Mengupas Tuntas Penyebab Perut Kembung dan Cara Cerdas Menanganinya

Mengatasi perut kembung bukanlah hal yang sulit jika kamu tahu caranya.

oleh Miranti diperbarui 28 Agu 2024, 12:07 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 12:07 WIB
Perut kembung
Gejala lain dari kanker ovarium yang akan dirasakan yakni nyeri panggul, kehilangan nafsu makan, dan mudah mengantuk. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung adalah masalah umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak faktor yang dapat menyebabkan perut kembung, mulai dari kebiasaan makan hingga kondisi kesehatan tertentu. 

Perut kembung bisa terjadi karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah kebiasaan makan yang kurang tepat, seperti makan terlalu cepat atau mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Selain itu, kondisi kesehatan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) juga bisa memicu perut kembung. Mengetahui penyebab perut kembung bisa membantumu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Mengatasi perut kembung bukanlah hal yang sulit jika kamu tahu caranya. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, kamu bisa merasa lebih nyaman dan bebas dari rasa tidak nyaman yang sering mengganggu. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (28/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Penyebab Perut Kembung

Penyebab Perut Kembung
Ilustrasi Penyebab Perut Kembung Credit: pexels.com/Anne

1. Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat bisa menyebabkan kamu menelan udara lebih banyak, yang kemudian terperangkap di dalam perut dan menyebabkan kembung.

2. Konsumsi Makanan yang Sulit Dicerna

Beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, dan kubis mengandung serat tinggi yang sulit dicerna, sehingga bisa menyebabkan perut kembung.

3. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda dan air berkarbonasi mengandung gas yang bisa terperangkap di dalam perut, menyebabkan kembung.

4. Intoleransi Laktosa

Orang yang memiliki intoleransi laktosa tidak bisa mencerna gula yang terdapat dalam produk susu, yang bisa menyebabkan perut kembung dan diare.

5. Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)

IBS adalah kondisi kronis yang mempengaruhi usus besar dan bisa menyebabkan gejala seperti perut kembung, sakit perut, dan perubahan pola buang air besar.

6. Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa menyebabkan kamu menelan udara lebih banyak, yang kemudian bisa menyebabkan perut kembung.


2. Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut Merasa Kembung Hingga Mual
Ilustrasi Perut Kembung dan Mual Credit: pexels.com/pixabay

1. Makan dengan Perlahan

Mengunyah makanan dengan baik dan makan dengan perlahan bisa membantu mengurangi jumlah udara yang kamu telan, sehingga mengurangi risiko perut kembung.

2. Hindari Makanan yang Sulit Dicerna

Menghindari makanan yang sulit dicerna seperti kacang-kacangan, brokoli, dan kubis bisa membantu mengurangi gejala perut kembung.

3. Kurangi Minuman Berkarbonasi

Mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi bisa membantu mengurangi jumlah gas yang terperangkap dalam perut.

4. Konsumsi Probiotik

Probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam usus, yang bisa membantu mengurangi gejala perut kembung.

5. Minum Teh Herbal

Teh herbal seperti peppermint atau chamomile bisa membantu meredakan perut kembung dan membuat perut terasa lebih nyaman.

6. Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau yoga bisa membantu mengurangi perut kembung dengan merangsang gerakan usus.

7. Hindari Mengunyah Permen Karet

Mengurangi kebiasaan mengunyah permen karet bisa membantu mengurangi jumlah udara yang kamu telan, sehingga mengurangi risiko perut kembung.

8. Konsultasi dengan Dokter

Jika perut kembung yang kamu alami terus berlanjut atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi perut kembung, kamu bisa merasa lebih nyaman dan bebas dari rasa tidak nyaman yang sering mengganggu. Jangan ragu untuk mencoba berbagai cara di atas dan temukan yang paling cocok untukmu.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya