Dibalik Sikap Meremehkan, Ini 7 Tanda Bahwa Seseorang Menutupi Kekurangannya Sendiri

Orang yang sering meremehkan biasanya memiliki rasa insecure yang besar.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 05 Sep 2024, 09:42 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 09:42 WIB
Leo si Pemimpin
Ilustrasi Wanita Berzodiak Leo yang Berbakat jadi Pemimpin / Freepik by KamranAydinov

Liputan6.com, Jakarta Sikap meremehkan sering kali dianggap sebagai bentuk perilaku negatif yang dapat memengaruhi hubungan interpersonal. Namun, di balik tindakan tersebut, ada kemungkinan bahwa individu yang meremehkan sebenarnya sedang mencoba menutupi kekurangan mereka sendiri. Sikap meremehkan ini bisa jadi merupakan mekanisme pertahanan untuk menyembunyikan rasa tidak aman atau ketidakmampuan mereka dalam beberapa aspek kehidupan.

Salah satu alasan di balik sikap meremehkan adalah upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri yang mungkin rapuh. Ketika seseorang merasa tidak cukup baik atau kurang mampu, mereka mungkin merendahkan orang lain sebagai cara untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Ini bisa menjadi respons terhadap rasa tidak aman yang mendalam, di mana mereka berusaha menunjukkan dominasi atau keunggulan dengan meremehkan orang di sekitar mereka.

Selain itu, sikap meremehkan bisa juga mencerminkan ketidakmampuan seseorang untuk menghadapi atau mengakui kekurangan pribadi mereka. Dalam banyak kasus, meremehkan orang lain bisa menjadi cara untuk mengalihkan perhatian dari ketidakmampuan atau kegagalan mereka sendiri. Dengan mengenali tanda-tanda ini, dapat lebih memahami motivasi di balik perilaku tersebut dan menghadapinya dengan cara yang lebih empatik dan konstruktif, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Selalu Membuatmu Tampak Keliru

wanita agustus duduk
Metode untuk membentuk sikap./Copyright freepik.com/author/freepik

Orang yang gemar meremehkan biasanya memiliki kecenderungan untuk mencari kesalahan dalam setiap tindakanmu. Meskipun kamu telah berusaha sebaik-baiknya, mereka akan selalu menemukan sesuatu untuk dikritik atau dijadikan bahan ejekan. Ini adalah cara mereka untuk mengalihkan perhatian dari ketidakmampuan mereka sendiri. Dengan membuatmu tampak salah, mereka berharap orang lain tidak menyadari kekurangan mereka.

Ingatlah bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran. Jangan biarkan kritik yang tidak membangun meruntuhkan semangatmu. Fokuslah pada usahamu untuk terus berkembang dan abaikan komentar negatif yang tidak berdasar. 


2. Sering Memakai Humor untuk Merendahkan

wanita agustus menghambat kesuksesan
Keberhasilan./Copyright freepik.com/author/jcomp

Humor memang bisa menjadi alat yang efektif untuk mencairkan suasana, tetapi terkadang humor digunakan untuk merendahkan orang lain. Seseorang yang merasa tidak aman mungkin menggunakan humor sarkastik atau ejekan sebagai cara untuk mengejek kelemahanmu. Dengan melakukan ini, mereka merasa lebih unggul, sementara orang lain tertawa seolah-olah itu adalah lelucon yang tidak berbahaya.

Jaga ketenangan dan jangan biarkan emosi menguasaimu. Kamu bisa merespons dengan humor positif atau, jika perlu, bicarakan secara pribadi dengan orang tersebut bahwa lelucon itu sebenarnya tidak lucu dan bisa melukai perasaan orang lain.


3. Mengabaikan Keberhasilan atau Kesuksesanmu

wanita agustus di sofa
Menghadapi situasi./Hak cipta freepik.com/author/benzoix

Ketika seseorang meremehkan pencapaianmu, itu bisa menjadi indikasi bahwa mereka merasa terancam atau iri dengan kesuksesanmu. Alih-alih memberikan pujian atau apresiasi, mereka malah mencoba mengecilkan arti dari prestasimu dengan mengatakan bahwa keberhasilanmu hanyalah hasil keberuntungan atau sesuatu yang tidak terlalu penting.

Ingatlah bahwa pencapaianmu adalah buah dari kerja keras dan dedikasi. Tidak semua orang akan menghargai usahamu, tetapi yang terpenting adalah kamu bangga dengan apa yang telah kamu raih. Teruslah melangkah maju dan jangan biarkan komentar negatif menghalangimu.


4. Menyebarkan Kabar atau Rumor Buruk Tentangmu

wanita agustus ponsel di kota
Menghadapi situasi./Copyright freepik.com/author/freepik

Orang yang kurang percaya diri mungkin merasa perlu menyebarkan gosip atau rumor negatif tentangmu supaya orang lain melihatmu dengan cara yang sama seperti mereka melihat dirimu. Dengan merusak reputasimu, mereka berharap orang lain tidak akan menyadari kekurangan mereka sendiri.

Jangan terjebak dalam permainan mereka. Tetaplah fokus pada perilaku positif dan buktikan bahwa kamu adalah orang yang lebih baik dari apa yang digosipkan. Seiring waktu, orang-orang akan mengetahui kebenaran dan reputasimu akan berbicara dengan sendirinya.


5. Mengabaikan atau Meremehkan Opini Anda

wanita agustus basa-basi
Interaksi./Hak cipta freepik.com/penulis/katemangostar

Orang yang merasa tidak aman mungkin akan cenderung mengabaikan atau merendahkan pendapatmu dalam sebuah diskusi atau percakapan. Mereka mungkin akan memotong pembicaraanmu, mengabaikan saranmu, atau langsung menganggap pendapatmu tidak relevan tanpa alasan yang jelas. Ini adalah cara mereka untuk menunjukkan bahwa mereka merasa lebih tahu atau lebih kompeten daripada dirimu.

Teruslah vokal dan percaya diri dengan apa yang kamu sampaikan. Jika pendapatmu diabaikan, jangan ragu untuk mengulanginya atau mencari cara lain untuk menyampaikan pandanganmu. Ingatlah bahwa pendapatmu penting, dan tidak ada yang salah dengan memperjuangkan suara atau ide-ide yang kamu yakini.


6. Mengomentari Gaya Hidup atau Penampilanmu

wanita agustus santai di sofa
Menghadapi kehidupan./Copyright freepik.com/author/jcomp

Meremehkan penampilan atau gaya hidup seseorang sering kali menjadi cara untuk menyembunyikan rasa tidak aman. Individu yang kurang percaya diri mungkin merasa perlu mengkritik aspek-aspek pribadi, seperti cara berpakaian, gaya rambut, atau pilihan hidupmu, dengan tujuan membuatmu merasa lebih rendah dari mereka.

Jadilah dirimu sendiri dan jangan biarkan standar orang lain menentukan bagaimana kamu menjalani hidupmu. Setiap orang memiliki gaya dan preferensi masing-masing, dan itulah yang membuat anda unik. Teruslah menjadi dirimu sendiri dan bangga dengan pilihan-pilihan yang telah kamu buat.


7. Memutuskan Sesuatu Tanpa Mengajakmu

wanita agustus berhenti rindu
Kerinduan./Hak cipta freepik.com/author/freepik

Individu yang berusaha menyembunyikan kelemahan mereka seringkali membuat keputusan tanpa melibatkan orang lain, termasuk dirimu. Mereka mungkin berpikir bahwa melibatkan orang lain dapat memperlihatkan bahwa mereka tidak sepenuhnya kompeten atau ragu dengan keputusan mereka sendiri, sehingga mereka memilih untuk bertindak sendiri.

Jika kamu merasa tidak terlibat dalam keputusan yang seharusnya melibatkanmu, diskusikan tindakan ini secara terbuka. Tanyakan alasan mengapa kamu tidak dilibatkan dan jelaskan bahwa partisipasi semua pihak akan menghasilkan keputusan yang lebih baik. Bersikaplah profesional dan tetap hormati proses pengambilan keputusan bersama.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya