Senyum Syabda Perkasa Belawa di Podium Juara Terakhir Sebelum Meninggal Dunia

Pebulu tangkis Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada Senin (20/3/2023).

oleh Putu Elmira diperbarui 20 Mar 2023, 15:02 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 15:02 WIB
Syabda Perkasa Belawa
Pebulu tangkis Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada Senin (20/3/2023). (Tangkapan Layar Instagram/syabdaperkasa)

Liputan6.com, Jakarta - Awan duka tengah menyelimuti dunia bulu tangkis Indonesia. Salah satu atlet muda berbakat, Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan yang terjadi pada hari ini, Senin (20/3/2023).

Kabar kepergian Syabda disampaikan oleh mantan pemain nasional bulu tangkis Indonesia Yuni Kartika melalui akun Twitter pribadinya. Unggahan tersebut turut disertakan potretnya bersama Syabda Perkasa Belawa semasa hidup.

"Telah Meninggal Dunia, Syabda Perkasa Belawa. Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen utk berziarah krn neneknya meninggal dunia. Selamat Jalan Syabda, You will be missed," tulisnya pada Senin (20/3/2023).

Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) juga menyampaikan ungkapan duka melalui unggahan di akun Instagram resmi. Turut dibagikan pula potret Syabda berbalut nuansa hitam putih.

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) dalam kecelakaan di tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3) dini hari. Mohon doa semoga arwahnya husnul khatimah dan diterima di tempat terbaik di sisi Allah," bunyi keterangan tersebut.

PBSI melanjutkan, "Perginya Syabda Perkasa Belawa meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, rekan-rekan, dan seluruh masyarakat olahraga Indonesia. Selamat jalan, atlet tangguh. Prestasi dan pengorbananmu akan selalu dikenang."

Dikutip dari News Liputan6.com, kabar yang beredar bahwa kecelakaan dialami oleh keluarga Syabda Perkasa Belawa saat dalam perjalanan menuju Sragen. Kakak dan ayah Syabda dikabarkan mengalami luka ringan akibat kecelakaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Podium Juara Terakhir

Syabda Perkasa Belawa
Syabda Perkasa Belawa dikabarkan meninggal dunia karena kecelakaan dalam perjalanan ziarah ke makam sang nenek. (Foto: Instagram @syabdaperkasa)

Syabda Perkasa Belawa adalah atlet muda yang telah lama bergabung di Pelatnas PBSI. Syabda menjadi salah satu atlet tunggal putra yang menjanjikan.

Salah satu kemenangan Syabda dan juga menjadi podium juara terakhirnya adalah menjuarai Iran Fajr International Challenge 2023. Pertandingan ini berlangsung pada 31 Januari--5 Februari 2023 lalu.

Syabda pun berbagi rasa gembiranya melalui akun Instagram pribadi. Ia tampak tersenyum duduk di podium juara sembari memegang buket bunga dan piagam kemenangan.

Ia berfoto dengan latar gelaran yang tertulis "The 31 st Fajr Badminton International Challenge". Syabda pun mengucap syukur atas kemenangannya tersebut.

"Alhamdulillah, Terimakasih buat yang mendukung dan selalu mendoakan baik. Terimakasih juga keluarga besar @indonesiaintehran dan Pak Dubes yang sudah banyak membantu dan selalu datang mendukung tim Indonesia bertanding. keep moving forward, let's go!" tulis Syabda dalam unggaha pada 7 Februari 2023 lalu.

Kemenangan Syabda kala itu setelah dirinya berhasil menaklukkan lawan Justin Hoh dari Malaysia. Pertandingan berjalan tiga set dengan skor 18–21, 21–12, 22–20.


Pahlawan Indonesia di Thomas Cup 2022

Syabda Perkasa Belawa
Syabda Perkasa Belawa. (Dok PBSI)

Dikutip dari Bola Liputan6.com, Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan Indonesia pada laga Grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Rabu, 10 Mei 2022. Dia membawa tim bulu tangkis putra mengalahkan Korea Selatan 3-2.

Tim Indonesia sempat terdesak karena kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan gado-gado Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus mengakui keunggulan lawan.

Sang juara bertahan kemudian menyamakan kedudukan melalui Shesar Hiren Rhustavito dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sorotan kemudian tertuju kepada Syabda. Didapuk sebagai tunggal putra ketika karena Jonatan Christie diistirahatkan, nasib Indonesia berada di pundaknya. Kekalahan akan membuat tim kehilangan status juara grup, yang berarti terancam langsung bertemu lawan kuat di perdelapan final Thomas Cup 2022.

Namun, Syabda menunjukkan potensi dan karakter. Pemain berusia 20 tahun itu menunjukkannya saat memenangkan gim pertama dan ketiga.

Pada gim pertama, Syabda defisit 6-10. Dia lalu merebut 11 poin beruntun untuk memutar keadaa. Di gim penentu, kembali tercecer 7-12. Tapi dia lagi-lagi meraih sembilan angka berturut-turut sebelum akhirnya membawa tim meraih kemenangan 21-14, 11-21, 21-16.


Profil Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa
Syabda Perkasa Belawa. (Istimewa)

Syabda lahir di Jakarta dan menimba ilmu bulu tangkis bersama PB Djarum. Bergabung pada 2013, dia menorehkan berbagai prestasi bagi klub berbasis Kudus tersebut.

Salah satu prestasi Syabda Perkasa adalah menjadi juara turnamen Jakarta Junior International Series 2019 (tunggal putra U19). Dia lalu membawa pulang medali perak PON XX Papua 2021 (tunggal putra). Saat ini Syabda menempati peringkat 636 BWF.

Melawan Korea Selatan di Piala Thomas, Syabda mengaku tidak membayangkan akan menjadi atlet penentu. Dia sebelumnya merasa Indonesia sudah bakal memastikan kemenangan terlebih dahulu.

"Tadi pagi saat joging dengan Kak Ginting (Anthony Sinisuka Ginting), dia tanya kalau misalnya Indonesia imbang dua sama bagaimana? Saya sama sekali tidak menjawab dan tertawa saja, karena saya pikir pasti bisa diurus oleh senior yang lebih dulu tampil," ceritanya. 

"Ya bagaimana lagi, karena saya diturunkan pada partai terakhir jadi harus bertanggung jawab di lapangan. Saya harus kasih yang terbaik," ungkap Syabda. 

 

Profil

Nama: Syabda Perkasa Belawa

Tempat lahir: Jakarta, Indonesia

Tanggal lahir: 25 Agustus 2001

Sektor: Tunggal putra

Tangan dominan: Kanan

Klub: PB Djarum.

 

Infografis Dominasi Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Dominasi Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya