Apakah Bisa WA Diblokir tapi Profil Tetap Ada? Begini Caranya

Bagaimana bisa WA diblokir tapi profil tetap ada?

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 25 Jul 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi WhatsApp. ©2019 GadgetsNow
Ilustrasi WhatsApp. ©2019 GadgetsNow

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana bisa WA diblokir tapi profil tetap ada? WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia yang menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan komunikasi penggunanya, mulai dari mengirim pesan, menelepon, hingga berbagi file. Salah satu fitur penting yang sering digunakan adalah fitur blokir. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memblokir kontak yang dianggap mengganggu atau tidak diinginkan.

Fitur ini dapat digunakan dengan cara yang cukup sederhana dan tanpa notifikasi kepada kontak yang diblokir. Namun, memblokir seseorang di WA seringkali disertai dengan hilangnya foto profil pengguna di tampilan kontak yang diblokir. Hal ini dapat menjadi indikator yang jelas bagi kontak tersebut bahwa mereka telah diblokir, yang mungkin bisa menimbulkan perasaan tersinggung, terutama jika kontak tersebut adalah teman atau orang dekat. Tapi adakah cara WA diblokir tapi profil tetap ada?

Menariknya, ada cara untuk memblokir kontak di WA tanpa menghilangkan foto profil kita dari tampilan mereka. Ada trik tertentu yang memungkinkan kita tetap menjaga privasi dan kenyamanan tanpa menimbulkan kecurigaan. Fitur ini menjadi solusi bagi pengguna yang ingin menjaga hubungan baik dengan kontak yang diblokir sambil tetap membatasi interaksi yang tidak diinginkan. Berikut ulasan lebih lanjut bagainama bisa WA diblokir tapi profil tetap ada, dirangkum Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membatasi Interaksi dengan Fitur Archive

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

WhatsApp menyediakan fitur Arsip (Archive) yang bisa dimanfaatkan untuk membatasi interaksi tanpa menghilangkan foto profil. Fitur Arsip di WhatsApp berfungsi hampir mirip dengan blokir, yaitu membatasi interaksi seseorang dengan kita, namun dengan cara yang lebih halus. 

Ketika menggunakan fitur Arsip, obrolan dengan kontak tertentu dipindahkan ke folder khusus dan tidak lagi muncul di daftar obrolan utama. Kontak tersebut masih bisa melihat foto profil kita dan mengirim pesan, namun pesan mereka tidak akan mengganggu karena tidak muncul di layar utama.

Kontak yang diarsipkan tidak akan mengetahui bahwa mereka telah diarsipkan, sehingga tidak ada tanda-tanda yang menimbulkan kecurigaan seperti pada fitur blokir biasa. Ini adalah solusi praktis dan efektif untuk menjaga privasi dan kenyamanan tanpa menimbulkan perasaan tidak enak pada kontak yang dibatasi.


Langkah-langkah Mengarsipkan Kontak di WhatsApp

Ilustrasi aplikasi WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Photo by Dima Solomin on Unsplash)
  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan dari kontak yang ingin kamu batasi interaksinya.
  2. Tahan atau ketuk lama obrolan tersebut hingga muncul beberapa opsi di layar.
  3. Dari opsi yang muncul, pilih "Arsip" atau "Archive" untuk memindahkan obrolan ke folder khusus Arsip.
  4. Obrolan dengan kontak tersebut akan berpindah ke folder Arsip dan tidak akan lagi muncul di daftar obrolan utama.

Membuka Kembali Obrolan yang Diarsipkan

Masuk WhatsApp
Ilustrasi orang yang sedang masuk ke WhatsApp. Credits: pexels.com by Anton

Jika suatu saat ingin membuka kembali obrolan dengan kontak yang diarsipkan, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi WhatsApp.
  2. Pergi ke tab obrolan (Chat) di aplikasi.
  3. Scroll atau geser ke bawah hingga kamu menemukan folder Arsip di bagian bawah daftar obrolan.
  4. Tahan atau ketuk lama pada obrolan yang ingin kamu buka.
  5. Dari opsi yang muncul, pilih "Buka" untuk memindahkan obrolan kembali ke daftar obrolan utama.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya