Top 3 Islami: Doa Pendek agar Utang Cepat Lunas dari Rasulullah, Bolehkah Berdoa dengan Bahasa Indonesia saat Sujud Sholat?

Tak dipungkiri, di antara kita yang kesulitan membayar utang. Jangankan membayar utang, untuk memenuhi kebutuhan hidup saja sulit

oleh Ola Keda diperbarui 23 Okt 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 06:30 WIB
UAS dan Buya Yahya
Kolase Ustadz Abdul Somad (UAS) dan KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Artikel menganai doa pendek agar utang cepat lunas dari Rasulullah SAW yang dibagikan Buya Yahya menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (22/10/2024).

Tak dipungkiri, di antara kita yang kesulitan membayar utang. Jangankan membayar utang, untuk memenuhi kebutuhan hidup saja sulit.

Karena itu, penting untuk mengamalkan doa pelunas utang sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW.

Artikel kedua yang juga menyita perhatian adalah boleh dan tidaknya berdoa dengan bahasa Indonesia saat sujud sholat, penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Abdul Somad.

Sementara, artikel ketiga yaitu maskawin yang diberikan mempelai pria kepada Irish Bella adalah masjid. Bagaimana kaidah mahar dalam Islam?

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Pilihan Ini:

1. Ini Doa Pendek agar Utang Cepat Lunas dari Rasulullah, Dibagikan Habib Novel

buya yahya hijau
Buya Yahya (SS TikTok)

Hidup akan merasa kurang tenang ketika memiliki banyak utang. Kecil maupun besar nilainya, utang tetaplah utang yang harus dibayar sampai lunas.

Hukum membayar utang tergolong wajib. Jika utang belum dibayar tapi sudah meninggal dunia, maka para ahli warisnya harus melunasi utang tersebut. Terkecuali apabila orang yang memberikan utangnya telah mengikhlaskan.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa "Ruhnya orang mukmin digantungkan -maksudnya ruhnya tertahan menuju tempatnya yang mulia- sebab utangnya, sampai utangnya itu dilunaskan." (HR. At-Tirmidzi. Ibnu Hibban dan selainnya menilai hadis ini hasan dan shahih).

Begitu pentingnya menunaikan kewajiban hingga lunas bagi muslim yang berutang kepada orang lain. Sampai-sampai utang menjadi salah satu penghambat dia di akhirat kelak.

Namun, dapat diakui bahwa sebagian muslim merasa kesulitan untuk membayar utang. Jangankan bayar utang, terkadang untuk kebutuhan sehari-hari pun sulit.

Jika Anda termasuk muslim yang kesulitan membayar utang, Anda dapat mengamalkan satu doa pendek berikut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Amalan doa pelunas utang ini dibagikan oleh Habib Novel Alaydrus dalam salah satu ceramahnya.

“Saya beri amalan pelunas utang, tapi diamalkan. Kalau gak diamalkan, jadinya (utang lunas) cuma mimpi. Diamalkan betul,” pesan Habib Novel seperti dikutip dari YouTube Novel Muhammad Alaydrus, Senin (21/10/2024).

Selengkapnya baca di sini

2. Cepat Dikabulkan, Bolehkah Doa Sujud Terakhir Sholat Pakai Bahasa Indonesia? Buya Yahya dan UAS Menjawab

Buya Yahya dan UAS
Buya Yahya dan UAS di kajian Al Bahjah. (YouTube Al Bahjah TV)

Ada banyak waktu mustajab doa yang dapat dimanfaatkan muslim. Salah satu waktu mustajabnya berdoa adalah adalah saat sujud terakhir dalam sholat. Jika berdoa di waktu tersebut, maka potensi dikabulkannya akan lebih cepat. 

“Saat yang paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya Yang Maha Tinggi adalah saat merendahkan dirinya, sujud. Saat itulah kita sangat dekat dengan Allah. Maka di saat itu perbanyaklah memohon. Itu nabi yang mengajarkan,” kata Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya, dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Senin (21/10/2024).

Para ulama telah sepakat bahwa berdoa saat sujud terakhir sholat sangat dianjurkan karena termasuk waktu mustajab. Namun yang menjadi pertanyaan, bolehkah berdoa saat sujud sholat pakai bahasa Indonesia?

Buya Yahya mengatakan, terdapat khilaf di antara ulama soal berdoa saat sujud sholat menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa non-Arab. 

Sebagian ulama mengatakan tidak diperkenankan karena selain bahasa Arab dapat membatalkan sholat. Ulama lainnya membolehkan doa dibaca dalam bahasa Indonesia saat sujud sholat.

“Biar pun di antara  ulama ada yang berpendapat boleh, tapi lebih baik dihindari berdoa pakai bahasa Indonesia di dalam sholat,” kata Buya Yahya.

Selengkapnya baca di sini

3. Irish Bella Menikah dengan Mahar Sebuah Masjid, Simak Hukum dan Syarat Mahar dalam Islam

Dhini Aminarti dan Dimas Seto saat Hadir Akad Nikah Irish Bella dan Haldy Sabri. [@dhiniaminarti]
Dhini Aminarti dan Dimas Seto saat Hadir Akad Nikah Irish Bella dan Haldy Sabri. [@dhiniaminarti]

Artis cantik Irish Bella yang merupakan mantan istri Ammar Zoni kini resmi melepas statusnya sebagai janda. Pria bernama Haldy Sabri resmi menikahinya pada Sabtu (19/10/2024).

Prosesi akad nikahnya banyak tersebar di berbagai platform digital seperti YouTube. Terungkap dari tayangan tersebut Haldy Sabri memberikah mahar atau mas kawin yang sangat fantastis yaitu sebuah masjid.

“Saya nikahkan dan saya kawinkan seorang putri bernama Yris Jetty Dirk de Beule binti Johan de Beule kepadamu dengan maskawin satu buah masjid dibayar tunai,” kata seorang wali hakim yang menikahkan Irish Bella sambil menjabat tangan Haldy Sabri.

“Saya terima nikah dan kawinnya Yris Jetty Dirk de Beule dengan maskawin yang tersebut, tunai,” ucap Haldy Sabri dengan lantang dalam satu tarikan napas. Sesaat kemudian, para saksi menyatakan bahwa pernikahan mereka telah sah.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya