Belajar dari Kasus Obat Sirup, Semua Produk di Pameran Imbex Wajib Kantongi Izin Edar

Panitia Imbex 2022 mengimbau agar produk produk yang akan berpartisipasi nantinya sudah mengantongi SNI (Standar Nasional Indonesia).

oleh Henry diperbarui 24 Nov 2022, 06:30 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2022, 06:30 WIB
Jumpa Pers Imbex 2022
Jumpa Pers Imbex 2022.  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Pihak penyelenggara Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo (Imbex) menegaskan semua produk yang ditampilkan dalam pameran Imbex 2022 harus sudah mengantongi izin edar dari pemerintah. Tujuannya untuk menjamin keselamatan dan keamanan bagi konsumen. Imbex 2022 akan digelar pada 2-4 Desember 2022 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

"Kenapa harus punya izin edar karena akhir akhir ini, orangtua semakin meningkatkan perlindungan pada anak anaknya, buntut dari kasus obat sirup yang menyebabkan masalah ginjal akut pada anak anak kemarin," kata Project Director PT. Reed Exhibitions Indonesia (RX Indonesia) Maria Achti dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Adapun RX Indonesia merupakan penyelenggara Imbex 2022. Selain harus mengantongi izin edar, Maria juga mengimbau agar produk produk yang akan berpartisipasi nantinya sudah mengantongi SNI (Standar Nasional Indonesia). 

Pihak pengelola berkomitmen untuk selalu menghadirkan dan menampilkan produk-produk berkualitas dan bersertifikasi SNI di setiap eventnya. "SNI adalah standar yang berlaku secara nasional di negara Indonesia pada setiap produk yang dihasilkan dan berfungsi untuk memberikan jaminan standar kualitas dan kelayakan produk tersebut," terang Maria. 

Sementara, Asosiasi Importir dan Distributor Mainan Indonesia (AIMI) menyampaikan kesiapannya untuk bersama-sama mensosialisasikan SNI kepada seluruh pelaku usaha khususnya dan masyarakat pada umumya akan pentingnya menggunakan produk bersertifikasi SNI. Bart Nureka, Pjs Ketua AIMI mengatakan, pihaknya selalu aktif mengawal dan mendukung kebijakan pemerintah mengenai impor dan bisnis mainan di Indonesia, termasuk SNI.

 


500 Brand

Jumpa Pers Imbex 2022
Jumpa Pers Imbex 2022.  (Liputan6.com/Henry)

"Kami yakin dengan adanya sertifikasi SNI, membuat produk mainan dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri. Supaya saat melakukan ekspor juga produk kita bisa bersaing di pasar luar," ungkap Bart. Dia menambahkan, dengan diselenggarakannya pameran Imbex ini dapat menjadi sebuah momentum bagi masing masing produsen khususnya dari dalam negeri untuk bisa melihat kemajuan teknologi apa saja yang sudah ditambahkan dan dikembangkan oleh produk luar negeri.

Erick Runtu, Vice President Card Business PT Bank Negara Indonesia (Persero) mengatakan bahwa pameran Imbex mendorong pertumbuhan karena dua tahun terakhir belanja rumah tangga itu melambat karena pandemi. "Ini juga akan meningkatkan transaksi digital, saat ini BNI juga mendorong peningkatan transaksi digital," jelas Erick.

Pameran ini akan digelar di JCC pada 2-4 Desember mendatang dengan menghadirkan 500 brand dan 240 perusahaan dengan target 30 ribu pengunjung. Kali ini brand lokal semakin menjamur. Penyelenggara juga menyiapkan 20 pavilium untuk UMKM.

 


Belajar sambil Bermain

Resmi Dibuka, IMBEX 2021 Hadirkan Ragam Perlengkapan Ibu dan Anak
Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo atau IMBEX 2021 berlangsung mulai 26--28 November 2021 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Beberapa merek yang ikut dalam pameran ini di antaranya. Almona, Baabaasheepz, Babyzen Yoyo, Birds n Bees, Birth n beyond, Bohopanna, Daiichi, Dr Brown, Fisher Price, Friends of Sally, Haenim, Heinz, Hogasan, Little Palmerhaus, Leka, Mediclean, Mom Uung, Mooimom, Mothercare, Nature One Dairy, Omiebox, Somethinc, dan Summertide.

Tahun ini, Imbex mengusung konsep belanja, belajar, dan bermain dalam satu atap. Imbex 2022 akan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti cosplay, beragam workshop, talkshow, belanja berhadiah, dan SALEbration setiap harinya, serta berbagai program edukasi yang bisa diikuti oleh ibu dan ayah.

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan. Oleh karena itu, Imbex turut menghadirkan beragam workshop edukasi yang bisa diikuti oleh orangtua, yaitu beauty class, postpartum planning class, calming a fussy baby class, hypnobirthing class, breastfeeding class, baby proofing class, hingga baby sensory class.

Tak hanya itu, untuk membantu calon ibu mempersiapkan mental, fisik, dan spiritualnya dalam menghadapi proses persalinan, Imbex akan menyelenggarakan yoga class yang akan dipandu oleh instruktur yoga yang berpengalaman.


Mencegah Kerumunan

Buiboo
Booth Buiboo oleh Hypefast di Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo atau IMBEX 2021 yang berlangsung mulai 26--28 November 2021 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. (Liputan6.com/Putu Elmira)

"Kita enggak mau mereka datang ke Imbrx cuma untuk shopping, tapi mau mengajak pengunjung juga untuk beredukasi dengan postpartum class, beauty class, dan workshop lainnya," ungkap Maria.  Pameran ibu dan anak ini juga akan menyelenggarakan cooking class untuk memperkaya kreasi dalam memasak dan mempersiapkan bekal untuk si kecil.

Selain menawarkan potongan harga setiap harinya, ada waktu-waktu tertentu untuk ibu dan ayah bisa mendapatkan harga spesial. Di hari Jumat akan tersedia pada pukul 19.00-21.00 WIB, di hari Sabtu pada pukul 09.00-11.00 WIB, dan hari Minggu di pukul 18.00-21.00 WIB. Area pameran pun juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya, seperti ruang menyusui, ruang ganti popok, food court, dan area bermain untuk anak.

Seperti di tahun lalu, Imbex 2022 juga akan digelar dengan penerapan protokol kesehatan CHSE. Untuk mencegah kerumunan, waktu kunjungan dibagi menjadi tiga sesi, yakni sesi pertama pukul 09.00--12.00 WIB, sesi kedua 12.30--15.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 16.00--19.00 WIB.

Pengunjung wajib sudah vaksinasi minimal satu dosis dan terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung memastikan telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Hal tersebut dikarenakan setiap pengunjung harus scan barcode sebelum masuk ke area pameran.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya