8 Makanan Khas Lampung Terpopuler Ini Wajib Kamu Coba

Makanan khas Lampung punya kekhasan. Selain rempah juga buahnya pilihan.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 09 Mar 2019, 09:34 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2019, 09:34 WIB
Ilustrasi kue segumpal
Ilustrasi kue segumpal (Sumber: Brilio)

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas ataupun makanan tradisional memang menjadi daya pikat sendiri bagi para wisatawan. Rasanya kurang pas jika berlibur tapi tak sempat mencicipi makanan khas daerah

Meskipun beberapa makanan khas daerah juga banyak dijual di kota lain. Akan tetapi, tentu saja cita rasa yang dimiliki jika langsung mencoba di kota asalnya akan berbeda.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kuliner khas dan patut untuk dicoba ialah Lampung. Beberapa makanan khas Lampung memang cukup terkenal. Ibukota dari Provinsi Lampung ini merupakan salah satu kota di mana makanannya tidak bisa lepas dari rempah-rempah.   

Jika kamu berkunjung ke Lampung, jangan hanya berwisata di kawasan Way Kambas saja ataupun pantainya. Akan tetapi cobalah untuk mencicipi berbagai makanan khas Lampung yang ada disana. Kota-kota di Pulau Sumatera ini sangat kental dengan budaya melayu dan juga rempah-rempah. Sehingga beberapa makanan yang ada di Sumatera memiliki beberapa kemiripan.

Kamu yang penasaran apa saja makanan khas Lampung yang bisa kamu coba, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2019).


Tempoyak dan seruit

1. Tempoyak 

Selain Medan yang cukup terkenal dengan buah durian, ternyata Lampung juga terkenal loh dengan penghasil durian terbaik di Indonesia. Sehingga tak mengherankan jika makanan khas Lampung satu ini menggunakan durian sebagai bahan dasarnya.

Tempoyak sendiri dibuat menggunakan durian yang telah difermentasikan. Makanan ini pun cukup populer dan juga familiar bagi orang Lampung ataupun Sumatera.

2. Seruit

Bukan hanya dijadikan makanan khas Lampung saja, akan tetapi seruit juga primadonannya kuliner Lampung loh. Selain menjadi makanan khas Lampung, ternyata seruit ini juga hanya disajikan saat acara-acara tertentu saja loh, seperti lebaran atau ritual adat.

Hidangan ini pun terbuat dari bahan dasar ikan yang dibakar. Kemudian dicampurkan dengan sambal terasi khas Lampung. Tentu saja cita rasa yang dihadirkan pun mampu menggoyang lidah kamu.


Engkak dan kue segumpal

3. Engkak

Makanan khas Lampung satu ini sebenarnya termasuk dalam sajian makanan penutup loh. Hal ini dikarenakan rasa dari engkak sendiri yang cukup legit namun tidak berlebih.

Makanan ini termasuk dalam kategori kue tradisional yang cukup banyak ditemui di Lampung dan juga Palembang. Bahan dasar kue ini pun cukup sederhana, yaitu ketan putih, gula pasir, telur, santan, mentega dan juga susu kental.

Memiliki tekstur seperti kue bolu, tak heran jika engkak juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

4. Kue Segumpal

Kue satu ini tidak bisa kamu jumpai setiap saat loh. Kamu hanya bisa menemukan kue segumpal ini pada saat bulan Ramadhan saja.

Makanan khas Lampung ini biasa disajikan untuk berbuka puasa atau saat perayaan adat saja. Hidangan tradisional ini terbuat dari beras ketan dan juga santan.

 


Gulai taboh dan gabing

5. Gulai Taboh

Makanan khas Lampung satu ini tak seperti gulai pada umumnya yang berisi daging ataupun jeroan. Gulai taboh ini merupakan justru menggunakan umbi-umbian serta kacang-kacangan untuk bahan masakannya. 

Akan tetapi kuah yang digunakan pada gulai tabok ini menggunakan kuah gulai. Namun saat memasaknya ditambahkan lagi dengan rempah-rempah untuk memperkaya rasa pada masakan ini seperti terasi dan juga daun sirih.

6. Gabing

Makanan khas Lampung ini bisa dibilang unik loh. Karena bahan dasar yang digunakan ialah batang pohon kelapa yang masih muda. 

Tentu saja kamu bisa menemukan gabing pada warung makan yang ada di Lampung, sebab makanan ini tak ubahnya seperti sayur asem. Hanya saja bahan dasar atau pun isiannya yang berbeda.


Pindang ikan patin dan geguduh

7. Pindang ikan Patin 

Untuk pengolahan ikan patin di Lampung, mereka biasa mengolahnya menjadi pindang. Namun tentu saja bumbu dasar yang digunakan untuk membuat pindang ini berbeda dari pindang ikan biasanya.

Pindang ikan patin khas Lampung ini memiliki warna kuning serta rasa yang cukup macam. Hal ini karena salah satu pembuatan kuah pindang menggunakan kunyit serta asam.

8. Geguduh

Kuliner satu ini merupakana jajanan tradisional lampung yang masih bisa kamu temui saat berkunjung ke Lampung. Bahan dasar yang digunakan pada hidangan ini ialah pisang dan juga tepung terigu.

Namun kamu bisa menambahkan selai atau pun keju untuk menambah cita rasa. Kue tradisional yang memiliki rasa manis ini tentu saja cocok disajikan untuk menemani kamu minum secangkir kopi ataupun teh pada sore hari. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya