6 Perilaku Seseorang yang Membuatnya Rentan Dimanfaatkan, Baiknya Kebangetan

Walaupun berasal dari niat baik, sikap-sikap ini bisa jadi membuatmu sering dimanfaatkan.

oleh Miranti diperbarui 06 Agu 2024, 13:56 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 13:56 WIB
Jiwa Kepemimpinan Perempuan
Perempuan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, hal ini dibuktikan oleh sejumlah penelitian. (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, bersikap baik dan membantu orang lain adalah hal yang positif serta terpuji. Akan tetapi, perlu dicatat pula agar kebaikan yang kamu lakukan tersebut tidak dimanfaatkan oleh orang lain.

Kebaikan yang berlebihan, cenderung dimanfaatkan bahkan diremehkan. Untuk itu sangat perlu buat kamu untuk memahami sikap-sikap seperti apa sih yang rentan dimanfaatkan oleh orang lain. Barangkali hal-hal tersebut tidak kamu sadari.

Tanpa barbasa-basi, berikut selengkapnya sikap-sikap seseorang yang rentan dimanfaatkan orang lain sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (6/8/2024). Hati-hati bila kamu salah satunya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Memaafkan dengan Terlalu Mudah

ilustrasi cantik
Gambar perempuan cantik ini diambil dari unsplash.com/Barry

Memaafkan adalah sikap yang terpuji, tetapi memaafkan tanpa pertimbangan yang matang dapat membuat kita rentan dimanfaatkan. Orang yang terlalu mudah memaafkan sering kali mengabaikan tindakan yang merugikan, sehingga memberikan kesempatan berulang kepada orang yang ingin memanfaatkan kita untuk melakukan hal yang sama berulang kali.

Sebagai contoh, sikap memaafkan yang rentan dimanfaatkan adalah ketika kita memaklumi perilaku buruk teman atau pasangan tanpa memberikan konsekuensi. Tanpa disadari, hal ini dapat mendorong orang yang berperilaku buruk untuk mengulangi kesalahannya, sehingga mereka terus melakukan kesalahan yang sama.


2. Tidak Bisa Berkata Tidak

unsplash perempuan cantik
Gambar perempuan yang cantik dan menarik diilustrasikan oleh Anh Phương Anh dan dilindungi hak cipta oleh unsplash.com

Orang yang sulit menolak permintaan orang lain sering kali terjebak dalam tanggung jawab yang bukan seharusnya mereka pikul. Sikap seperti ini dapat menyebabkan mereka dimanfaatkan oleh orang di sekitarnya. Orang yang tidak mampu mengatakan tidak sering kali mengorbankan waktu, energi, dan kebahagiaan mereka sendiri demi memenuhi permintaan orang lain.

Sebagai contoh, sikap yang tidak mampu mengatakan tidak adalah selalu mengiyakan permintaan bantuan, meskipun sebenarnya tidak memiliki waktu atau merasa tidak nyaman. Hal ini juga berlaku dalam hal materi. Ketika seseorang sering kali berutang padamu dan kamu terus memberikannya, bahkan ketika kamu tahu bahwa mereka mungkin tidak akan segera melunasi utang tersebut.


3. Empati yang Mendalam

perempuan cantik
Gambar yang menampilkan seorang perempuan yang cantik dan baik/copyright freepik.com/lookstudio.

Meskipun memiliki kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain, terlalu mendalamnya empati dapat membuat seseorang terbawa arus masalah orang lain. Orang yang sangat empatik sering kali merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki keadaan orang lain, walaupun itu berarti mengorbankan diri sendiri. Sebagai contoh, mereka merasa terpanggil untuk membantu teman yang selalu mengalami masalah, meskipun memberikan bantuan tersebut dapat berdampak buruk bagi mereka di masa depan.


4. Menghindari Konflik Karena Takut Mengecewakan

perempuan cantik
Ilustrasi wanita yang lahir dengan kecantikan yang luar biasa / hak cipta freepik.com

Menghindari konflik dengan selalu mengalah atau mengikuti kehendak orang lain, dapat menyebabkan kamu kehilangan batasan. Kamu yang sering menghindari konflik karena takut mengecewakan, juga rentan dieksploitasi.

Orang yang menghindari konflik cenderung mentoleransi perilaku buruk untuk menjaga kedamaian. Namun, sikap ini memberikan kesempatan bagi orang lain untuk memanfaatkan kelemahan ini. Sebagai contoh, mengizinkan rekan kerja mengambil kredit atas usaha kamu, demi menghindari konfrontasi.


5. Terlalu Dermawan

Tas Kulit Awet
Ilustrasi yang indah dibuat oleh senivpetro di Freepik.

Sikap dermawan memang baik, namun jika berlebihan, ini bisa membuatmu dimanfaatkan. Terkadang, orang yang terlalu dermawan sering kali memberikan lebih dari yang mereka bisa, sehingga orang lain mungkin terus meminta bantuan tanpa menghargai atau membalas kebaikan tersebut.

 


6. Mudah Percaya pada Orang Lain

zodiak baik
Ilustrasi perempuan cantik dan baik/copyright unsplash.com/Clarisse Meyer

Individu yang cenderung percaya secara buta pada orang lain tanpa mempertimbangkan konsekuensi bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki niat buruk.Anda harus waspada sikap baik ini meskipun percaya pada orang lain tidak selamanya buruk.

Meskipun niat baik dan sikap positif adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, menjaga keseimbangan adalah kunci agar kita tidak terlalu dimanfaatkan oleh orang lain. Penting untuk mengenali batasan diri, dan berani menetapkan batasan yang sehat dalam hubungan sosial.

Dengan begitu, kamu bisa tetap menjadi orang yang baik tanpa harus mengorbankan diri sendiri. Bersikap baik adalah hal yang mulia, namun kebijaksanaan dalam menyeimbangkan kebaikan dengan menjaga kepentingan diri sendiri adalah hal yang tak kalah penting. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya