWT.

7. Fleksibilitas

Ingatlah bahwa rencana tidak selalu berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kadang-kadang, perubahan tak terduga akan terjadi, dan Anda perlu fleksibel untuk mengatasi situasi tersebut dengan bijak.

8. Kendalikan Emosi

Ikhtiar yang efektif membutuhkan pengendalian emosi. Jangan biarkan rasa takut, frustrasi, atau kecemasan menghalangi langkah-langkah Anda. Tetap tenang dan fokus pada tindakan yang perlu diambil.

9. Berusaha untuk Belajar

Teruslah belajar dari pengalaman Anda. Kesalahan atau kegagalan adalah bagian alami dari proses ikhtiar. Semua itu dapat memberikan pelajaran berharga yang membantu Anda tumbuh dan berkembang.

10. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Terkadang, berdiskusi tentang tujuan Anda dengan orang lain, seperti teman, keluarga, atau mentor, dapat memberikan perspektif yang berharga dan dukungan moral serta hal yang sangat penting untuk dilakukan.


Contoh Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Ikhtiar dalam Kehidupan Sehari-Hari, Lengkap Definisi dan Cara Melakukannya
Ilustrasi Muslim.

Ikhtiar adalah usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk dapat merasakan kebahagiaan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut ini terdapat beberapa contoh ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  1. Bekerja keras karena ingin sukses.
  2. Bertobatlah kepada Allah SWT karena ingin mendapatkan ampunan-Nya.
  3. Rajin-rajinlah beribadah dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya karena ingin mendapatkan rahmat Allah SWT.
  4. Saat sakit, anda berobat dengan harapan mendapat kesembuhan dari Allah SWT.
  5. Seorang siswa giat belajar karena ingin mendapatkan prestasi yang baik.
  6. Seorang yang bekerja keras untuk meraih kesuksesan.
  7. Tekun dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan terhadap dirinya.
  8. Pandai memanfaatkan waktu senggangnya untuk hal-hal yang positif.
  9. Tidak mudah putus asa apabila menghadapi kesulitan.
  10. Seseorang dapat melakukan ikhtiar dalam mengelola keuangan mereka dengan membuat anggaran, menabung, berinvestasi dengan bijak, dan mengurangi utang.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya