8 Cara Sederhana Tunjukkan Sayang Tulus ke Anak,Orang Tua Wajib Catat

Memberikan cinta tulus kepada buah hati merupakan elemen krusial dalam proses pengasuhan yang berkualitas.

oleh Miranti diperbarui 25 Jul 2024, 17:53 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 17:53 WIB
keluarga bahagia
Ilustrasi ibu dan anak diciptakan oleh 220 Selfmade Studio.

Liputan6.com, Jakarta Kasih sayang merupakan dasar yang sangat penting dalam hubungan antara orang tua dan anak. Menunjukkan cinta yang tulus tidak hanya akan memperkuat ikatan emosional, tetapi juga akan membantu anak merasa aman, dihargai, dan dicintai.

Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan kasih sayang, cinta, dan pengasuhan yang tulus dari orangtua mereka akan dapat berkembang secara maksimal. Mereka akan menjadi lebih percaya diri dan bahagia, yang pada gilirannya berhubungan erat dengan kecerdasan mereka di masa depan.

Namun, bagaimana cara memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak? Berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk menunjukkan kasih sayang yang tulus kepada mereka sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Luangkan Waktu untuk Anak

anak dan orangtua
Gambaran Keluarga | hak cipta pixabay.com/ Jupilu

Menghabiskan waktu yang berkualitas berarti mengalokasikan waktu bersama anak tanpa gangguan. Matikanlah ponselmu, tinggalkanlah pekerjaanmu, dan fokuslah sepenuhnya pada anakmu. Melakukan aktivitas sederhana seperti membaca buku bersama, bermain, atau hanya sekadar bercakap-cakap akan membuat anakmu merasa terjaga perhatiannya dan dicintai.

Meskipun Anda sebagai orang tua sibuk dengan segala kesibukan, sangatlah penting untuk menyisihkan sedikit waktu untuk anakmu. Hal ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap pertumbuhan dan perkembangan anakmu serta meningkatkan rasa percaya dirinya.


2. Berikan Pujian dan Penghargaan

Jangan Lupa Puji Anak Ketika Berusaha Terbaik dalam Belajar Salat
Ilustrasi ibu yang bangga dengan anaknya. (Sumber foto: Pexels.com)

Memberikan pujian yang tulus dan menghargai usaha anak, bukan hanya hasilnya, memiliki nilai yang sangat penting. Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan diri mereka dan menunjukkan bahwa ibu sangat menghargai usaha yang mereka lakukan.

Pastikan pujian yang diberikan spesifik agar anak merasa dihargai. Misalnya, "Kamu sungguh rajin menyelesaikan pekerjaan rumahmu hari ini!" atau "Aku sangat menyayangi kamu, nak." Pujian yang tulus namun tidak berlebihan dapat memberikan manfaat besar bagi kebahagiaan anak.


3. Jadilah Pendengar yang Baik untuk Anak

kenangan
Ilustrasi anak yang diberi pujian (Foto: Unsplash/Sai De Silva)

Saat Anda sebagai orang tua mendengarkan anak dengan sepenuh hati, Anda menunjukkan betapa Anda menghargai perasaan dan pendapat para anak-anak. Jangan hanya sekadar mendengar, tapi benar-benar mendengarkan dengan penuh perhatian.

Sertakan empati dalam setiap tanggapan Anda untuk membantu anak-anak merasa benar-benar dipahami. Sikap ini adalah bukti nyata betapa Anda sebagai orang tua sangat mencintai dan menyayangi mereka.


4. Berikan Sentuhan Fisik

Ilustrasi ibu dan anak laki-lakinya
Ilustrasi ibu dan anak laki-lakinya.

Sentuhan fisik seperti pelukan, ciuman, atau tepukan di punggung bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Sentuhan fisik adalah cara sederhana namun kuat untuk menunjukkan kasih sayang dan memperkuat ikatan emosional. Ini sangat baik diberikan oleh orangtua ke anaknya. 


5. Tunjukkan Ketertarikan Pada Minat Anak

Menulis Tegak Bersambung
Ilustrasi ibu yang memuji anak-anaknya. (Sumber foto: Pexels.com)

Mengungkapkan minat terhadap hobi dan kegiatan yang anak sukai dapat memberikan mereka rasa dihargai yang luar biasa. Saat Anda sebagai orang tua ikut serta dalam kegiatan mereka atau hanya sekadar menanyakan tentang minat mereka, hal ini menunjukkan betapa pedulinya Anda dan dukungan yang Anda berikan terhadap apa yang mereka sukai.  Dalam hasilnya, anak akan merasakan cinta, penghargaan, dan kasih sayang yang lebih besar. Mereka akan tumbuh menjadi individu yang penuh percaya diri dan berani menghadapi dunia.


6. Beri Dukungan Emosional

Fimela - Keluarga
Iustrasi ibu dan anak.

Anak-anak sangat membutuhkan dukungan emosional, terutama ketika mereka dihadapkan pada berbagai tantangan hidup. Jadi, sebagai orang tua sebaiknya menjadi pendengar yang hebat dan memberikan dukungan yang positif kepada mereka. Anda bisa membantu anak-anak mengatasi perasaan negatif dan mengajarkan cara yang baik untuk mengelola emosi mereka.


7. Tetapkan Batasan dengan Kasih Sayang

CINTA ORANGTUA
Ilustrasi rasa cinta dan kasih sayang orangtua terhadap anaknya (copyright shutterstock)

Menetapkan batasan dan aturan adalah bagian dari menunjukkan kasih sayang. Ini membantu anak memahami apa yang diharapkan dan merasa aman. Pastikan Mom menjelaskan alasan di balik aturan dan tetap konsisten, sambil tetap menunjukkan cinta dan pengertian. Adanya batasan akan membantu anak menjalani hidup di jalan yang benar, lebih hati-hati dan bijaksana tentunya. 


8. Hadir di Momen Penting

Ilustrasi orang tua mengantar anak ke sekolah
Ilustrasi orang tua mengantar anak ke sekolah. (Image by freepik)

Usahakan untuk hadir dalam momen-momen penting dalam kehidupan anak, seperti pertunjukan sekolah, kompetisi olahraga, atau ulang tahun mereka. Keberadaanmu menunjukkan dukungan dan kasih sayang yang tulus terhadap kehidupan mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya