Kate Middleton di Antara 2 Pilihan Warna untuk Trooping the Colour Pertama Setelah Penobatan Raja Charles III

Kate Middleton disebut "sudah sangat terbiasa menghadiri Trooping the Colour." Tapi, tahun ini akan jadi sangat penting dan istimewa.

oleh Asnida Riani diperbarui 22 Jun 2023, 15:06 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 18:00 WIB
Kate Middleton
Kate Middleton berpose untuk foto Mess Perwira dan Sersan selama kunjungan mereka ke Batalyon 1 Pengawal Irlandia untuk Parade Hari St Patrick mereka, di Mons Barracks di Aldershot, barat daya London, pada 17 Maret 2023. (CHRIS JACKSON / POOL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Trooping the Colour alias pawai ulang tahun Raja Inggris yang akan berlangsung besok, Sabtu, 17 Juni 2023, diperkirakan akan sangat berbeda. Prediksi atas penyelenggaraannya pun disuarakan pengamat kerajaan, termasuk tentang busana yang akan dipakai Kate Middleton di acara tersebut.

"Putri Wales sudah sangat terbiasa menghadiri Trooping the Colour. Tapi, tahun ini akan jadi sangat penting dan istimewa," kata sejarawan dan komentator kerajaan Mok O'Keeffe pada Express, dilansir dari Marie Claire, Jumat (16/6/2023).

"Ini pertama kali terselenggara dengan ayah mertuanya bertitel sebagai Raja dan yang pertama di mana ia akan hadir sebagai Kolonel Pengawal Irlandia," sambung O'Keeffe. "Dulu, peran ini dipegang suaminya, Pangeran William, yang menghadiri acara tersebut dengan seragam militer."

"Putri Wales tidak mungkin mengenakan seragam, karena ia tidak pernah bertugas, tapi pakaiannya akan mencerminkan pentingnya peran barunya," ia menambahkan. O'Keeffe melanjutkan dengan merujuk keterlibatan Kate baru-baru ini dalam agenda Pengawal Irlandia.

Saat itu, ibu tiga anak tersebut mengenakan ansambel biru-hijau ke Parade Hari St. Patrick di Aldershot, Inggris. "Ia sebelumnya mengenakan pakaian hijau dan ini mungkin pilihan yang cocok (untuk busana Trooping the Colour 2023)," pakar itu berhipotesis.

"Ia juga menyukai banyak warna biru akhir-akhir ini. Namun, dalam cuaca panas ini, Kate mungkin memilih warna yang lebih terang," imbuhnya tentang prediksi busana Kate Middleton di Trooping the Colour 2023.

 


Tidak Pakai Busana Berwarna Menonjol

Kate Middleton, 9 Mei 2023. (Jonathan Brady/Pool via AP)
Kate Middleton, 9 Mei 2023. (Jonathan Brady/Pool via AP)

O'Keeffe menyambung, "Kemungkinan besar, busananya tidak akan berwarna menonjol, seperti kuning atau merah muda. karena ia (Kate Middleton) tidak ingin mengalihkan sorotan dari suaminya atau ibu mertuanya Ratu Camilla."

Sementara, Pangeran Harry dan Meghan Markle dilaporkan tidak diundang ke Trooping the Colour 2023, menurut sebuah laporan. Padahal sebelumnya, Harry tidak pernah dikeluarkan dari acara tradisional Kerajaan Inggris tersebut.

"Saya khawatir itu adalah cerminan dari keadaan hubungan mereka saat ini," kata seorang sumber pada Daily Mail, dirangkum dari NY Post, 12 Juni 2023. Parade ulang tahun publik tahun ini penting karena merupakan yang pertama sejak Charles naik takhta.

Acara seremonial telah memperingati hari lahir Penguasa Inggris selama lebih dari 260 tahun. Harry dan Meghan menghadiri Trooping the Colour tahun lalu, yang merupakan bagian dari akhir pekan perayaan platinum Ratu Elizabeth II. Namun, mereka tidak berada di balkon Istana Buckingham bersama bangsawan Inggris lain.


Trooping the Colour 2023

20170617-Kate Middleton di Parade Kerajaan-AFP
Keluarga kerajaan Inggris menyaksikan Trooping the Colour Parade di balkon Istana Buckhingham, London, Sabtu (17/6). Trooping the Colour Parade adalah acara tahunan untuk merayakan hari resmi ulang tahun Ratu Elizabeth. (CHRIS J RATCLIFFE / AFP)

Menurut Angkatan Darat Inggris, upacara penyerahan bendera resimen militer, yang disebut "colours," diyakini pertama kali dilakukan pada masa pemerintahan Raja Charles II, yang memerintah dari 1660 hingga 1685. Parade tersebut pertama kali secara resmi dikaitkan dengan ulang tahun raja pada masa pemerintahan Raja George II pada 1748. Ada alasan praktis acara tersebut tidak dirayakan pada tanggal lahir raja yang sebenarnya.

"Ulang tahun di bulan November terlalu dingin untuk parade perayaan. Ia akhirnya mengikat perayaannya dengan parade militer Trooping the Colour tahunan," kata Royal Museums Greenwich, menurut People.

Trooping the Colour mendapat tempat permanen di kalender kerajaan tahunan setelah aksesi cucunya Raja George III pada 1760 dan terus berlanjut sejak saat itu. Prosesi militer ini biasanya diadakan pada bulan Juni dan berfungsi sebagai hari ulang tahun resmi untuk Raja atau Ratu yang berkuasa, terlepas dari kapan ulang tahun mereka yang sebenarnya.

Pada Sabtu, 17 Juni 2023, 1.500 tentara, 300 kuda, dan 400 musisi akan berkumpul menampilkan patriotik presisi militer, menunggang kuda, dan kemeriahan perayaan secara keseluruhan. Anggota keluarga Kerajaan Inggris melakukan perjalanan dengan kereta kuda atau menunggang kuda dari Istana Buckingham dan menyusuri The Mall ke Horse Guard's Parade di St. James Park.

 


Menanti Aksi Menggemaskan Pangeran Louis, Putri Charlotte, dan Pangeran George

Pangeran Louis, Putri Charlotte, dan Pangeran George
Pangeran Louis, Putri Charlotte, dan Pangeran George bereaksi ketika mereka menonton flypast khusus dari balkon Istana Buckingham setelah Parade Ulang Tahun Ratu, Trooping the Colour, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun platinum Ratu Elizabeth II, di London pada 2 Juni 2022. (DANIEL LEAL / AFP)

Di sana, Raja Charles III akan menerima penghormatan kerajaan dan memeriksa pasukan yang mewakili Regiments of the Household Division, mengenakan seragam seremonial tunik merah dan topi kulit beruang. Band militer akan tampil dan Perwira Komando Parade akan mengeluarkan kata-kata perintah untuk mengarahkan tentara.

Setelah Foot Guard berbaris melewati raja, Raja Charles akan memimpin prosesi kembali ke Istana Buckingham dan memberi hormat lagi dari mimbar, menurut situs web keluarga kerajaan. Charles kemudian akan memimpin anggota keluarga Kerajaan Inggris keluar ke balkon Istana Buckingham untuk acara terakhir dan sesi foto paling ikonis hari itu.

Di momen itu, Royal Air Force akan terbang melakukan flypast berwarna-warni. Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis kemungkinan besar akan membuat penampilan yang menggemaskan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sekitar waktu yang sama, salut 41 senjata akan ditembakkan di Green Park terdekat. Para simpatisan biasanya memadati jalan-jalan yang dipenuhi Union Jack untuk melihat sekilas keluarga kerajaan dan arak-arakan yang spektakuler.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya