Bintang Drakor Lovely Runner Lee Cheol Woo Terseret Skandal Burning Sun, Penggemar Byeon Woo Seok Minta Idolanya Menjauh

Lee Cheol Woo menjadi salah satu anggota chat room yang melibatkan Seungri eks BigBang dalam skandal Burning Sun. Penggemar Byeon Woo Seok minta idolanya menjauhi bintang drakor Lovely Runner itu.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 21 Mei 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2024, 13:00 WIB
Bintang Drakor Lovely Runner Lee Cheol Woo Terseret Skandal Burning Sun, Bikin Klarifikasi dan Mengaku Menderita
Bintang Drakor Lovely Runner Lee Cheol Woo. (dok. Instagram @lcdoubleu/https://www.instagram.com/p/C50TDXbvSN3/?hl=en&img_index=2/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Program dokumenter soal skandal Burning Sun yang dirilis BBC kembali menyoroti gerak-gerik pesohor yang terlibat. Tidak hanya Seungri eks BigBang, Choi Joong Hoon, dan Jung Joong Young yang sudah dipenjara, tapi juga nama-nama lain yang ikut dibahas. Salah satunya Lee Cheol Woo, bintang drama Korea (drakor) Lovely Runner.

Model yang beralih jadi aktor itu ikut menikmati kesuksesan drakor yang dibintangi oleh Byeon Woo Seok tersebut. Ia berperan sebagai Hyung Gu, senior di tim renang.

Mengutip Koreaboo, Selasa (21/5/2024), para penggemar Byeon Woo Sook langsung bereaksi. Mereka meminta idolanya untuk menjauhi Lee Cheol Woo, terlebih ia sempat terpotret menghabiskan waktu bersama di luar syuting, bahkan sebelum Lovely Runner ditayangkan.

"Joo Woo Jae, Byeon Woo Seok, keluar dari situ," komentar seorang warganet.

Tak berdiam diri, agensi Lee Cheol Woo mengklaim bahwa aktornya bergabung dengan grup tersebut jauh sebelum tindak kriminal dilakukan. Ia pun tidak terlibat dalam aksi kejahatan apapun.

Lee Cheol Woo secara pribadi juga membuat unggahan berisi klarifikasi di akun Instagramnya @lcdoubleu, Senin, 20 Mei 2024. Ia mengawali pernyataan dengan sapaan selamat sore. Ia kembali mengulang pernyataan agensinya bahwa ia tidak masuk dalam chat group tersebut.

"Karena kejadian yang tidak menguntungkan, ruang percakapan yang saya maksud adalah 'ruang percakapan program' untuk berbagi jadwal dan konten yang diperlukan untuk syuting selama hiburan JTBC 2016 'Hitmaker'. Satu-satunya hal yang tidak saya bagikan tentang program dan cerita pribadi, sehingga ruang percakapan menghilang setelah program berakhir," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengaku Ia dan Keluarga Menderita Dikaitkan Skandal Burning Sun

Bintang Drakor Lovely Runner Lee Cheol Woo Terseret Skandal Burning Sun, Bikin Klarifikasi dan Mengaku Menderita
Bintang Drakor Lovely Runner Lee Cheol Woo. (dok. Instagram @lcdoubleu/https://www.instagram.com/p/C50TDXbvSN3/?hl=en&img_index=2/Dinny Mutiah)

Cheol Woo melanjutkan bahwa tidak hanya dirinya, tetapi juga keluarga dan kerabatnya yang menderita dari klaim yang salah itu selama bertahun-tahun. "Kami meminta Anda untuk berhenti melakukan penindasan dan spekulasi tanpa pandang bulu, dan kami akan dengan tegas menanggapi komentar jahat dan menyebarkan fakta palsu setelahnya," sambungnya menutup unggahan.

Saat skandal mencuat, nama Lee Cheol Woo tidak terlalu disorot karena ia tidak setenar anggota grup lainnya. Perannya dalam skandal itu dengan cepat dikesampingkan dan dia dengan cepat pulih ke dalam industri. Dia mendapatkan pekerjaan pada 2020 dengan proyek Hush, diikuti oleh Love Is For Suckers pada 2022, dan Bloodhounds pada 2023.

Nama Lee Cheol Woo terungkap dalam skandal tersebut ketika forensik menemukan dia telah menjadi bagian dari chat room. Skandal Burning Sun yang mengguncang industri hiburan Korea pada 2018 merinci bagaimana sekelompok selebriti, yang secara aktif dipimpin oleh Seungri, melakukan pelecehan seksual dan memanfaatkan berbagai wanita. Video ilegal direkam dari berbagai wanita ini dan diunggah ke grup chat dengan beberapa selebriti pria, termasuk Lee Cheol Woo.


Seungri Jadi Bulan-bulanan Warganet

Seungri
Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri memberikan keterangan kepada awak media setibanya untuk menjalani interogasi di Kantor Polisi Metropolitan Seoul, Rabu (28/8/2019). Polisi memanggil Seungri untuk memberikan keterangan atas tuduhan kasus perjudian di luar negeri. (AP/Ahn Young-joon)

Seungri eks member grup Kpop Big Bang menjadi bulan-bulanan warganet setelah BBC merilis video dokumenter skandal Burning Sun. Ramai pada 2018--2019, Burning Sun sebenarnya merupakan nama sebuah klub hiburan di Seoul, Korea Selatan. Namun, klub malam itu menjadi saksi bisu sejumlah pengunjung perempuan yang menjadi korban pemerkosaan, pembiusan, hingga perekaman tanpa persetujuan.

Rekaman itu kemudian disebar di grup chat Kakao Talk yang beranggotakan para kpop idol mulai dari Jung Joon Young, Choi Jong Hoon, hingga Seungri. Belakangan obrolan di grup ini pun terungkap karena seorang sumber anonim memberikannya data ponsel Jung Joon Young kepada wartawan hiburan SBS, Kang Kyung Yoon.

Ketiga Kpop idol itu pun sempat dipenjara karena terbukti bersalah. Kini, rekaman dokumenter dari skandal Burning Sun ini ditayangkan melalui kanal YouTube BBC World Service.

Banyak warganet yang emosi karena kelakuan para kpop idol ini, terutama Seungri. Nama Seungri bahkan sempat menjadi trending topic di X, media sosial yang dulunya bernama Twitter. "Seungri ini binatang apa pulak?" kata seorang netizen yang kesal dengan kelakuan Seungri.


Hanya Dipenjara 18 Bulan

Seungri
Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri tiba untuk menjalani interogasi di Kantor Polisi Metropolitan Seoul, Rabu (28/8/2019). Polisi memanggil Seungri untuk memberikan keterangan atas tuduhan kasus perjudian di luar negeri. (AP/Ahn Young-joon)

Pada 2019, Seungri mengundurkan diri dari industri hiburan. Manajemen YG secara resmi mengakhiri kontraknya dengan Seungri atas permintaannya pada 13 Maret 2019.  

Di tahun yang sama, dia terlibat dalam skandal Burning Sun yang merupakan skandal prostitusi dan penggelapan pajak, karena afiliasinya dengan klub malam. Pada 27 Februari 2019, dia diinterogasi oleh SMPA, tetapi membantah tuduhan mengetahui Jung Joon soal pesan dari KakaoTalk, yang menjadi mediasi layanan prostitusi kepada investor asing, dan penggunaan narkoba.

Pada 2020, jaksa mengajukan surat perintah penangkapan Seungri berdasarkan dakwaan memediasi layanan pengawalan dan prostitusi kepada investor asing, penggelapan, kebiasaan berjudi di Las Vegas, transaksi mata uang ilegal, pelanggaran Aturan Sanitasi Makanan, dan membagikan tiga foto wanita telanjang tanpa persetujuan melalui layanan pesan digital.

Pada Mei 2020, persidangannya dipindahkan dari Pengadilan Distrik Pusat Seoul ke pengadilan militer karena pada 9 Maret 2020 ia memulai wajib militernya. Pada 16 September 2020, Seungri membantah semua tuduhan kecuali pelanggaran Undang-Undang Transaksi Valuta Asing. Seungri dijatuhi hukuman 1 tahun 6 bulan atas sembilan dakwaan, termasuk pelanggaran undang-undang tentang hukuman yang diperberat dan sebagainya. 

Infografis Daftar Penyedia Layanan Konsultasi Korban Kekerasan Seksual
Infografis Daftar Penyedia Layanan Konsultasi Korban Kekerasan Seksual. (Trisyani/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya