8 Tanda Seseorang yang Selalu Ingin Jadi Pusat Perhatian, Caper Terus-Terusan

Begitulah banyak orang yang senang mencari perhatian yang perlu diketahui agar Anda lebih mawas diri.

oleh Miranti diperbarui 06 Agu 2024, 10:53 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 10:53 WIB
Terlihat Sombong, 4 Zodiak Ini Suka Pamer untuk Cari Perhatian
Terlihat Sombong, 4 Zodiak Ini Suka Pamer untuk Cari Perhatian (Sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pernah merasa ingin selalu menjadi pusat perhatian di setiap situasi? Atau mungkin ada seseorang yang kamu kenal yang selalu berhasil menarik perhatian orang lain? Mencari perhatian memang hal yang wajar dan manusiawi, tetapi terkadang bisa berlebihan.

Orang yang suka mencari perhatian atau bahasa gaulnya 'caper,' seringkali merasa bangga ketika dirinya jadi topik obrolan yang mengalih fokus banyak orang. Tindakan ini bisa muncul dari berbagai alasan, mulai dari ketidakamanan hingga keinginan untuk diterima dan diakui oleh lingkungan sekitar.

Memahami tanda-tanda seseorang yang suka mencari perhatian dapat membantumu mengenali perilaku ini dalam dirimu sendiri atau orang lain. Lalu seperti apa ciri-cirinya? Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (6/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sering Mengunggah Kehidupan Pribadi di Media Sosial

perempuan tertawa
Gambar seorang wanita yang sedang tertawa dengan gembira. | Hak cipta unsplash.com/Tim Bernhard

Apakah kamu sering mengunggah foto, status, atau cerita tentang kehidupan pribadimu di media sosial? Jika iya, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu suka mencari perhatian (caper). Meskipun berbagi momen dengan teman-teman di media sosial adalah hal yang wajar, mengunggah terlalu banyak detail tentang kehidupan pribadi bisa menunjukkan keinginanmu untuk mendapatkan pengakuan dan perhatian dari orang lain. 


2. Memperbesar-besarkan Cerita

ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Jason Tran on Unsplash
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Jason Tran on Unsplash.

Mengungkapkan cerita dengan tambahan dramatisasi atau hiperbola dapat menunjukkan bahwa Anda sedang mencari perhatian. Mungkin Anda merasa perlu membuat cerita terdengar lebih menarik atau dramatis agar orang lain tertarik dan memberikan perhatian kepada Anda. Meskipun ini dapat meningkatkan keseruan cerita, tetap penting untuk tetap jujur dan tidak berlebihan.


3. Sulit Menerima Kritik

zodiak
Gambar yang diambil oleh tim Icons8 menampilkan seorang wanita yang sedang sedih.

Orang yang suka mencari perhatian sering kali sulit menerima kritikan. Kamu mungkin merasa tersinggung atau marah ketika seseorang memberikan masukan yang tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Keinginan untuk selalu mendapatkan pujian dan pengakuan membuat kritikan terasa seperti ancaman. Padahal, menerima kritikan dengan baik bisa membantumu berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik. 


4. Suka Memulai Drama

karakter zodiak
Foto oleh Ilyas Bolatov di Unsplash menampilkan ilustrasi kepribadian seorang perempuan.

Memulai atau terlibat dalam drama adalah salah satu cara untuk menarik perhatian. Kamu mungkin sering kali terlibat dalam konflik atau membuat situasi menjadi lebih rumit dari yang seharusnya. Drama sering kali membuat orang lain tertarik dan memberikan perhatian lebih padamu, namun ini bukan cara yang sehat untuk mendapatkan perhatian. Cobalah untuk menghindari drama dan fokus pada hal-hal positif dalam hidup. 


5. Membutuhkan Validasi Eksternal

karakter kepribadian zodiak
Gambar perempuan kacamata diilustrasikan oleh reza gholami di Unsplash.

Apakah kamu merasa tidak nyaman jika tidak mendapatkan pujian atau pengakuan dari orang lain? Ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mencari validasi eksternal untuk merasa baik tentang diri sendiri. Meskipun pujian dari orang lain bisa membuatmu merasa senang, penting untuk juga belajar merasa cukup dan berharga tanpa perlu selalu mendapatkan pengakuan dari luar.


6. Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

perempuan percaya diri
Gambar ini diilustrasikan oleh gnichole_tumbaga dari unsplash.com.

Jika kamu sering membandingkan diri dengan orang lain dan merasa iri dengan perhatian yang mereka dapatkan, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu suka mencari perhatian. Membandingkan diri dengan orang lain bisa membuatmu merasa tidak puas dan selalu ingin lebih. Cobalah untuk fokus pada dirimu sendiri dan hargai pencapaianmu tanpa perlu membandingkan dengan orang lain.


7. Selalu Ingin Menjadi Pusat Perhatian

Terlihat Sombong, 4 Zodiak Ini Suka Pamer untuk Cari Perhatian
Terlihat Sombong, 4 Zodiak Ini Suka Pamer untuk Cari Perhatian (Sumber: Pexels)

Salah satu tanda utama seseorang yang suka mencari perhatian adalah keinginan untuk selalu menjadi pusat perhatian di setiap situasi. Kamu mungkin merasa senang saat semua mata tertuju padamu dan cenderung merasa kecewa jika orang lain yang menjadi sorotan. Biasanya, kamu akan berusaha keras untuk tampil menonjol, baik melalui penampilan, cara berbicara, atau tindakan.


8. Merasa Tertekan Ketika Tidak Menjadi Pusat Perhatian

ilustrasi wanita kacamata/credit @unsplash/adolfofelix
ilustrasi wanita kacamata/credit @unsplash/adolfofelix

Mengalami ketidaknyamanan atau kecemasan ketika perhatian tidak tertuju padanya, menunjukkan kebutuhan untuk selalu diperhatikan.  Jika kamu atau orang-orang di sekitarmu menunjukkan tanda-tanda ini,  dialah termasuk karakter yang suka diperhatikan. 

Mengenali tanda-tanda ini bisa membantumu memahami diri sendiri lebih baik. Mencari perhatian (caper) adalah hal yang manusiawi, namun penting untuk melakukannya dengan cara yang sehat dan tidak berlebihan. Belajarlah untuk merasa cukup dengan dirimu sendiri dan hargai dirimu tanpa perlu selalu mendapatkan validasi dari orang lain. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya