8 Sikap yang Membuat Tak Nyaman Orang Sekitar, Sadari agar Tak Jadi Bahan Omongan

Untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain, penting untuk mengetahui sikap-sikap yang bisa membuat mereka merasa tidak nyaman atau bahkan tersinggung.

oleh Miranti diperbarui 03 Sep 2024, 16:08 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 16:08 WIB
ekspresi sinis serius ketus tegas mandiri
ilustrasi perempuan angkuh/Photo by Jeys Tubianosa/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa bingung mengapa seseorang tiba-tiba berubah sikap atau menjauh darimu? Mungkin tanpa disadari, ada perilaku atau ucapanmu yang ternyata bisa membuat orang di sekitarmu merasa tersinggung.

Untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain, penting untuk mengetahui sikap-sikap yang bisa membuat mereka merasa tidak nyaman atau bahkan tersinggung. Selain itu, mempraktikkan kesadaran sosial dan empati, kamu dapat memperbaiki interaksi dan menjadikan diri lebih menyenangkan untuk bergaul.

Yuk, simak beberapa perilaku seseorang yang bisa membuat sekitarnya merasa tidak nyaman berada di dekatmu. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (03/09/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


1. Sikap Merendahkan yang Menyinggung Perasaan Orang

karakter zodiak
"Gambar wanita tangguh/Foto oleh Satria Perkasa di Unsplash"

Memberikan kritik memang kadang diperlukan, terutama jika kamu peduli pada seseorang. Namun, terlalu banyak mengkritik, apalagi jika dilakukan secara terus-menerus, bisa membuat orang lain merasa tersinggung.

Terutama jika kritik tersebut disampaikan dengan nada yang kurang menyenangkan atau di depan orang banyak. Meskipun maksudmu baik, cobalah untuk memberikan kritik dengan lebih halus dan pilihlah waktu serta tempat yang tepat.


2. Mengabaikan Pendapat Orang Lain

ekspresi jutek sinis serius marah mandiri kesal
ilustrasi perempuan tangguh/Photo by Bin Thiều on Unsplash

Setiap orang pasti ingin pendapatnya dihargai, termasuk dalam percakapan sehari-hari. Jika kamu sering memotong pembicaraan, tidak mendengarkan, atau meremehkan pendapat orang lain, ini bisa membuat mereka merasa tidak dihargai dan akhirnya tersinggung. Sebaiknya, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik dan hargai apa yang mereka sampaikan, meskipun kamu mungkin tidak sependapat.


3. Terlalu Blak-blakan Tanpa Memikirkan Perasaan Orang Lain

ekspresi sinis serius senyum
ilustrasi perempuan cantik baju hitam/Photo by HONG SON

Kejujuran memang penting, tetapi cara penyampaiannya juga perlu diperhatikan. Terlalu blak-blakan atau jujur tanpa memikirkan perasaan orang lain bisa membuat mereka merasa sakit hati. Misalnya, mengomentari penampilan seseorang secara langsung dengan kata-kata yang kurang enak didengar. Sebelum berbicara, cobalah untuk berpikir apakah kata-kata tersebut akan melukai perasaan orang lain atau tidak.


4. Mengabaikan Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi

ketus sinis ekspresi tidak menyenangkan angkuh
ilustrasi perempuan bekerja sombong/Photo by Vlada Karpovich/Pexels

Terkadang kita lupa untuk mengucapkan terima kasih atau memberikan apresiasi atas bantuan atau kebaikan yang diberikan oleh orang lain. Mengabaikan hal ini bisa membuat mereka merasa tidak dihargai. Sebuah ucapan sederhana seperti "Terima kasih" bisa berarti besar bagi orang lain dan menunjukkan bahwa kamu menghargai apa yang mereka lakukan.


5. Bersikap Sombong atau Meremehkan

Ilustrasi sedih, kecewa, marah, dikhianati teman
Ilustrasi sedih, kecewa, marah, dikhianati teman. (Foto oleh Liza Summer: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-sweater-pink-berdiri-di-samping-pria-dengan-sweater-abu-abu-6382690/)

Sikap sombong atau merasa diri lebih baik dari orang lain juga bisa membuat orang lain tersinggung. Mungkin kamu tidak berniat meremehkan, tapi ucapan atau gestur yang menunjukkan superioritas bisa membuat orang lain merasa kecil dan tidak berharga. Cobalah untuk selalu bersikap rendah hati dan menghargai orang lain apa adanya.


6. Terlalu Banyak Bicara Tentang Diri Sendiri

arti mimpi eskpresi sedih galau marah
ilustrasi perempuan rambut pink/Photo by Pixabay

Jika kamu suka berbicara tentang diri sendiri, tapi jika terlalu berlebihan, hal ini bisa membuat orang lain merasa jenuh atau bahkan tersinggung. Mereka mungkin merasa kamu tidak tertarik mendengarkan cerita mereka dan hanya fokus pada dirimu sendiri. Cobalah untuk memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara dan mendengarkan cerita mereka dengan sepenuh hati.


7. Menyindir dengan Halus

Ilustrasi emosi, marah, berkata kasar
Ilustrasi emosi, marah, berkata kasar. (Photo Copyright by Freepik)

Meskipun sindiran sering dianggap sebagai candaan, tidak semua orang bisa menerima sindiran dengan lapang dada. Terkadang, sindiran yang dimaksudkan untuk bercanda bisa disalahpahami dan malah menyakiti perasaan orang lain. Jika kamu ingin bercanda, pastikan bahwa candaan tersebut tidak mengandung unsur sindiran yang bisa menyinggung perasaan.


8. Mengabaikan Konteks Sosial dan Budaya

ekspresi mandiri bekerja karir dewasa
ilustrasi perempuan tegas baju merah/Photo by RDNE Stock project

Tidak memperhatikan norma-norma sosial atau budaya di sekitar kamu dapat membuat orang merasa tidak nyaman atau tersinggung. Sensitivitas terhadap perbedaan budaya dan kesadaran akan konteks sosial adalah penting untuk membangun hubungan yang inklusif dan menghormati. 

Menjaga perasaan orang lain adalah kunci dalam menjalin hubungan yang harmonis. Kadang, tanpa disadari, sikap atau ucapanmu bisa membuat orang lain merasa tersinggung. Dengan lebih peka dan bijaksana dalam bersikap, kamu bisa menghindari hal-hal yang bisa merusak hubungan baik dengan orang-orang di sekitarmu. Yuk, bersama belajar untuk lebih menghargai perasaan orang lain dan menciptakan lingkungan yang penuh dengan saling pengertian.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya