Cak Imin Didukung dengan Sebutan Maknae on Top Saat Debat Cawapres, Apa Itu?

Sebutan "maknae on top" diungkap pendukung Anies-Cak Imin, yang juga merupakan penggemar K-pop.

oleh Asnida Riani diperbarui 22 Jan 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2024, 12:00 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Muhaimin Iskandar Alias Cak Imin
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Muhaimin Iskandar Alias Cak Imin di debat Cawapres, Minggu (21/1/2024). (Sumber foto: tangkapan layar di akun Youtube KPU).

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, jadi salah satu yang mengambil tempat di panggung Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam, 21 Januari 2024. Dukungan untuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun disuarakan dengan sebutan, "maknae on top," apa itu?

Istilah itu ramai ditulis di X, sebelumnya Twitter, oleh para pendukung calon presiden (capres) dan cawapres nomor urut 01, yang juga merupakan penggemar K-pop. Menyertakan tagar #MaknaeOnTop_4thDebate, ragam seruan dukungan diungkap di jagat maya.

Ini sebenarnya perpanjangan dukungan pada pasangan Anies-Cak Imin dalam nuansa kultur fangirling maupun fanboying pada idol K-pop, yang dalam konteks ini dilakukan tanpa melibatkan grup mana pun. "Maknae" sendiri merujuk pada sebutan personel termuda dalam grup K-pop maupun budaya Korea Selatan pada umumnya.

Melansir Koreaboo, Senin (22/1/2024), personel termuda ini biasanya "terlalu dicintai dan dimanjakan" member lebih tua maupun penggemar, hingga akhirnya ia mendapat titel "maknae on top." Kendati demikian, di antara dua pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Cak Imin sebenarnya lebih tua tiga tahun dari Anies.

Namun, menurut sejumlah penggemar, energi Imin di sederet video yang viral di dunia maya menyiratkan kelakukan anak termuda dalam grup. Ia kedapatan heboh sendiri di sejumlah kesempatan, sementara mantan Gubernur DKI Jakarta itu tetap tenang sambil terus tersenyum melihat kelakukan rekannya.

Karena itu, beberapa juga memanggil pasangan cawapres Anies Baswedan ini dengan sapaan "fake maknae," yakni sebutan orang lebih tua dalam grup, tapi berkelakuan "tidak bisa diam" layaknya personel termuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan Cak Imin di Debat Cawapres

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Sebelum Debat Capres-Cawapres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rekaman lain dari Debat Cawapres Minggu malam yang jadi sorotan adalah momen Anies Baswedan memeluk Cak Imin saat acara selesai. Salah satu warganet berkelakar, "Anies hugging Cak Imin and congratulating him after winning first place at Inkigayo (acara musik Korea) today (Anies memeluk cak imin dan memberikan ucapan selamat setelah meraih juara pertama Inkigayo hari ini)."

"Kenapa pelukannya sampe segala lompat muter-muter kek Teletubbies sih. Fake maknae energy emang beda," sahut pengguna berbeda.

Sementara itu selama debat, Cak Imin berbicara soal pembangunan berkelanjutan, krisis iklim, dan program subsidi bagi kelompok rentan, rangkum Tim Bisnis per Minggu, 21 Januari 2024. Hal ini disampaikan pada sesi pernyataan pamungkas dalam Debat Cawapres 2024.

Cak Imin menjelaskan, poin penting pembangunan berkelanjutan adalah tidak ada pihak yang ditinggalkan dalam pengembangan nasional. Ia berkata, "Inti dari pembangunan berkelanjutan adalah tidak ada satu pun yang ditinggalkan, dari petani, peternak, nelayan, masyarakat adat, dan seluruh kelompok-kelompok rentan lain."

"Pembangunan berkelanjutan jangan diabaikan, (dan) malah ngurusi kekuasaan yang berkelanjutan," tegasnya.


Taubat Ekologis

Momen Ketiga Cawapres pada Pemilu 2024 Saling Beradu Argumen
Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud Md dan Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri ke kanan) saat debat keempat Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Cak Imin juga mengutip salah satu penggalan ayat Al-Qur'an yang berarti telah nyata kerusakan di darat dan laut karena ulah tangan manusia. Ia pun mengutip ungkapan Paus Fransiskus yang mewanti-wanti "masa depan yang rawan."

"Kita harus melakukan taubat ekologis. Taubat itu dimulai dari etika, sekali lagi, etika, etika lingkungan dan etika pembangunan. Jangan ugal-ugalan, jangan ngangkangi aturan, jangan sembrono, ojo sakarepe dewek (jangan seenaknya sendiri)," tuturnya.

Di kesempatan ini, ia juga menyampaikan sejumlah hal yang akan dilakukan jika terpilih jadi wakil pemimpin tertinggi di Indonesia. Ia berjanji meningkatkan anggaran dalam upaya mengatasi krisis klim hingga mendorong penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Saudara-saudara sekalian, kalau AMIN mendapat mandat, kita akan sungguh-sungguh, kita akan anggarkan (dana) untuk mengatasi krisis iklim, kita tingkatkan secara signifikan, termasuk riset sekaligus implementasi energi baru terbarukan," tuturnya.

Ia juga berjanji akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait masyarakat adat dan berencana meningkatkan alokasi subsidi bagi masyarakat desa.


Janji-Janji Lainnya

Momen Ketiga Cawapres pada Pemilu 2024 Saling Beradu Argumen
Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar saat debat keempat Capres-Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Cak Imin berkata, "Dana untuk masyarakat desa kita tingkatkan Rp5 miliar per tahun agar warga desa dapat menikmati pembangunan." Pasangan Anies-Imin juga berjanji melanjutkan subsidi BBM untuk masyarakat miskin, petani, nelayan miskin, dan kelompok rentan lain.

Transportasi publik menggunakan energi listrik pun jadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi dengan cara pembangunan kota, menurutnya. "Reforma agraria harus dieksekusi untuk memangkas ketimpangan. Saatnya kita berubah, saatnya kita memilih perubahan!" pungkasnya.

Anies memberi penilaian positif terhadap performa Imin di Debat Cawapres 2024. Ia bahkan mengaku bangga dengan pasangan cawapresnya itu. "Iya, ada tiga kata atas apa yang dikerjakan Gus Muhaimin malam ini. Satu bangga, dua bangga, tiga bangga," kata Anies, lapor Tim Pemilu, Senin (22/1/2024).

Imin dinilai mampu menjaga debat cawapres tetap berlangsung secara terhormat dan ia fokus menyampaikan kebijakan. Anies juga memandang rekannya konsisten menjaga debat sebagai forum untuk menunjukkan bagaimana kepemimpinan yang akan mereka tawarkan bila terpilih.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya