6 Tempat Wisata Anyar di Puncak Bogor untuk Nikmati Malam Tahun Baru

Puncak Bogor masih menjadi destinasi favorit warga Jakarta untuk menghabiskan malam Tahun Baru. Cek deretan destinasi wisata yang bisa membuat Anda lebih dekat dengan alam.

oleh Henry diperbarui 31 Des 2019, 06:03 WIB
Diterbitkan 31 Des 2019, 06:03 WIB
Indonesian Enduro Series 2016
Seorang pebalap beraksi dalam Indonesian Enduro Series di KTH Bike Park, Puncak, Bogor, (29/5/2016). Ini adalah kompetisi enduro sepeda gunung pertama di Indonesia. (Bola.com/Arief Bagus)

Liputan6.com, Jakarta - Daerah Puncak, Bogor menjadi pilihan liburan kebanyakan masyarakat Jakarta. Selain akses mudah dan memakan waktu tak terlalu jauh, udara dingin di sana selalu bikin ketagihan untuk dikunjungi lagi.

Entah hanya menikmati pemandangan hamparan kebun teh atau menginap mencari penginapan untuk sehari dua hari, kawasan Puncak, Bogor selalu asyik dijejaki apalagi bersama teman-teman dekat dan keluarga. Selain destinasi yang sudah legendaris, ada sederet tempat anyar yang bisa menjadi alternatif tempat wisata. Apa saja? Liputan6.com merangkumnya untuk Anda dikutip dari berbagai sumber.

1. Desa Wisata Pancawati

Desa Pancawati terletak di Jalan Raya Sukabumi KM. 17, Caringin, Bogor, Jawa Barat. Di desa ini, Anda bisa menikmati pohon-pohon jati karena letaknya di bawah kaki Gunung Pangrango. Desa wisata ini juga sebagai penggerak perekonomian di wilayah tersebut.

Jauh dari keramaian kota, Anda bisa liburan dengan tenang sambil menikmati rimbun pohon-pohon. Di desa ini juga tersedia penginapan dengan fasilitas yang lengkap, yaitu jogging track, taman bermain anak, kolam pancing, flying fox, tempat berkemah, ruang terbuka, ruang serba guna dan restoran.

Di kampung ini Anda juga bisa terjun langsung dan merasakan bagaimana bercocok tanam. Ada berbagai jenis tanaman tumbuh di sini, seperti padi, ubi rambat, dan singkong.

2. Taman Riung Gunung

Tempat ini cukup tenang karena berada di antara hamparan kebun teh. Letak taman ini tepatnya di Tugu Selatan, Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat, tidak jauh dengan Masjid Atta’awun.

Anda dapat mencoba berbagai aktivitas di taman ini bersama keluarga, seperti bermain outbound, berenang, hingga terapi ikan. Tetapi paling asyik adalah kamping di hamparan perkebunan teh.

Harga untuk masuk Taman Riung Gunung juga cukup murah. Dengan Rp15 ribu, Anda bisa menikmati fasilitas yang ada di dalam taman. Bagi pengunjung yang tidak ingin tidur di tempat terbuka, tak perlu khawatir karena Taman Riung Gunung juga menyediakan penginapan serta kafe dan restoran.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:


3. Kebun Wisata Inkarla

Agrowisata Gunung Mas
Perkebunan teh di kawasan Puncak.

Kebun Wisata Alam Inkarla jadi salah satu yang tak kalah populer. Destinasi yang satu ini terletak di Jalan Singabarong, Cibodas, Jawa barat. Untuk berlibur, tempat wisata yang satu ini juga cukup lengkap. Tak hanya penginapana, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan lain.

Kebun Wisata ini juga bisa menyiapkan acara untuk Anda yang datang bersama rombongan. Teman-teman Anda tak akan kebosanan hanya berdiam diri di kamar karena Kebun Wisata Inkarla menawarkan kegiatan seperti api unggun, outbound, paintball, ruang billiard dan lapangan bermain. Di sini juga tersedia kolam renang yang bisa jadi pilihan Anda bersantai, atau mengunjungi rumah pohon dan mencoba labirin.

4. Desa Kampung Bambu

Satu lagi desa wisata yang tak boleh ketinggalan. Kampung Bambu bisa menjadi pilihan liburan Anda karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh dari pintu Tol Bogor, hanya sekitar 18 KM.

Kampung ini diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Salak, sehingga Anda tak akan kecewa dengan view di sekitar kampung ini yang sangat alami yang mengesankan.

Kampoeng Bambu juga menawarkan Anda berbaga aktivitas liburan seperti beternak, memancing, ATV track, lintas desa, paintball dan berkemah.

 


5. Danau Quarry

Gaya Liburan Kiki Amalia di Alam Bebas, Memesona
Tak hanya di pantai, mantan istri Markus Horison ini juga senang berlibur di perkebun. Seperti saat ia mengunjungi Villa Bukit Danau, di kawasan Cipanas, Puncak, Jawa Barat.(Liputan6.com/IG/@kikiamaliaworld)

Danau yang terbentuk karena bekas galian tambang ini juga jadi salah satu tempat wisata yang menarik di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Berlokasi di Kampung Sawan, Rumpin, Bogor, Jawa Barat, ini punya pemandangan biru danau dan tebing-tebing sangat bagus untuk tempat berfoto.

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan, untuk mencapai ke danau ini Anda harus melewati sedikit jalan setapak yang menanjak. Biaya masuk ke kawasan danau cukup murah, cukup dengan Rp10 ribu Anda bisa puas mengabadikan foto atau duduk-duduk santai di warung-warung yang ada di sekitar danau.

6. Curug Panjang

Curug menjadi salah satu opsi bagi Anda yang mencari sedikit tantangan dalam liburan Anda.  Berlokasi di Kecamatan Megamendung, Bogor, bukan hanya bisa menikmati air terjun atau curug di Curug Panjang, Anda juga bisa berkemah di sekitar karena tersedia camping ground.

Akses menuju curug relatif mudah dibandingkan curug-curug lain yang ada di Jawa Barat. Keunikan curug ini salah satunya adalah bentuknya yang tak seperti bentuk curug kebanyakan yang vertikal atau dari atas ke bawah. Itu juga jadi alasan kenapa curug yang satu ini diberi nama Curug Panjang.

Di curug ini, Anda bisa berenang, atau melompat dari tebing-tebing di sekitar air terjun yang mengelilinginya. Berfoto di curug ini juga sayang untuk dilewatkan. Pemandangan air terjun yang deras sangat cantik menjadi latar belakang foto liburan Anda. (Adhita Diansyavira)

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya