Tetap Awet Muda, 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Sekitar Rumah

Tidak perlu mengeluarkan biaya seperti di gym untuk berolahraga karena beberapa jenis latihan ringan dapat membantu menjaga kebugaran dan membuat anda tampak lebih muda.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 06 Okt 2024, 07:16 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 07:16 WIB
olahraga
Gambaran orang berolahraga di tengah pemandangan menawan. (Foto: Unsplash/kike vega)

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh adalah kunci untuk tetap awet muda. Dalam kehidupan yang serba cepat dan sibuk, tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk pergi ke gym. Namun, faktor tersebut bukanlah penghalang untuk tetap aktif dan bugar. Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin di rumah dapat menjadi solusi efektif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Dengan memanfaatkan ruang yang ada, Anda dapat melaksanakan berbagai jenis latihan yang tidak hanya mudah dilakukan tetapi juga memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Olahraga ringan di rumah menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk bepergian atau membayar biaya keanggotaan gym.

Selain itu, melakukan latihan di rumah memungkinkan Anda untuk menyesuaikan jadwal latihan sesuai dengan kebutuhan pribadi tanpa tekanan dari lingkungan luar.  Berikut ini adalah lima jenis olahraga ringan yang dapat Anda coba di rumah untuk mendukung gaya hidup sehat dan awet muda, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(5/10/2024).


1. Gowes

Petugas Putar Balik Pesepeda yang Ingin Melintasi Thamrin-Sudirman
Petugas gabungan melakukan pengalihan jalur pesepeda di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (5/9/2021). Pemberlakuan jalur ganjil genap pada masa PPKM membuat pengguna sepeda dilarang melintasi kawasan ganjil-genap pagi ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mempertahankan massa otot, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Kegiatan ini juga memperkuat kondisi fisik dan meningkatkan kebugaran. Selain manfaat fisik, bersepeda juga efektif dalam menurunkan stres, yang merupakan salah satu faktor penyebab penuaan.


2. Gerakan Jongkok

Ilustrasi squat
Gambar squat. (Sumber: benzoix di Freepik)

Squat dikenal sebagai salah satu latihan yang efektif melawan penuaan karena membantu menjaga serta meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Squat berfokus pada penguatan otot paha, pinggul, dan bokong.


3. Renang

berenang
Renang merupakan olahraga yang ringan bagi tubuh dan efektif dalam membakar kalori. (Foto: Pexels/Jim De Ramos)

Rutin berenang bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh karena gerakan renang membuat persendian lebih lentur.

Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati, di mana mood yang positif dan berkurangnya stres adalah faktor penting untuk menjaga kebugaran tubuh.


4. Jalan

Beberapa orang sedang jogging
Jalan cepat, jogging, dan lari adalah olahraga yang efektif untuk membakar lemak dengan cepat. (Pexels/cottonbro studio)

Jogging, khususnya di pagi hari, dapat meremajakan kulit, membuatnya tampak segar dan lebih muda. Aktivitas ini juga memiliki intensitas gerakan yang tinggi yang membantu memperkuat otot dan tulang.


5. Yoga dan Pilates

Ilustrasi pilates
Pilates efektif untuk menguatkan dan mengencangkan otot secara optimal/copyright freepik/senivpetro

Baik pilates maupun yoga, keduanya bermanfaat dalam meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga postur tubuh tetap ideal seiring bertambahnya usia.

Selain itu, aktivitas fisik yang memerlukan konsentrasi penuh ini juga sangat efektif untuk mengurangi stres mental. Rasa tenang dan damai yang dirasakan setelah berolahraga ini dapat membantu seseorang terlihat lebih muda.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya