Ini Kiat agar Mudah Bangun untuk Salat Malam

Sering sulit bangun di sepertiga malam untuk salat? Ikuti kiat ini.

oleh Camelia diperbarui 28 Mei 2018, 16:45 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2018, 16:45 WIB
Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Setiap muslim pasti tahu sepertiga malam terakhir jadi waktu paling utama untuk mendekatkan diri dan bersimpuh kepada Sang Pencipta. Waktu tersebut juga dikatakan sebagai waktu yang tepat untuk salat dan bermunajat kepada Allah SWT.

Tak hanya itu, ketika kita beribadah pada sepertiga malam akan semakin bertambah khusyuk nan khidmat. Namun, ibadah di sepertiga malam menjadi hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Hal tersebut lantaran banyak yang sulit untuk bangun malam hari meskipun sudah berniat kuat.

Jika kalian merupakan salah satu orang yang sulit untuk bangun sholat malam, ada baiknya kalian mengikuti kiat dari Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya 'Ulumiddin. Kiat tersebut terdiri dari kiat lahiriah dan juga batiniah.

Kiat lahiriah pertama yang bisa kalian lakukan agar mudah bangun di sepertiga malam terakhir untuk beribadah, yaitu dengan tidak makan berlebih. Hal ini menurut Imam Al Ghazali, banyak makan membuat banyak tidur dan susah bangun.

Kiat kedua, kurangilah aktivitas di siang hari agar tidak kelelahan. Selanjutnya, kalian dianjurkan untuk selalu menjalankan qailulah (tidur sebentar) di siang hari. Aktivitas ini memudahkan kita bangun di malam hari. Keempat, hindari melakukan perbuatan dosa di siang hari. Hal ini mampu mengikat jiwa kita sehingga tidak bisa bangun di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kiat Batiniah

Ilustrasi bangun tidur
Memulai hari dengan cara yang benar mampu membuat mood bagus seharian, begitu juga sebaliknya. Lalu, apa aja yang perlu dilakukan setiap pagi?

Adapun, kiat batiniah terdiri dari menjauhkan diri dari sifat iri, dengki, serta hasut. Juga kurangi rasa suka berlebihan terhadap duniawi. Selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah menambah rasa takut (khauf) atas azab dan siksaan Allah dalam diri kita. 

Selain itu, kalian dianjurkan untuk menambah pengetahuan tentang keutamaan-keutamaan qiyamul lail yang terdapat dalam Alquran dan hadits. Terakhir, perkuatlah keimanan dan kecintaan kita kepada Allah.

 

Reporter: Ahmad Baiquni 

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya