Kesalahan Umum dalam Mendekorasi Rumah

Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering terjadi pada sebagian orang saat menata ruang rumah baru.

oleh Firman Fernando Silaban diperbarui 04 Des 2015, 10:30 WIB
Diterbitkan 04 Des 2015, 10:30 WIB
Kesalahan umum dekorasi rumah
Kesalahan umum dekorasi rumah (sumber. domain.com.au)

Liputan6.com, Jakarta Ingin menata ruang dan perabotan di rumah baru Anda? Beragam referensi bisa didapatkan dari beragam situs online atau pun konsultasi dengan teman perihal gaya sampai perabotan yang cocok untuk rumah baru Anda.

Namun bagi beberapa orang mungkin masih kurang pengalaman, sehingga penataan dirasa kurang tepat oleh karena beberapa faktor. Seperti dilansir dari domain, Kamis (3/12/2015), berikut beberapa hal yang harus Anda hindari saat menata rumah baru.

1. Menata ruang tidur dengan berlebihan
Kamar tidur harus menjadi tempat yang nyaman untuk Anda dan keluarga beristirahat. Berdalih ingin menghiasnya agar terlihat indah, kamar tidur Anda malah tidak nyaman karena penataan yang cenderung berlebihan. Seorang interior stylist dari The Stylesmith, Natalie Jamer mengatakan bahwa pemilihan warna pun menjadi salah satu komponen penting untuk membantu Anda merefleksikan mood agar selalu baik adanya.

2. Lantai yang monton
Banyak orang memilih untuk membuat lantai mereka dengan satu tema bahkan gaya dan warna dengan alasan agar ruangan terlihat lebih luas. Seorang desainer interior dari Oxide Design, Rohan Little mengatakan sebuah lantai yang dibuat sama malah akan membosankan dan tidak ada variasi.

3. Meletakan karpet di atas karpet
Beberapa orang melakukan hal konyol ini dalam penataan rumah mereka. Menurut Julia Green dari Greenghouse interior juga membenarkan hal tersebut dan terdengar sebagai sesuatu yang konyol dengan dalih agar kebersihan.

4. Menggantung perabotan di dinding
Sebagian orang memilih menggantung perabotan ketika ruangan di rumah mereka sempit. Namun, Bec Astrinakis dari Nathan+jac mengatakan bahwa hal tersebut kadang membuat ruangan Anda jadi terkesan penuh sehingga tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan.

5. Tak menggunakan lampu
Beberapa orang memilih mengurangi penggunaan lampu di rumah mereka dan membuka ruang lebar untuk cahaya matahari masuk. Hal ini bisa jadi sesuatu yang bermanfaat, tapi juga sebuah kesalahan dalam tata ruang. Menurut Georgia Ezra dari G.A.A.B.E Interior Design mengungkapkan bahwa lampu merupakan komponen yang tidak bisa dihilangkan dalam menata ruangan Anda.

6. Tidak memilih tema ruangan
Sebagian orang suka merasa bingung ketika harus menata rumah baru mereka karena tidak memiliki tema. Kalau pun ada, tema tersebut hanya berlaku untuk satu ruangan saja. Nicholas Travers dari Techne Architecture + Interior Design mengungkapkan bahwa kesalahan umum yang sering terjadi pada beberapa orang adalah tidak adanya tema dalam menata ruang.

7. Pemilihan warna tak tepat
Selain memilih tema ruangan, pemilihan warna yang tepat juga memengaruhi penataan rumah Anda. Menurut Jessica Bellef​ dari Temple & Webster, selain soal keindahan, warna memiliki banyak pengaruh pada mood Anda dan energi di rumah tersebut.

 

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya