Cegah Pencemaran, Yuk Pelajari Cara Mendaur Ulang Kertas Sederhana

Kertas telah digunakan oleh manusia selama berabad-abad. Untuk mengurangi dampak lingkungan, berikut adalah metode sederhana untuk mendaur ulang kertas.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 03 Okt 2024, 13:59 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 10:36 WIB
Kertas
Kertas bekas sering dibuang tanpa melalui proses pemilahan terlebih dahulu. (Foto: Dokumen/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah serius yang dihadapi dunia saat ini. Salah satu penyumbang pencemaran adalah limbah kertas yang sering kali dianggap remeh oleh banyak orang. Meskipun tampak tidak berbahaya, limbah kertas yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Misalnya, pembakaran kertas yang sering kali dipilih sebagai solusi cepat oleh sebagian orang ternyata dapat menghasilkan gas rumah kaca dan polutan berbahaya lainnya, yang berkontribusi pada pemanasan global dan masalah kesehatan. Sebagai langkah untuk mengurangi pencemaran dan menjaga kelestarian lingkungan, mendaur ulang kertas menjadi salah satu solusi yang efektif dan mudah dilakukan.

Proses daur ulang kertas tidak hanya membantu mengurangi jumlah limbah yang berakhir di tempat pembuangan akhir, tetapi juga menghemat sumber daya alam seperti pohon dan air yang digunakan dalam produksi kertas baru. Dengan memahami dan mempraktikkan cara-cara mendaur ulang kertas, anda dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(3/10/2024).serta mewariskan bumi yang lebih baik bagi generasi mendatang.


Apa yang Terjadi Saat Kertas Terbakar?

Ilustrasi membakar kertas
Pembakaran kertas melepaskan zat-zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia. (Foto: Pexels/Andrushka JNM)

Saat kertas dibakar, banyak zat berbahaya yang akan dilepaskan ke udara. Pembakaran sampah kertas tidak hanya merusak kualitas udara, tetapi juga dapat meninggalkan residu kimia di tanah. Karbondioksida dan karbonmonoksida adalah zat yang dilepaskan ke udara saat sampah dibakar. Karbondioksida menyebabkan peningkatan suhu yang mempercepat perubahan iklim di bumi. Sementara itu, karbonmonoksida mengurangi kadar oksigen dalam udara yang anda hirup.

Menurut ecoredux.com, ketika sampah dibakar termasuk kertas zat kimia seperti dioxin akan terlepas. Dioxin adalah polutan yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Dioxin adalah bahan kimia yang bertahan lama dan menumpuk di jaringan lemak hewan dan manusia, yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, bahan kimia ini juga merusak ekosistem dan lingkungan. Oleh karena itu, anda harus memilah dan mendaur ulang sampah kertas untuk membantu mengurangi masalah lingkungan.


Langkah Mendaur Ulang Kertas Lama

kertas bekas
Kertas bisa didaur ulang dengan mudah di rumah. (Foto: Pexels/SHVETS production)

Menurut informasi dari earth911.com, berikut adalah langkah-langkah utama dalam proses daur ulang kertas agar bisa digunakan kembali.

  • Robek kertas menjadi potongan kecil, lalu masukkan ke dalam blender bersama air hangat. Campur hingga menjadi buliran-buliran halus. Anda bisa menambahkan potongan-potongan kertas berwarna untuk memberikan sedikit variasi warna.
  • Siapkan cetakan bubur kertas dengan memasang kasa pada bingkai cetakan menggunakan selotip atau staples.
  • Letakkan cetakan yang sudah dirakit di atas tatakan berisi air, kemudian tuangkan bubur kertas ke dalam cetakan tersebut.
  • Ratakan bubur kertas hingga menutupi seluruh permukaan cetakan. Pada tahap ini, Anda bisa menambahkan hiasan sesuai keinginan, seperti bunga atau sedikit cipratan cat.
  • Angkat cetakan dari air, lalu letakkan kasa kedua di atas bubur kertas yang sudah diratakan. Gunakan kain atau busa untuk mengeluarkan sisa air yang ada.
  • Angkat kasa, adonan kertas seharusnya ikut terangkat. Pindahkan kasa ke atas handuk atau kain (dengan posisi bubur kertas di bawah menyentuh handuk) dan tekan dengan busa atau kain hingga tidak ada lagi sisa air.
  • Setelah itu, angkat kasa dan biarkan adonan kertas mengering di atas handuk. Anda bisa membiarkannya kering secara alami atau menggunakan setrika atau pengering rambut agar cepat kering.
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya