Terhipnotis Pertunjukan Momentous di Hong Kong Disneyland

Momentous, yang debut di Hong Kong Disneyland pada Juni tahun lalu, dijanjikan sebagai "pengalaman malam terbaik" di seantero Hong Kong.

oleh Asnida Riani diperbarui 21 Feb 2023, 09:01 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 09:01 WIB
Hong Kong Disneyland
Pertunjukan "Momentous" di Hong Kong Disneyland, 17 Februari 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Hong Kong - "Momentous" membuat pekat langit malam di Hong Kong Disneyland (HKDL) mendadak berhias ledakan ragam warna. Berdiri di depan Castle of Magical Dreams bersama lusinan pengunjung lain, saya "terhipnotis" pesona show yang dijanjikan sebagai "pengalaman malam terbaik" di seantero Hong Kong.

Saya tiba sekitar 15 menit sebelum pertunjukan dimulai tepat pukul 8 malam, waktu setempat. Saat itu, para pengunjung telah mengambil tempat di area sekitar kastil yang dulunya dikenal sebagai Sleeping Beauty Castle tersebut, menanti "The Most Magical Show on Earth" yang debut pada Juni 2022.

Merujuk keterangan resmi pada Liputan6.com, Jumat, 17 Februari 2023, pertunjukan ini berfokus pada momen terpenting dalam hidup dengan perjalanan yang membangkitkan semangat untuk mengeksplorasi kegembiraan, kesedihan, tantangan, dan perayaan. 

"(Momentous) memungkinkan para pengunjung untuk benar-benar hidup di saat sekarang sambil mendengarkan, sekaligus membayangkan kembali lagu-lagu Disney yang familiar," sebut pihaknya dalam sebuah pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Hong Kong Disneyland
Castle of Magical Dreams di Hong Kong Disneyland. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Selama pertunjukan, yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit, kastil berubah jadi kanvas dinamis yang menggabungkan pemetaan proyek 3D, proyeksi air skala besar, laser, efek kilat, koreografi air mancur, efek kembang api, dan piroteknik.

"Momentous" dipersembahkan dalam enam bagian yang membuat para penonton menjelajahi kisah Disney klasik, karakter terkenal, dan melodi khas yang diaransemen ulang. Pertunjukan yang dipersiapkan selama lima tahun ini terdiri dari TIME BEGINS, TIME OF YOUR LIFE, TIME FOR CHANGE, TIME STANDS STILL, TEST OF TIME, dan TIME TO REMEMBER.

Tidak ketinggalan, "Momentous" ditutup dengan LIVE THE MOMENT, LOVE THE MEMORY sebagai "penghargaan untuk semua tahap kehidupan dan emosi yang menyertainya."


6 Bagian Pertunjukan

Hong Kong Disneyland
Pertunjukan "Momentous" di Hong Kong Disneyland, 17 Februari 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Bagian pertama, TIME BEGINS, dimulai dengan adegan yang menggambarkan fajar. Langit pagi diselimuti awan putih yang mengintip dari balik Castle of Magical Dreams yang dalam beberapa detik, berubah jadi menara jam nan menawan.

Sementara efek laser, kembang api, dan musik diputar sebagai latar belakang, adegan dari sejumlah animasi Disney dan Pixar berkedip melintasi air mancur. "Adegan-adegan ini tidak hanya merayakan saat-saat awal kehidupan yang menyenangkan, tapi juga memunculkan inner child kita dan harapan untuk masa depan," sebut pihaknya.

Kemudian, TIME OF YOUR LIFE memperlihatkan karakter Disney dan Pixar favorit Anda merayakan kegembiraan masa muda mereka. Di antara mereka, ada Peter Pan, Wendy, dan saudara laki-lakinya bermain-main di Neverland, sementara Anna dan Elsa dari Frozen membuat boneka salju di dunia es Arendelle, dan Simba kecil di Lion's King sedang belajar jadi raja di Pride Lands.

Pertunjukan berlanjut ke TIME OF CHANGE, di mana para karakter Disney siap memasuki halaman baru di hidup mereka: menjadi dewasa. Penonton akan menyaksikan Moana berlayar ke lautan untuk menemukan jati dirinya, Judy dari Zootopia berjuang untuk sukses, dan Hercules menemukan kekuatan rahasianya.


Aksi Para Penjahat Disney

Hong Kong Disneyland
Pertunjukan "Momentous" di Hong Kong Disneyland, 17 Februari 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Bersambung ke bagian ke-4, TIME STANDS STILL. Efek visualnya memperlihatkan matahari terbenam yang menawan dan rona hangatnya yang menciptakan suasana romantis untuk "momen ajaib."

Setiap penonton diajak "membekukan kenangan indah mereka akan momen manis dalam cinta." Dalam bagian ini, para penonton menyaksikan kisah cinta yang menghangatkan hati dari banyak pasangan Disney.

Berlanjut ke TEST OF TIME, yang visualnya merupakan bagian pertunjukan favorit saya. Saat bagian ini terungkap, kekuatan gelap dilepaskan para penjahat Disney yang berusaha keras mencegah karakter Disney lain mengejar impian mereka.

Dimulai dengan Kaa dari The Jungle Book yang "merayap" menuruni kastil dan menghipnotis orang dengan matanya yang memesona. Dr. Facilier dari The Princess and the frog kemudian memanggil para penjahat Disney dengan sihir voodoo dan musik gelapnya.

Para penonton juga akan melihat sederet adegan klasik karakter Ariel dan Usula; serta Putri Salju yang menggigit apel beracun. Musik penuh intrik dan efek api menyala-nyala di balik kastil menambah ketegangan bagian ini, hingga akhirnya TIME TO REMEMBER terungkap.


Akhir Momentous

Hong Kong Disneyland
Pertunjukan "Follow Your Dreams" di depan Castle of Magical Dreams di Hong Kong Disneyland, 17 Februari 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Menggambarkan berlalunya masa-masa gelap, TIME TO REMEMBER berisi visual penuh warna yang ingin melibatkan penonton secara emosional dalam beberapa kisah Disney, "mengingatkan kita untuk bersyukur atas apa yang ditawarkan kehidupan," sebut pihaknya.

Yang paling berkesan dan membuat saya tercekat adalah di bagian akhir, saat Miguel memainkan lagu Remember Me untuk nenek buyutnya, Coco, memberikan karakter ini akhir yang paling hangat. Pertunjukan akhirnya ditutup dengan LIVE THE MOMENT, LOVE THE MEMORY.

Sebagai penutup, adegan perayaan dari berbagai cerita diproyeksikan ke Castle of Magical Dreams dengan efek khusus, termasuk kembang api, laser, air mancur, dan projection mapping. Adegan itu disertai lagu Disney yang baru, Love The Memory.

Pertunjukan berakhir dengan sorak-sorai dan riuh tepuk tangan dari para penonton. Pertunjukan malam ini digelar setiap empat sampai lima kali dalam seminggu. Pastikan Anda mengecek jadwalnya dahulu di situs web maupun aplikasi Hong Kong Disneyland.

Sementara "Momentous" terlalu berkesan, ada juga pertunjukan sore hari bertajuk "Follow Your Dreams." Juga berdurasi 20 menit, pertunjukan musikal ini menampilkan tidak hanya lagu Disney, tapi juga beberapa lagu terkenal yang diaransemen ulang untuk memberikan pengalaman yang belum pernah dipersembahkan sebelumnya, menampilkan beragam musik, mulai dari electronic dance, hingga K-pop.

Di samping itu, jangan sampai Anda kelewatan menjajal wahana Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars untuk menikmati kejutan di tengah perjalanan roller coaster yang mendebarkan.

 

Infografis Destinasi Wisata Urban
Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya