8 Cara Mengetahui Masa Menstruasi Selesai, Kebersihan dan Kesehatan Selalu Terjaga

Penting bagi setiap wanita untuk mengetahui bahwa mengetahui tanda-tanda bahwa haid sudah selesai.

oleh Miranti diperbarui 14 Agu 2024, 19:12 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 19:12 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita Sedang Mengalami Sakit Pada Bagian Dalam Perut
Sumber : Freepik

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui tanda haid atau menstruasi sudah selesai adalah informasi penting bagi setiap wanita untuk memastikan bahwa siklus menstruasinya berjalan dengan normal. Haid yang teratur menunjukkan kesehatan reproduksi yang baik.

Di sisi lain tanda-tanda akhir haid dapat membantu wanita mempersiapkan diri untuk aktivitas sehari-hari tanpa khawatir akan kebocoran atau ketidaknyamanan.  Salah satu tanda haid sudah selesai adalah berkurangnya atau hilangnya aliran darah. 

Selain itu ada tanda-tanda haid telah selesai yang penting untuk diketahui agar setidaknya jika ada perubahan yang signifikan dalam siklus menstruasi, selalu baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (14/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Berhentinya Pendarahan

Mengganggu Sistem Pencernaan
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Indikasi utama bahwa menstruasi telah berakhir adalah ketika pendarahan berhenti. Umumnya, pendarahan berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Jika tidak ada lagi darah yang keluar, ini menandakan bahwa siklus menstruasi telah selesai.


2. Tidak Ada Lagi Flek

Setelah berhentinya pendarahan utama, ada kemungkinan beberapa wanita masih mengalami flek atau bercak darah ringan. Menstruasi atau haid dianggap selesai ketika tidak ada lagi flek atau bercak darah yang muncul.


3. Kembali ke Lendir Serviks Normal

Pada saat menstruasi, lendir serviks umumnya berubah menjadi lebih kental dan berwarna merah atau cokelat. Namun, setelah menstruasi berakhir, lendir serviks akan kembali ke keadaan normal yang biasanya lebih bening dan encer.


4. Berakhirnya Nyeri Menstruasi atau Haid

Banyak wanita mengalami nyeri atau kram perut selama menstruasi atau haid. Saat menstruasi telah telah selesai, rasa nyeri hingga kram pada perut yang sering membuat sakit sekujur badan itu sudah mereda dan tidak lagi dirasakan. 


5. Kembalinya Energi dan Mood Stabil

Fimela - Mood
Adrian Putra mengilustrasikan gambar ini yang dilindungi hak cipta oleh Fimela.

Menstruasi sering kali disertai dengan rasa lelah dan perubahan mood yang drastis. Seorang wanita bisa marah tiba-tiba namun juga bisa mereda dengan secepat itu. Setelah menstruasi selesai, energi biasanya kembali normal dan mood menjadi lebih stabil. 


6. Tidak Ada Lagi Pembengkakan atau Nyeri Payudara

Beberapa wanita mengalami pembengkakan atau nyeri pada payudara selama masa haid atau menstruasi. Tanda bahwa menstruasi telah selesai adalah ketika pembengkakan dan rasa nyeri pada payudara sudah mereda atau hilang. 


7. Kembali ke Pola Buang Air Besar Normal

Sakit Perut
Ilustrasi Sakit Perut/https://www.freepik.com/benzoix

Ketika menstruasi telah selesai, pola buang air besar akan kembali normal karena perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi dapat mempengaruhinya. Dengan mengenali tanda-tanda ini, kamu dapat lebih siap dan nyaman menjalani aktivitas sehari-hari tanpa khawatir akan menstruasi.


9. Kesuburan Meningkat

Setelah haid, tubuh wanita memasuki fase kesuburan, di mana ada peningkatan hormon. Jika kamu mulai merasakan perubahan dalam energi atau hasrat seksual, ini bisa menandakan bahwa haid sudah selesai dan kamu memasuki fase ovulasi. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya