9 Tata Krama Dasar yang Perlu Diajarkan pada Anak, Berbudi Pekerti Luhur Sejak Dini

Mengajarkan anak tentang tata krama sejak dini adalah langkah penting untuk membentuk karakter mereka.

oleh Miranti diperbarui 06 Sep 2024, 11:08 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 11:08 WIB
Mengenal Digital Parenting, Cara Mendidik Anak di Era Digital dengan Cerdas
Orangtua perlu mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman (foto: Pexels/Alex Green)

Liputan6.com, Jakarta Mengajarkan anak tentang tata krama sejak dini adalah langkah penting untuk membentuk karakter yang baik dan membantunya berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Tata krama bukan hanya soal kesopanan, tapi juga bagaimana mereka menghargai orang lain dan diri sendiri.

Melalui pembelajaran ini, anak-anak akan lebih siap menghadapi tantangan sosial dengan percaya diri dan sikap positif, sambil menghargai keberagaman dan kebiasaan sehari-hari yang ada. Selain itu dengan penanaman nilai-nilai ini sejak dini, Anda tidak hanya membantu mereka berkembang menjadi individu yang lebih baik, tetapi juga berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang lebih sopan serta penuh pengertian.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa basic manner yang sebaiknya diajarkan pada anak. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (06/09/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Mengucapkan Tolong, Terima Kasih, dan Maaf

anak sedang bermain
Etika Dasar yang Perlu Diajarkan kepada Anak copyright/freepik

Ajarkan anak-anak untuk selalu menggunakan kata-kata "tolong," "terima kasih," dan "maaf" dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata sederhana ini memiliki pengaruh besar dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Mengajarkan anak untuk menghargai bantuan yang diterimanya dan mengakui kesalahan adalah dasar dari perilaku yang sopan.


2. Menghormati Orang Lain

anak sedang bermain
Etika Dasar yang Perlu Diajarkan kepada Anak copyright/freepik/jcomp

Menghormati orang lain, termasuk orang yang lebih tua, adalah nilai penting yang harus ditanamkan sejak kecil. Ajarkan anak untuk berbicara dengan nada yang sopan, mendengarkan saat orang lain berbicara, dan menghargai perbedaan pendapat. Dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi individu yang terbuka dan penuh respek.


3. Tidak Mengganggu Saat Orang Lain Berbicara

anak sedang bermain
Manner Dasar yang Perlu Diajarkan kepada Anak copyright/freepik

Mengajarkan anak untuk tidak menyela saat orang lain sedang berbicara adalah salah satu cara untuk mengembangkan kesabaran dan penghormatan terhadap orang lain. Anak perlu diajarkan untuk menunggu giliran berbicara dan mendengarkan dengan penuh perhatian, sehingga komunikasi yang terjalin lebih efektif dan menghargai satu sama lain. 


4. Cara Makan yang Baik

anak bermain makan balita
ilustrasi anak bayi/Photo by Vanessa Loring

Mengajarkan anak tentang etika makan, seperti menutup mulut saat mengunyah, menggunakan alat makan dengan benar, dan tidak berbicara dengan mulut penuh, sangat penting. Etika makan ini tidak hanya berguna di meja makan keluarga, tetapi juga saat anak berada di luar rumah atau dalam acara formal.


5. Memberi dan Menerima dengan Sopan

Hari Anak Nasional: Belajar Jadi Ibu yang Pengertian
Peringati Hari Anak Nasional dengan mencoba belajar jadi ibu yang pengertian melalui pola asuh mindful parenting. (Ilustrasi: Pexels.com/Pixabay)

Ajari anak untuk memberikan sesuatu dengan tangan kanan dan menerimanya dengan ucapan terima kasih. Hal ini menunjukkan kesopanan dan penghargaan terhadap orang lain. Anak juga perlu diajarkan untuk tidak mengambil barang milik orang lain tanpa izin, yang merupakan bagian penting dari menjaga batasan dan rasa hormat terhadap properti orang lain.


6. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Contoh ilustrasi ibu dan anak perempuannya
Salah satu contoh parenting yang tepat adalah terjalinnya komunikasi 2 arah antara ibu dan anak yang membiarkan anak memahami dan menyampaikan perasaan mereka (Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet, serta menjaga lingkungan tetap bersih dengan membuang sampah pada tempatnya, adalah bagian dari tata krama yang perlu diajarkan. Kebiasaan ini membantu anak untuk hidup sehat dan menghargai lingkungan sekitarnya. 


7. Menghargai Waktu Orang Lain

Memberikan Teladan Perilaku yang Sesuai
Ilustrasi Parenting Credit: pexels.com/Elly

Ajari anak untuk tidak terlambat dan menghargai waktu orang lain. Disiplin waktu menunjukkan bahwa anak menghargai janji dan komitmen yang telah dibuat. Dengan demikian, anak akan tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.


8. Berbagi dan Menolong Sesama

Parenting
Ilustrasi Keluarga Credit: pexels.com/Emma

Mengajarkan anak untuk berbagi dan menolong orang lain sejak dini akan membentuk sifat empati dan kepedulian terhadap sesama. Anak yang terbiasa berbagi akan lebih mudah bergaul dan memiliki hubungan sosial yang baik.


9. Menunjukkan Perhatian dan Mendengarkan

Memilih Gaya Parenting
Ilustrasi gaya parenting ibu ayah anak bahatia / Freepik by tirachardz

Mengajarkan anak untuk memberikan perhatian penuh dan mendengarkan saat orang lain berbicara adalah dasar dari komunikasi yang baik. Selain itu berguna untuk menunjukkan rasa hormat terhadap lawan bicara.

Dengan mengajarkan sembilan tata krama dasar ini, anak-anak akan dapat mengembangkan keterampilan sosial yang kuat dan berperilaku. Tentunya dengan cara yang menghargai dan menghormati orang lain, serta membangun hubungan yang sehat dan positif di masyarakat.     

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya