Sosok Muhammad Nuzul Dzikri, Dikabarkan Menikah dengan Laudya Cynthia Bella

Muhammad Nuzul Dzikri menggambarkan seorang pendakwah yang gigih dalam menyebarkan dakwah Islam.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 29 Jul 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 18:00 WIB
Muhammad Nuzul Dzikri
Sosok Muhammad Nuzul Dzikri (Sumber: wikipedia)

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Nuzul Dzikri adalah seorang pendakwah atau ustaz yang lahir di Jakarta pada tahun 1983, serta dikenal sebagai sosok yang aktif dalam berbagai kegiatan dakwah di Indonesia. Sosok Muhammad Nuzul Dzikri sendiri memiliki pengetahuan yang luas dalam agama Islam, dan kerap memberikan ceramah serta pengajian kepada umat Muslim.

 

Pendakwah muda ini telah menarik perhatian banyak orang, dengan pesan-pesan kebaikan dan inspirasi yang ia sampaikan. Melalui kegiatan dakwahnya, sosok Muhammad Nuzul Dzikri berusaha untuk membantu umat Islam, dalam memahami ajaran Islam dengan lebih baik. Ia percaya bahwa dakwah bukan hanya berkaitan dengan penyebaran isi agama secara teoretis, tetapi juga harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain dakwah di dalam negeri, sosok Muhammad Nuzul Dzikri juga aktif dalam kegiatan dakwah internasional. Beliau sering diundang untuk memberikan ceramah dan pengajian di berbagai negara, dengan tujuan untuk berbagi pengalaman serta bertukar pengetahuan dengan umat Islam di belahan dunia lainnya.

Berikut ini sosok Muhammad Nuzul Dzikri dan sejumlah aktivitasnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (29/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sosok Muhammad Nuzul Dzikri

Muhammad Nuzul Dzikri
Sosok Muhammad Nuzul Dzikri (Sumber: dream.co.id)

Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri dikenal sebagai pendakwah yang aktif menyebarkan ilmu agama tidak hanya melalui ceramah tatap muka, tetapi juga melalui media sosial. Beliau memiliki akun Instagram dengan jumlah pengikut mencapai 1,8 juta. Akun tersebut sudah memiliki 6.295 unggahan yang kebanyakan berisi nasihat keagamaan dan potongan video saat beliau memberikan kajian. Dalam akun Instagram-nya, Ustaz Nuzul Dzikri juga rutin membagikan jadwal kajian yang akan digelarnya.

Tidak hanya di Instagram, Ustaz Nuzul Dzikri juga aktif di YouTube. Kanal YouTube miliknya dikelola oleh admin terpisah dan saat ini telah memiliki 774 ribu subscriber. Konten video yang diunggah di YouTube berisi rekaman ceramah dan kajian yang beliau sampaikan. Konten tersebut menjadi sumber pembelajaran bagi banyak orang yang ingin mendalami ilmu agama. Video terbaru yang diunggah di kanal YouTube berjudul "Disenggol di Sosmed" dan telah ditonton oleh 14 ribu netizen.

Dzikri tidak hanya memberikan ceramah di masjid atau tempat pengajian, tetapi juga memanfaatkan media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang. Akun Instagram dan YouTube miliknya menjadi sarana efektif untuk berbagi ilmu dan nasihat keagamaan kepada masyarakat luas. Melalui unggahan-unggahan tersebut, Ustaz Nuzul Dzikri mampu menyampaikan pesan-pesan keagamaan dengan cara yang mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

 

 


Aktivitas Dakwah

Muhammad Nuzul Dzikri
Sosok Muhammad Nuzul Dzikri (Sumber: wikipedia)

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri terlibat dalam berbagai aktivitas keagamaan yang mencakup kajian rutin, pengajaran, dan pembinaan spiritual. Salah satu kegiatan utama yang ia jalani adalah mengisi kajian kitab Tadzkirotus Saami' Wal Mutakallim Fii Adabil 'Alim Wal Muta'allim karya Imam Ibnul Jama'ah -rahimahullah- di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan. Kajian ini diadakan setiap hari Sabtu, ba'da maghrib, dan menarik perhatian banyak jamaah yang ingin mendalami ilmu agama dan adab dalam menuntut ilmu.

Selain mengisi kajian di Masjid Nurul Iman, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri juga memiliki komitmen untuk membina narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Pondok Bambu. Kegiatan ini dilakukan setiap pekannya dan bertujuan untuk memberikan pencerahan spiritual serta mendukung proses rehabilitasi narapidana melalui pendekatan agama.

Di luar kegiatan rutinnya, ia pernah menjadi pemateri regular pada kajian "The Rabbaanians" serta bagi Youth Islamic Club Study (YISC) Al Azhar di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta. Kajian-kajian ini menjadi sarana bagi banyak pemuda untuk belajar dan memperdalam ilmu agama dengan bimbingan yang sistematis dan menyeluruh.

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri juga sering diundang untuk mengisi berbagai kajian lepas di berbagai institusi dan universitas. Ia pernah menjadi pemateri di Institut Pemerintah Dalam Negeri II P, Cilandak, Jakarta, serta memberikan ceramah kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2013-2014.

Selain itu, ia juga memberikan pembinaan spiritual kepada staf PT. Aneka Tambang di Wisma Antam pada tahun 2014 dan menjadi pemateri di PTIK sebagai bagian dari program ekstrakurikuler. Tidak hanya di Indonesia, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri juga mengisi kajian di berbagai negara seperti Uni Emirat Arab, Tunisia dan Oman. Hal ini menunjukkan komitmen ia dalam menyebarkan dakwah Islam ke berbagai penjuru dunia, serta memperluas jangkauan ilmunya kepada umat Muslim internasional.

Selain aktivitas mengajar dan berdakwah, ia juga sempat menjabat sebagai Kepala Ilmu Pengetahuan Syariah di Takhassus Bahasa Arab Al Barkah selama lima tahun, dari tahun 2010 hingga 2015. Dalam peran ini, ia bertanggung jawab atas pengembangan kurikulum dan pengajaran ilmu syariah, serta membimbing para siswa dalam mempelajari bahasa Arab sebagai kunci untuk memahami teks-teks keagamaan.

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri juga aktif dalam memberikan ceramah di Radio Elshinta selama bulan Ramadhan, yang menjadi salah satu medium untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan kepada khalayak luas. Dengan berbagai kegiatan yang ia lakukan, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri tidak hanya menjadi tokoh agama yang dihormati, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang dalam menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan berlandaskan nilai-nilai Islam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya