5 Amalan Sederhana agar Mendapat Doa dari Malaikat, Fadhilahnya Dahsyat

Doa malaikat termasuk salah satu doa yang mustajab. Berikut beberapa amalan sederhana agar mendapatkan doa dari para malaikat.

oleh Putry Damayanty diperbarui 26 Okt 2024, 05:30 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 05:30 WIB
nama nama malaikat
nama nama malaikat ©Ilustrasi dibuat Stable Diffusion

Liputan6.com, Jakarta - Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang bersih dari dosa. Inilah yang menjadi sebab doa malaikat sangat mustajab.

Tentunya sebagai seorang muslim kita berharap agar didoakan oleh malaikat dalam hal kebaikan. Ketika didoakan oleh malaikat, doa itu akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah. 

Ada banyak amalan yang dapat dilakukan agar mendapatkan doa para malaikat. Malaikat yang mendoakan tentu saja bukan hanya satu namun sangat banyak.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah niat ikhlas dalam melakukan segala sesuatu. Berikut adalah beberapa amalan sederhana agar mendapatkan doa dari para malaikat. Yuk, praktikkan!

 

Saksikan Video Pilihan ini:

Amalan agar Mendapat Doa Malaikat

Catat, Ini 4 Manfaat Luar Biasa Kalau Kamu Rajin Tahajud
Salat Tahajud gak cuma dicatat kebaikannya oleh malaikat, tapi juga memberi kamu 4 manfaat luar biasa ini. Apa saja? | Via: istimewa

Mengutip dari cahayaislam.id, untuk mendapatkan doa dari malaikat berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan:

Wudhu sebelum tidur

Agar didoakan oleh malaikat yang pertama adalah bersuci sebelum tidur. Orang yang bersuci sebelum tidur bukan hanya akan didoakan oleh malaikat namun juga mendapatkan ampunan Allah.

Menunggu waktu sholat di dalam masjid

Apabila ingin didoakan oleh malaikat, Anda juga bisa melakukan amalan dengan datang lebih awal sebelum sholat berjamaah dimulai.

Saat duduk menunggu waktu sholat, malaikat juga akan mendoakan orang tersebut. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu sholat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya, ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’” (HR. Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Muslim 469).

Mengucapkan “Aamiin”

Ketika melaksanakan sholat dan imam membaca Al Fatihah, makmum hendaknya membaca atau mengucapkan “Aamiin”. Ucapan tersebut sangat ringan di lidah namun ternyata juga membuat malaikat mendoakan hamba yang mengucapkan “Aamiin” tersebut.

Hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa salam:

“Jika seorang imam membaca ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh-dhaalinn, maka ucapkanlah oleh kalian aamiin, karena siapa yang ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu” (HR. Bukhari dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari 782).

Amalan Lainnya

Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami. (Photo Copyright by Freepik)

Mendoakan orang lain

Amalan agar didoakan oleh malaikat selanjutnya adalah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut. Amalan ini merupakan amalan sederhana yang ternyata juga membeli dampak luar biasa bagi orang yang melakukannya.

Ketika melihat seseorang, misalnya saja orang yang sedang bekerja, coba doakan orang tersebut dengan doa-doa yang baik. Ketika seseorang memanjatkan doa untuk orang lain tanpa diketahui oleh siapapun, malaikat juga akan mendoakan hal yang sama.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Doa seorang Muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata, ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan” (HR. Muslim dari Ummud Darda’, Shahih Muslim: 2733).

Jadi, jangan pelit mendoakan kebaikan kepada orang lain karena semua akan kembali pada diri kita. Begitu juga sebaliknya, hindari mendoakan keburukan kepada orang lain karena bisa jadi doa tersebut diamini oleh malaikat untuk diri kita.

Berinfak atau sedekah setiap hari

Orang-orang yang senang bersedekah dan berinfak setiap hari bukan hanya akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah, namun juga didoakan oleh malaikat.

Ketika seseorang bersedekah, malaikat akan mendoakan agar apa yang disedekahkan atau diinfakkan diganti berlipat ganda. Seperti dalam sebuah hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam berikut ini:

“Tidak satu hari pun pada pagi hari seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’ dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari: 1442 dan Shahih Muslim: 1010).

Selain itu, ada banyak amalan lain yang juga membuat malaikat senantiasa mendoakan kita seperti sahur, mengajarkan kebaikan, sholat berjamaah, dan lain sebagainya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya