Liputan6.com, Jakarta Lazimnya, dalam jangka waktu tertentu wanita akan mengalami haid. Dalam kondisi haid, seorang wanita tidak diperbolehkan ber-hubungan intim dengan suami.
Advertisement
Baca Juga
Advertisement
Hukum berhubungan intim saat wanita haid adalah haram.Ā Seorang suami mesti bersabar hingga istrinya selesai haid.
Haid adalah hadas besar. Hadas besar disucikan dengan mandi wajib atau disebut pula dengan mandi besar atau mandi junub.
Pasalnya, suci dari hadas besar menjadi syarat sejumlah ibadah wajib, yakni sholat. Seseorang dianjurkan untuk suci dari hadas besar saat melakukan ibadah-ibadah lainnya.
Pertanyaannya kemudian, bolehkah menggauli istri atau berhubungan intim dengan istri yang sudah selesai haid tapi belum mandi junub?Ā Berikut ini penjelasan dalam hukum Islam, menurut pendapat ulama mazhab.
Ā
Simak Video Pilihan Ini:
Pendapat Ulama Mazhab
Perihal hukum boleh tidaknyaĀ berhubungan intimĀ atau menjima istri yang telah selesai haid, tetapi belum melakukanĀ mandi besarĀ terjadi perbedaan pendapat di kalangan para imam mazhab.
Perbedaan ini dilatarbelakangi perbedaan penafsiran tentang makna āsuciā dalam surat Al Baqarah ayat 222:
ŁŁŁŁŲ§ ŲŖŁŁŁŲ±ŁŲØŁŁŁŁŁŁŁ ŲŁŲŖŁŁŁ ŁŁŲ·ŁŁŁŲ±ŁŁŁ ŁŁŲ„ŁŲ°ŁŲ§ ŲŖŁŲ·ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŲŖŁŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁ ŲŁŁŁŲ«Ł Ų£ŁŁ ŁŲ±ŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲŁŲØŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŁŲ§ŲØŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲŁŲØŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲŖŁŲ·ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ
āJanganlah kalian mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka (istri-istri) telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.ā (QS. Al-Baqarah: 222).
Melansir NU Online, Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa yang dimaksud āsuciā dalam ayat di atas adalah berhentinya darahĀ haidĀ atau menstruasi.
Artinya, jika darah menstruasi telah berhenti maka diperbolehkan melakukanĀ berhubungan badanĀ atau hubungan seksual, sekalipun sang istri belum mandi besar.
Advertisement
Pendapat yang Membolehkan Berhubungan Intim Tanpa Mandi Besar
Imam Abu Hanifah memaknai kata āYathurnaā dan āTatahharnaā pada ayat di atas dengan āberhentinya darah menstruasiā. Dengan demikian, larangan menyetubuhi istri hanya sampai batas waktu berhentinya darah menstruasi. Setelah darah berhenti, maka diperbolehkan menyetubuhinya.
Meskipun demikian, Abu Hanifah mensyaratkan durasi waktu haid telah mencapai 10 hari atau lebih. Jika belum mencapai 10 hari atau lebih tetapi darahnya berhenti atau tidak keluar lagi, maka tidak diperbolehkan melakukan hubungan suami istri sebelum terlebih dahulu mandi besar.
Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, Beirut, Darul Fikr, cetakan kedua, 1985 M/1405 H, juz 3, halaman 553 menulis demikian:
ŁŲ£Ų¬Ų§Ų² Ų£ŲØŁ ŲŁŁŁŲ© Ų„ŲŖŁŲ§Ł Ų§ŁŁ Ų±Ų£Ų© Ų„Ų°Ų§ Ų§ŁŁŲ·Ų¹ ŲÆŁ Ų§ŁŲŁŲ¶Ų ŁŁŁ ŁŁ ŲŖŲŗŲŖŲ³Ł ŲØŲ§ŁŁ Ų§Ų” Ų„ŁŲ§ Ų£ŁŁ Ų„Ų°Ų§ Ų§ŁŁŲ·Ų¹ ŲÆŁ ŁŲ§ ŲØŲ¹ŲÆ Ų£ŁŲ«Ų± Ų§ŁŲŁŲ¶ (Ų¹Ų“Ų±Ų© Ų£ŁŲ§Ł ) ŲŁŲŖ ŲŁŁŲ¦Ų°Ų ŁŲ„Ł Ų§ŁŁŲ·Ų¹ ŲÆŁ ŁŲ§ ŁŲ£ŁŁ Ł Ł Ų¹Ų“Ų±Ų© Ų£ŁŲ§Ł Ų ŁŁ ŲŖŲŁ ŲŲŖŁ ŁŁ Ų¶Ł ŁŁŲŖ ŲµŁŲ§Ų© ŁŲ§Ł Ł Ų£Ł ŲŖŲŗŲŖŲ³Ł
āAbu Hanifah membolehkan hubungan badan dengan istri bila darah haidhnya telah selesai meskipun ia belum mandi wajib. Tetapi, jika darah haidh itu berhenti setelah masa haid (10 hari), maka (ia) halal ketika itu. Jika darah itu berhenti persis kurang dari 10 hari, maka ia belum halal hingga waktu shalat sempurna berlalu atau ia mandi wajib,ā
Pendapat yang Tidak Membolehkan Berhubungan Intim Sebelum Mandi Besar
Adapun pendapat jumhur ulama, seperti Imam Malik, Imam Syafiāi, dan Imam Ahmad bin Hambal menyebutkan, makna suci adalah bersuci dengan air atau mandi besar.
Artinya, agar diperbolehkan melakukan hubungan seksual, ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu: berhentinya darah dan sudah mandi besar. Mereka memahami kata āYathurnaā dan āTatahharnaā pada ayat tersebut hanya dapat dilakukan setelah melakukan āmandi besarā.
Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Syekh Wahbah Az-Zuhayli dalam Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh
ŁŁŁ ŁŲ¬Ų² Ų§ŁŲ¬Ł ŁŁŲ± ŲŗŁŲ± Ų£ŲØŁ ŲŁŁŁŲ© Ų„ŲŖŁŲ§ŁŁŲ§ ŲŲŖŁ ŁŁŁŲ·Ų¹ Ų§ŁŲŁŲ¶Ų ŁŲŖŲŗŲŖŲ³Ł ŲØŲ§ŁŁ Ų§Ų” ŲŗŲ³Ł Ų§ŁŲ¬ŁŲ§ŲØŲ©
āMayoritas ulama selain Abu Hanifah, tidak membolehkan hubungan badan seseorang dengan istrinya hingga darah haidh itu benar-benar berhenti dan istrinya mandi wajib terlebih dahulu,ā
Dengan demikian, berdasarkan pendapat mayoritas ulama melarang menyetubuhi istri yang telah selesai haid akan tetapi belum melakukan mandi besar.
Advertisement