Kelezatan Urap Latoh, Kuliner Unik Khas Rembang dengan Anggur Laut

Sedikit berbeda dengan urap yang biasanya kita ketahui, kuliner unik khas rembang ini menggunakan sayur anggur laut.

oleh Sabrina Julie diperbarui 19 Mar 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2022, 10:00 WIB
Urap Latoh
(via:isntagram.com/griyadydwi)

Liputan6.com, Rembang Makanan Urap mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Umumnya urap dimasak dengan bahan baku sayur-sayuran seperti Kangkung, wortel, potongan kacang  panjang yang dikukus kemudian dicampur dengan parutan kelapa berbumbu.

Namun di Rembang juga terdapat sebuah kuliner bernama Urap Latoh. Sedikit berbeda dengan urap yang biasanya kita ketahui, kuliner unik khas rembang ini menggunakan sayur anggur laut, atau yang disebut warga setempat sebagai ‘Latoh’.

Latoh sendiri merupakan rumput laut yang tumbuh di daerah pesisir Kabupaten Rembang. Sayuran ini menjadi hidangan khas khususnya bagi masyarakat Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.


Urap Latoh

Urap Latoh khas Rembang ini memberikan sensasi unik pada tekstur ketika disantap. Terlebih lagi cita rasa gurih dan nikmat membuat penyantap Urap Latoh semakin ketagihan. 

Tak hanya lezat, anggur laut ini juga kaya akan gizi, zat besi dan protein dalam Latoh bermanfaat sebagai pembentukan hemoglobin sehingga mengurangi risiko anemia, selain itu Latoh juga memiliki kandungan klorofil dan antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. 

Bagaimana tertarik untuk mencoba kuliner asal Rembang ini? 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya