Apa Itu Menopause? Simak Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Tanda-Tandanya

Penurunan alami pada hormon reproduksi jadi kondisi yang mengarah pada menopause.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Nov 2021, 22:30 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2021, 22:30 WIB
Menopause Prematur
Ilustrasi menopause Credit: pexels.com/lab

Liputan6.com, Jakarta - Taukah Anda, penurunan alami pada hormon reproduksi dapat terjadi ketika seorang wanita mencapai usia 40 hingga 50 tahun-an? Kondisi ini biasanya mengarah pada menopause. Lantas, apa itu menopause?

Dilansir WebMD, Jumat (5/11/2021), menopause adalah akhir siklus menstruasi seorang wanita. Istilah ini dapat menggambarkan setiap perubahan yang perempuan alami sebelum atau setelah berhenti menstruasi, menandai akhir dari tahun-tahun reproduksi.

Tidak hanya di alami wanita usia lanjut, menopause pada wanita muda juga bisa terjadi. Beberapa masalah siklus menstruasi nyatanya mengarah pada tanda menopause dini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Menopause

menopause
Ilustrasi menopause/Copyright pexels.com

Wanita dilahirkan dengan sel telur yang disimpan di indung telur mereka. Ovarium pada wanita juga memproduksi hormon estrogen dan progesteron, yang mengontrol periode menstruasi dan pelepasan sel telur.

Menopause terjadi ketika ovarium tidak lagi melepaskan sel telur setiap bulan, menyebabkan menstruasi berhenti. Bagi beberapa wanita yang mengalami menopause dini, penyebabnya bisa karena operasi, seperti jika indung telur mereka diangkat dalam histerektomi, atau kerusakan pada indung telur, salah satu akibat dari kemoterapi.


Gejala dan Tanda-Tanda Menopause

Menopause
Ilustrasi Menopause Credit: pexels.com/cottonbro

Berikut gejala yang umumnya dirasakan oleh wanita yang mengalami menopause:

1. Kelelahan

2. Depresi

3. Mudah tersinggung

4. Jantung berdegup kencang

5. Sakit kepala

6. Sakit atau nyeri sendi dan otot

7. Penambahan berat badan

8. Rambut rontok

9. Perubahan libido (dorongan seks)

Sedangkan untuk tanda-tandanya, kebanyakan wanita menjelang menopause akan mengalami hot flashes, perasaan hangat yang tiba-tiba menyebar ke seluruh tubuh bagian atas, sering kali dengan wajah memerah dan berkeringat. Hal ini dapat berkisar dari ringan hingga parah.


Infografis Menopause

Infografis Menopause
Jaga tubuh menjelang dan saat menopause (Liputan6.com/Trieyas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya