Pusing dengan Lantai Licin? Ikuti Langkah Ini untuk Bersihkan Lantai Dapur yang Berminyak

Salah satunya dengan menaburkan tepung terigu atau garam pada bagian yang dirasa cukup berminyak.

oleh stella maris pada 30 Des 2022, 11:31 WIB
Diperbarui 30 Des 2022, 13:43 WIB
Ilustrasi membersihkan atau mengepel lantai
Ilustrasi membersihkan atau mengepel lantai/Shutterstock-Roman Samborskyi.

Liputan6.com, Jakarta Tak jarang ketika memasak, ada cipratan atau tumpahan minyak sehingga lantai menjadi berminyak. Kondisi lantai yang berminyak tentu membuat tidak nyaman dipijak karena licin dan lengket. Tak hanya itu, lantai yang licin juga sangat berbahaya jika di rumah ada lansia atau anak kecil. 

Membersihkan dengan pembersih lantai mungkin menjadi pilihan utama. Namun, terkadang hal tersebut belum cukup untuk mengangkat sisa-sisa minyak di lantai. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui tips membersihkan lantai yang berminyak agar lantai kembali kesat dan mengkilap. Simak penjelasannya di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langkah 1 : Serap Minyak

ilustrasi tepung terigu
ilustrasi tepung terigu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menaburkan tepung terigu atau garam. Cara yang satu ini terbilang cukup unik karena menggunakan bahan yang tidak biasa. Namun, taburan tepung terigu atau garam mampu menyerap minyak yang ada di lantai. 

Caranya sangat mudah, taburkan tepung terigu atau garam pada bagian yang dirasa cukup berminyak. Diamkan sekitar 10-15 menit, setelah itu sapu sisa-sisa taburan tersebut.


Langkah 2 : Hilangkan Minyak

Ilustrasi sabun pembersih cuci piring dan sponge
Ilustrasi sabun pembersih cuci piring dan sponge/Shutterstock-Klepach.

Selanjutnya adalah menghilangkan minyak. Dalam langkah ini, Anda juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk membersihkan lantai yang licin dan lengket. Sabun cuci piring terbukti ampuh untuk membersihkan sisa-sisa minyak di piring.

Caranya juga sangat mudah, larutkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air. Lalu pel lantai yang berminyak dan diamkan sampai kering. Tips tambahan, Anda bisa menggunakan air panas atau hangat untuk mengepel lantai agar lantai jauh lebih kesat. Namun tetap berhati-hati agar kulit tidak terkena cipratan air panas.


Langkah 3 : Finishing

Ilustrasi kain pel microfiber
Ilustrasi kain pel microfiber/Shutterstock-ivan_kislitsin.

Langkah terakhir adalah dengan mengepel lantai lagi menggunakan cairan pembersih lantai. Walaupun lantai sudah dibersihkan dengan sabun cuci piring, Anda tetap harus melakukan langkah ini untuk memastikan lantai sudah benar-benar bersih. 

Sama seperti langkah kedua, Anda cukup melarutkan cairan pembersih lantai dengan air. Kemudian pel lantai hingga bersih dan diamkan sampai kering. Jika sudah bersih, disarankan untuk mengepel lantai sebanyak 2 kali untuk menjaga kebersihannya.

Itulah 3 langkah mudah dalam membersihkan lantai dapur yang berminyak. Langkah-langkah ini bisa diterapkan dalam keseharian Anda. Sangat mudah, bukan?

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya