Belajar Keuangan Lewat Aneka Instalasi Seni Instagramable di Ajang TAYTB Fest

Instalasi seni bukan hanya untuk dinikmati dan jadi latar belakang foto Instagram, tetapi ternyata juga bisa digunakan untuk mengedukasi tentang keuangan.

oleh Komarudin diperbarui 31 Okt 2019, 14:04 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2019, 14:04 WIB
TAYTB Fest
Beragam instalasi seni dihadirkan dalam ajang #TAYTB Fest untuk mengedukasi para pengunjung mengenai keuangan (Liputan6.com/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terhadap persoalan keuangan. Salah satunya seperti yang dilakukan Bank OCBC NISP dengan menyelenggarakan acara 'Tak Ada yang Tak Bisa' Festival atau #TAYTB Fest.

Acara berlangsung mulai 31 Oktober-3 November 2019 di Tribrata, Jakarta Selatan. Acara ini menampilkan sembilan instalasi seni edukasi yang Instagramable dan 70 tokoh inspiratif Indonesia dalam 40 seminar kelas.

"Acara ini sebagai salah satu solusi baru dalam mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk dapat melek keuangan dengan cara yang menyenangkan. #TAYTB Fest menggabungkan konsep keuangan dengan inspirasional sehingga menarik dan mudah untuk dipraktikkan oleh masyarakat, termasuk generasi milenial," ujar Direktur Bank OCBC NISP Mirah Wiryoatmodjo dalam jumpa pers acara #TAYTB Fest, Rabu, 31 Oktober 2019.

Sementara itu, Marketing Communication Division Head Bank OCBC NISP Amir Wijaya menerangkan seluruh karya seni instalasi yang ditampilkan merupakan hasil kerja sama pihak OCBC NISP dengan para vendor. Sembilan instalasi tersebut adalah 88 Cuan Cats, Secukupnya Tunnel, Rich Cool Gang, House In The Clouds, In Instant We Believe, Nyalakan Indonesia, Elevated Life, Pejuang Mimpi, Cuan In Wonderland.

88 Cuan Cats, misalnya, instalasi yang berisi 88 Manikineko Cat atau yang biasa dikenal sebagai kucing yang membawa keberuntungan ini bertujuan untuk mendoakan agar para generasi muda Indonesia merdeka finansial sejak dini. Ada 11 ilustrator berkolaborasi mengisi 88 kucing dalam ruang.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Lorong Curhat hingga Cuan In Wonderland

TAYTB Fest
Ada instalasi seni yang dihadirkan dalam ajang TAYTB Fest, salah satunya instalasi House In The CLouds (Liputan6.com/Komarudin)

Selanjutnya, Amir mengajak pengunjung ke Secukupnya Tunnel yang mengungkap keresahan yang terjadi di kalangan anak muda. Curhatan yang ditampilkan dalam lorong digital ini berisi dari cerita-cerita nyata tentang dosa finansial yang terjadi di kalangan anak muda.

Instalasi berikutnya bernama Rich Cool Gang. Dalam ruangan ini terdapat gambar mural yang mencerminkan dua milenial dengan gaya kehidupan anak milenial yang berbeda, antara gaya hidup tak mewah dan gaya hidup serba mewah.

Instalasi yang juga menarik perhatian adalah House In The Clouds. Instalasi ini dipersembahkan Mdesign bersama dengan KPR Easy Start dari Bank OCBC NISP.

"Instalasi ini bertujuan untuk menanamkan pola pikir bahwa memiliki rumah sendiri adalah sesuatu yang bisa diwujudkan dan bukan sekadar impian karena cicilan per bulannya hanya Rp1 juta," ujar Amir.

Sementara itu, instalasi In Instant We Believe ini mendalami lebih jauh tentang salah satu aplikasi mobile banking. Lain halnya dengan instalasi Nyalakan Indonesia yang menampilkan video projection berdasarkan lirik lagu 'Kids'.

Lalu, ada instalasi Elevated Life yang memberikan informasi tentang kartu kredit dan debit. Ada pula instalasi Pejuang Mimpi yang bercerita tentang bagaimana seharusnya kita bisa melangkah jauh untuk menggapai semua hal yang kita inginkan. Terakhir, instalasi Cuan In Wonderland yang mempelajari segala sesuatu tentang valuta asing.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya