Chef Arnold Poernomo Bertanggung Jawab Siapkan Sajian Para Delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Chef Arnold Poernomo bukan pertama kali menangani sajian spesial untuk para delegasi di ajang internasional. Ia sebelumnya juga ditunjuk menyiapkan hidangan gala dinner bagi para kepala negara di gala dinner KTT G20 2022.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 06 Mei 2023, 15:15 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 15:15 WIB
Chef Arnold Disidak Jokowi
Momen Chef Arnold Disidak Jokowi Sambut KTT ASEAN 2023 (Sumber: Instaram/arnoldpo)

Liputan6.com, Jakarta - KTT ASEAN 2023 sebentar lagi dijelang. Beragam aspek jadi perhatian, termasuk menyiapkan sederet sajian spesial untuk para delegasi yang hadir di Labuan Bajo. Tugas itu ternyata diserahkan kepada Chef Arnold Poernomo dan timnya.

Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Noviyanti mengungkapkan bahwa aneka hidangan laut akan menjadi suguhan bagi para delegasi ASEAN Summit. Ia menjelaskan bahwa hidangan tersebut mendominasi sajian karena merepresentasikan Labuan Bajo sebagai destinasi yang terkenal dengan keunikan sumber daya maritim.

"Hidangan laut akan diolah Chef Arnold Poernomo bersama timnya," ujar Novi dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk 'Kesiapan KTT ke- 42 ASEAN 2023 Labuan Bajo' di Jakarta, Jumat, 5 Mei 2023, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Selama jamuan, panitia juga akan menyiapkan hiburan bagi para delegasi. Namun, ia tak menjelaskan detail. "Masih kami rahasiakan karena akan menjadi surprise factor," ujarnya. Chef Arnold juga diketahui ditunjuka menangani hidangan untuk para kepala negara di malam Gala Diner KTT G20 pada November 2022.

Ia menambahkan bahwa panitia nasional juga akan menggelar program SME's Hub yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Tersedia 50 stan pameran di berbagai titik kegiatan rangkaian KTT ke-42 ASEAN dengan 10 stan di antaranya menjajakan makanan. Sisanya menawarkan aneka produk kerajinan tangan khas daerah. 

"Kalau cendera mata khusus untuk delegasi, isinya ada syal tenun dan batik. Pokoknya yang menggambarkan Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap semua elemen bisa menyukseskan kegiatan ini," ia menjelaskan.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Manggarai Barat Theresia Asmon mengatakan bahwa pihaknya memilih 10 pelaku UMKM terbaik untuk memamerkan produknya di Hotel Meruorah yang menjadi venue utama penyelenggaraan KTT ASEAN. Mereka akan menjajakan hasil kerajinan tangan berupa kain tenun, pakaian, dan aksesori, selain makanan dan minuman.

"Tidak hanya dari Manggarai Barat, tapi NTT dan lainnya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Agar UMKM Makin Naik Kelas

Chef Arnold Poernomo Bertanggung Jawab Siapkan Sajian Para Delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo
Pameran UMKM di sela-sela kegiatan KTT ASEAN 2023. (dok. Foto: ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Theresia menjelaskan bahwa para pengusaha itu sudah berpengalaman mengikuti acara tingkat internasional sehingga kualitas dari produknya sudah terjamin. Menurut dia, kehadiran acara internasional akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri para pelaku usaha dan perajin untuk meningkatkan kualitas produknya.

"UMKM yang lain yang enggak berkesempatan tampil di KTT, bisa gabung di side event yang lain, kan ada juga event yang lain," kata Theresia.

Ia menyatakan KTT ASEAN 2023 secara tidak langsung memberikan promosi gratis kepada UMKM untuk menunjukkan produk-produknya kepada masyarakat dunia. Ia pun menyampaikan, dukungan dari pemerintah dalam memfasilitasi UMKM mampu memberikan semangat dan optimistis pelaku usaha untuk naik kelas.

"Ini jadi momentum yang berharga dan bisa membuka banyak event internasional lain di Labuan Bajo. Ke depan kita harus lebih bersemangat karena akan lebih banyak lagi kejutan event buat Labuan Bajo," ujar Theresia.

Noviyanti menambahkan bahwa pihaknya juga menyiapkan media center yang berkapasitas 300an orang untuk mendukung publikasi KTT ASEAN dengan baik. Tempat itu dilengkapi dengan studio mini, koneksi internet, dan sokongan listrik. 

"Kami juga siapkan logistik makanan yang bisa dinikmati kapan saja serta gratis. Harapan kami berita-berita yang muncul dari Labuan Bajo bisa mendukung wilayah itu sebagai destinasi wisata andalan Indonesia," sambung dia.


Rangkaian Agenda KTT ASEAN 2023

Hotel Ayana Komodo akan menjadi tempat acara "Welcoming Dinner" bagi para delegasi KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT. (Liputan6/Benedikta Miranti)
Hotel Ayana Komodo akan menjadi tempat acara "Welcoming Dinner" bagi para delegasi KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT. (Liputan6/Benedikta Miranti)

Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan KTT ASEAN sudah mencapai 90 persen. Sisanya akan dirampungkan menjelang pelaksanaan, seperti mempercantik tempat penyelenggaraan dengan aneka bunga.

"Memang kita sudah berpengalaman menyelenggarakan KTT G20 tahun lalu. Tapi, tiap KTT memiliki tantangan yang berbeda-beda dan kali ini, kita sangat memperhatikan setiap detilnya melalui berbagai gladi sehingga hasilnya bisa sesuai harapan," ucapnya.

Panitia nasional, tuturnya, sudah menyiapkan program tentatif sejak 6 Mei 2023 saat para delegasi Community Permanent Representative ASEAN berdatangan. Sehari sesudahnya, beberapa pertemuan sudah pula mulai digelar di kawasan Tana Mori, 30 menit perjalanan dari Labuan Bajo.

Masih di tempat yang sama, pada 8 Mei 2023, akan digelar pertemuan ASEAN Senior Officials Meeting (SOM). Sehari kemudian, para pimpinan negara anggota ASEAN mulai berdatangan. Total ada 13 pemimpin yang akan hadir. Pada 9 Mei 2023, agenda dilanjutkan dengan pertemuan para menteri luar negeri anggota ASEAN. Sehari sesudahnya, yakni pada 10 Mei 2023, akan digelar KTT.

"Kita sudah siapkan opening plenary, dan berbagai pertemuan level task force. Lalu setelah meeting selesai, para pemimpin akan berlayar ke Pulau Bidadari kemudian mereka akan menikmati hidangan makan malam di Ayana. Pada 11 Mei juga akan ada beberapa pertemuan yang kita fasilitasi," jelasnya.


Siapkan Hotel Apung untuk Panitia

KTT ASEAN 2023 Momentum Naikkan Pamor Wisata Labuan Bajo, Siapkan Pasar Rakyat hingga Tourism Information Center
Ilustrasi kapal wisata di Labuan Bajo. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

Setya mengakui bahwa ketersediaan hotel bintang 4 dan 5 terbatas di Labuan Bajo. Karena itu, pihaknya memprioritaskan kapasitas yang ada untuk delegasi dan jurnalis asing. Sementara, para panitia dialihkan lokasi menginapnya ke hotel apung di atas KM Sinabung milik PT Pelni (persero). Kapal tersebut memiliki 500 kamar kabin serta koneksi internet dan restoran.

"Berdasarkan data, jumlah delegasi adalah 821 orang dan media ada 366 orang. Kita berikan layanan terbaik dan harus sukses serta akuntabilitas. KTT ASEAN ini harus menghasilkan sesuatu untuk Indonesia dan tamu undangan juga puas. Mudah-mudahan cuaca mendukung dan kerja sama kita kian kompak dari hari ke hari," ucapnya.

Sementara, ementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan HelpDesk dan Tourism Information Center (TIC) di 10 titik di Labuan Bajo selama penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kesepuluh titik itu tersebar di delapan hotel official dan di bandara.

Keberadaan Tourist Information Center dan Helpdesk bertujuan membantu penyebaran informasi wisata di Labuan Bajo dan aktivitas yang berlangsung sepanjang ASEAN Summit 2023. KTT ASEAN 2023 akan berlangsung pada 9--11 Mei 2023.

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah menyeleksi 20 petugas yang akan berjaga di 10 titik tersebut. Para liaison officer itu akan mengenakan pakaian adat untuk menunjukkan kekayaan budaya daerah.

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya