J-Hope BTS Segera Wajib Militer, Simak Pernyataan Resmi HYBE

Agensi yang menaungi BTS, HYBE, merilis pernyataan resmi terkait dengan wajib militer J-Hope BTS.

oleh Putu Elmira diperbarui 02 Apr 2023, 13:01 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2023, 13:01 WIB
J-Hope BTS
J-Hope BTS berpose dalam press conference album baru BTS, ’BE (Deluxe Edition)’, di Seoul pada 20 November 20202. (AFP/Jung Yeon-je)

Liputan6.com, Jakarta - J-Hope BTS bakal segera menjalankan wajib militer. Kabar tersebut disampaikan melalui agensi yang menaungi J-Hope BTS, HYBE, dalam sebuah pernyataan resmi yang dibagikan pada Sabtu, 1 April 2023.

Dikutip dari Koreaboo, Minggu (2/4/2023), penggemar telah lama mengetahui bahwa J-Hope BTS akan menjadi personel BTS berikutnya yang akan wajib militer setelah Jin. HYBE membagikan pernyataan resmi melalui Weverse.

Pernyataan resmi HYBE soal wajib militer J-Hope disampaikan dengan bahasa Inggris. Selain itu, keterangan ini juga diungkapkan dalam bahasa Korea dan Mandarin.

"Halo. Ini BIGHIT MUSIC. Kami berterima kasih kepada semua penggemar atas dukungan Anda yang berkelanjutan untuk BTS dan ingin mengabari Anda tentang pendaftaran wajib militer j-hope yang akan datang," bunyi keterangan pada awal pernyataan.

Pihak HYBE menjelaskan bahwa J-Hope akan memenuhi tugas wajib militernya dengan mendaftar. "Harap dicatat bahwa tidak akan ada acara resmi pada hari masuknya," lanjut mereka.

"Upacara masuk (wajib militer) adalah waktu untuk diamati oleh personel militer dan keluarganya saja. Untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi dari crowding, penggemar disarankan untuk tidak mengunjungi tempat tersebut. Sebaliknya, kami meminta Anda untuk menyimpan kata-kata dukungan dan perpisahan yang menghangatkan hati di hati Anda," jelas HYBE.

Selain soal J-Hope wajib militer, HYBE melanjutkan, "Kami juga menyarankan Anda untuk tidak terpengaruh secara negatif dengan membeli tur tidak resmi atau paket produk yang menggunakan IP artis secara ilegal."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HYBE Minta Privasi untuk J-Hope

J-Hope BTS (Big Hit Entertainment via Somopi)
J-Hope BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)

Pihaknya menegaskan perusahaan mereka akan bertindak tegas terhadap setiap upaya aktivitas komersial yang menggunakan IP tersebut secara tidak sah. Pihaknya juga meminta dukungan tiada henti dari penggemar.

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk j-hope sampai dia menyelesaikan dinas militernya dan kembali. Perusahaan kami juga akan berusaha memberikan semua dukungan yang dia butuhkan selama ini. Terima kasih," tutup HYBE.

Mengikuti instruksi perusahaan, penggemar tidak boleh menghadiri upacara pelepasan. Wajib militer yang tenang diinginkan dan penggemar diminta untuk menghargai itu.

Sebelumnya, agensi telah mengindikasikan bahwa mereka tidak akan dapat memberi tahu penggemar tanggal pasti J-Hope wajib militer. Namun, J-Hope sedang bersiap untuk berangkat wajib militer.

Personel BTS lainnya melepas Jin mengikuti wajib militer pada 13 Desember 2022 lalu. Setelah bertahun-tahun mengalami ketidakpastian, pada Oktober 2022 lalu BTS akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menjalani wajib militer. Jin adalah member pertama yang telah menjalani kewajiban tersebut.


Rilis Proyek Solo

Jin BTS Unggah Foto Diapit Jimin dan J-Hope, Raih Lebih dari 1 Juta Likes dalam 30 Menit
Jin BTS berfoto bersama dengan Jimin dan J-Hope. (dok. Instagram @jin/https://www.instagram.com/p/CpW0CpzhZyS/?hl=en/Dinny Mutiah)

Sebelum menjalani wajib militer, para personel BTS berencana untuk merilis proyek solo. Setelah seluruh member selesai menjalankan kewajibannya, BTS diperkirakan akan comeback sebagai grup pada 2025.

Dikutip dari Citizen Liputan6.com, Jin BTS dan Coldplay kembali bekerja sama setelah lagu kolaborasi 'My Universe' oleh BTS yang dirilis pada September tahun lalu. Pada pukul 13.00 waktu Korea Selatan, Jumat 28 Oktober 2022, klip video The Astronaut milik Jin dirilis.

Direkam di Amerika Serikat, video musik ini menonjolkan kepribadian Jin BTS yang berbeda dari sebelumnya. The Astronaut adalah lagu dengan harmonisasi gitar akustik tenang, bergenre Pop Rock dan ada suara synth yang bertahap meningkat. 

Selain itu, J-Hope juga resmi merilis single sekaligus MV teranyarnya berjudul On The Street, pada Jumat, 3 Maret 2023, pukul 2 siang KST atau pukul 12 WIB. Single ini merupakan projek kolaborasi J-Hope dengan J-Cole.

Media Korea melaporkan bahwa dalam projek kolaborasi ini, J-Hope BTS ikut menyusun dan menulis single terbarunya tersebut. Ia juga turut mendesain tulisan "On The Street" feat J-Cole, yang ada dalam MV yang dirilis.


J-Hope BTS Didapuk Jadi Duta Merek Louis Vuitton

J-Hope BTS
J-Hope BTS ditunjuk jadi duta merek Louis Vuitton. (dok. Instagram @louisvuitton/https://www.instagram.com/p/CpCaMhjNPAG/)

J-Hope BTS resmi didapuk sebagai duta merek Louis Vuitton pada Jumat, 24 Februari 2023. Kabar tersebut tidak terlalu mengejutkan para penggemar karena mereka sudah menebaknya ketika pemilik nama asli Jung Hoseok ini menghadiri peragaan busana pria rumah mode itu di gelaran Paris Fashion Week 2023.

Melansir WWD, penunjukan ini menandai semacam kepulangan bagi rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser tersebut. Pasalnya, BTS secara kolektif pernah menjadi duta merek LV pada April 2021. Dengan grup yang hiatus, para personelnya telah menandatangani kesepakatan individu dengan rumah mode saat mereka fokus pada proyek solo dan bersiap menyelesaikan wajib militer.

Menggambarkan BTS sebagai "ikon pop abad ke-21," Louis Vuitton mengatakan, J-Hope "membawa pesona dan gayanya yang unik ke babak baru yang menarik bersama sang maison." Film dokumenter Disney+ baru, J-Hope in the Box, berada di balik layar album solo debutnya Jack in the Box dan penampilan utamanya di Lollapalooza musim panas lalu.


Alasan Louis Vuitton Gandeng J-Hope

J-Hope BTS (Foto: Instagram/@uarmyhope)
J-Hope BTS (Foto: Instagram/@uarmyhope)

"Ia dicintai para penggemar di seluruh dunia karena energinya yang ceria, koreografi yang tepat, dan arahan musik yang kreatif," kata LV dalam sebuah pernyataan. "Dengan penampilan positif di dalam dan di luar panggung, J-Hope terus mendorong batasan artistik dan menginspirasi penonton internasional."

Grup tujuh anggota, yang terdiri dari RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, mengenakan setelan LV khusus ketika menghadiri Grammy 2022, dengan J-Hope memilih setelan putih dengan sepatu kets yang serasi. Untuk tahun ketiga berturut-turut, grup ini dinominasikan untuk Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik pada penghargaan 2023 untuk kolaborasi hit Coldplay mereka My Universe.

BTS berada di nomor dua di Global Recording Artist Chart untuk tahun 2022 menurut IFPI, organisasi yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia. Ini menandai tahun ketiga berturut-turut mereka di tiga besar, menyusul kemenangan beruntun pada 2020 dan 2021.

Pengaruh bintang K-pop terus berkembang, sebagaimana dibuktikan umpan balik dari pekan mode pria terbaru di Paris dan Milan, kata perusahaan data Launchmetrics dalam laporan baru-baru ini. "Secara keseluruhan, merek berfokus untuk memperkuat suara mereka di pasar APAC," katanya.

Mereka menyambung, "Lebih khusus lagi, sejalan dengan merek-merek yang memasuki zeitgeist budaya dan mencari pengaruh global, kami mencatat Korea Selatan menjadi fokus dominan selama dua minggu tersebut."

J-Hope bergabung dengan daftar duta merek LV yang juga termasuk Jackson Wang, Bradley Cooper, dan Tahar Rahim. Rekan satu grupnya, Jimin, telah lebih dulu menandatangani kontrak dengan Dior, sementara Suga adalah duta merek untuk Valentino.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya