Top 3 Islami: Kisah Langka Syaikhona Kholil Bangkalan Membelah Diri, Amalan Manusia yang Tak Bisa Ditiru Malaikat

Serial kisah karomah Syaikhona Kholil Bangkalan kali ini adalah kemampuannya membelah diri, demi menolong nelayan yang tenggelam dan menjadi Top 3 Islami

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 03 Sep 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2023, 06:30 WIB
Istilah 'Ngetan' dan 'Masantren' Dalam Ziarah Ridwan Kamil ke Makam Mbah Kholil Bangkalan Madura
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ziarah ke Makam Mbah Kholil Bangkalan Madura. Foto (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi umat Islam di Indonesia, khususnya Nahdliyin, nama Syaikhona Kholil Bangkalan adalah sosok yang populer. Beliau adalah guru dari santri-santri brilian yang kelak menjadi ulama alim dan berpengaruh.

Bahkan beberapa di antaranya begitu memengaruhi sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Misalnya, KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Chasbullah dan masih banyak lagi.

Mbah Kholil Bangkalan juga dikenal sebagai wali Allah. Selayaknya waliyullah, Mbah Kholil juga memiliki karomah. Salah satunya adalah kemampuan membelah diri. Ada satu momen ketika Mbah Kholil 'terpaksa' membelah diri demi menolong nelayan.

Artikel mengenai karomah Mbah Kholil in menjadi salah satu di antara tiga artikel paling diminati pembaca kanal Islami Liputan6.com.

Sementara, dua artikel lain yang juga membetot perhatian adalah kisah keramat kambing Kiai Idris dan amalan manusia yang tak bisa dilakukan malaikat.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Kisah Karomah Mbah Kholil Bangkalan, Membelah Diri untuk Selamatkan Nelayan

KH Muhammad Kholil bin Abdul Lathif atau Syaikhona Kholil Bangkalan. (Foto: Liputan6.com/Istimewa via an-nur.ac.id)
KH Muhammad Kholil bin Abdul Lathif atau Syaikhona Kholil Bangkalan. (Foto: Liputan6.com/Istimewa via an-nur.ac.id)

Tidak sembarang orang mendapat karomah dari Allah SWT. Hanya orang-orang pilihan yang diberikan keistimewaan ini.

Biasanya orang dianugerahi karomah adalah orang yang berpangkat wali. Kedekatan orang yang memiliki karomah dengan Allah SWT sudah tidak diragukan lagi.

Di Indonesia banyak sekali wali Allah yang memiliki karomah. Ada yang terlihat secara kasat mata dan ada pula yang tidak disadari, padahal orang tersebut memiliki karomah.

Salah satu wali Allah yang diyakini memiliki banyak karomah adalah ulama kharismatik asal Madura. Beliau adalah Syaikhona Muhammad Kholil bin Abdul Lathif atau lebih dikenal Mbah Kholil Bangkalan.

Dari sekian banyak karomah Mbah Kholil, salah satu karomah yang terkenal adalah kemampuannya membelah diri. Karomah ini membuat Mbah Kholil bisa berada di beda tempat dalam waktu bersamaan.

Selengkapnya baca di sini


2. 2 Amalan Istimewa Manusia, tapi Tak Bisa Ditiru Malaikat

Amalan ramadhan
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

Malaikat adalah makhluk Allah yang taat dan tak pernah berbuat dosa. Malaikat tidak diberi hawa nafsu layaknya manusia. 

Setiap hari malaikat hanya bertasbih dan menyembah Allah SWT. Tidak heran jika makhluk yang tercipta dari cahaya ini mendapat tempat istimewa di sisi Sang Pencipta.

Para malaikat inilah yang dijadikan pasukan oleh Allah untuk mengawasi perbuatan manusia selama hidup di dunia. Mereka akan turun ke muka bumi atas perintah dari Allah SWT untuk menyaksikan amal ibadah apa saja yang dilakukan oleh manusia.

Amalan yang dilakukan malaikat tentu saja lebih banyak jika dibanding manusia. Namun, ternyata ada dua ibadah tak dapat dilakukan oleh malaikat.

Melansir laman dream.co, berikut merupakan dua amalan yang hanya dapat dilakukan oleh manusia dan tak dapat ditiru oleh malaikat. 

Selengkapnya baca di sini


3. Kisah Keramat Kambing Kiai Idris yang Tak Mempan Direbus

Kambing - Vania
Ilustrasi Kambing/https://unsplash.com/Alex Hudson

Karomah dalam bahasa Jawa lazim disebut keramat. Maknanya kurang lebih sama, keistimewaan, meski keramat sedikit berkonotasi hal-hal gaib.

Orang yang dianugerahi karomah adalah orang berpangkat istimewa di sisi Allah. Maqamnya wali.

Sering pula dijumpai barang atau peliharaan kiai memiliki keramat tersendiri. Tak jarang pula memiliki keanehan yang tidak seperti pada umumnya.

Seperti pada kisah kali ini, yaitu keramatnya kambing milik Kiai Idris Kamali atau akrab disapa Kiai Idris. Kiai kharismatik ini dipercaya sebagai asisten atau badal KH Hasyim Asy’ari yang membantu mengajar ngaji kitab di pondok pesantren Tebuireng.

KH Idris Kamali adalah sosok yang sederhana dalam hal penampilan, beliau sama sekali tidak terlihat seperti ulama besar yang memakai sorban besar. Beliau hanya memakai imamah (sorban) biasa dan sarung.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya