Kilau Perhiasan Aaliyah Massaid Jalani Akad Nikah dengan Thariq Halilintar, Bertabur Berlian dan Rilisan Brand Lokal

Mulai dari kalung sampai cincin pernikahan, Aaliyah Massaid menggunakan perhiasan dari satu brand lokal di acara akad nikahnya dengan Thariq Halilintar.

oleh Asnida Riani diperbarui 27 Jul 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 04:00 WIB
Pernikahan Thariq Halilintar - Aaliyah Massaid. ( M Altaf Jauhar/ Liputan6.com)
Pernikahan Thariq Halilintar - Aaliyah Massaid. ( M Altaf Jauhar/ Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Resmi sudah Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar menyadang status baru sebagai suami istri. Pasangan ini menggelar akad nikah di Hotel Raffles Jakarta, Jumat pagi (26/7/2024), dengan mengusung adat Solo.

Putri mendiang Adjie Massaid ini tampil berkilau dengan rangkaian perhiasan rilisan brand lokal Adelle Jewellery. Melansir unggahan Instagram Story jenama itu, Jumat, Aaliyah memakai sepasang anting dan kalung rilisan merek tersebut untuk melengkapi tampilan busana pengantinnya.

Antingnya, menurut merek itu, merupakan gabungan berlian round cut dan persegi panjang dengan kesan glamor. Mereka menulis, "Desain anting ini didominasi micro diamond berbentuk daun, sehingga memberi kesan anggun, cantik, dan mewah."

Sementara itu, kalungnya merupakan seri Lexicon of Diamond yang menggunakan berlian Eternal Flame yang setiap butirnya sudah diseleksi, sehingga memenuhi 21 parameter dari aspek kualitas dan kecantikan. Tidak berhenti di situ, karena Adelle juga mempersembahkan cincin pernikahan pasangan itu.

"Wedding ring mereka custom dan ada ukuran nama masing-masing. Sangat personal dan thoughtful," imbuh jenama itu. Sebenarnya, ini merupakan langkah terbaca, karena Thariq Halilintar telah memesan cincin lamaran dari merek tersebut.

Kala itu, ia memilih cincin berdesain klasik yang dipersonalisasi dengan spesifikasi emas 3,52 gram dan oval diamond. "Berlian oval yang dipilih adalah definite diamond yang langka banget," sebut brand perhiasan itu. "(Itu) memenuhi 14 parameter kualitas dari Adelle dan disertifikasi secara internasional."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi dan Bamsoet Jadi Saksi Pernikahan Aaliyah-Thariq

Presiden Jokowi di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid (YouTube/Thariq Halilintar)
Presiden Jokowi di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid (YouTube/Thariq Halilintar)

Lebih lanjut dijelaskan bahwa cincin lamaran Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid menggunakan Signature Setting merek tersebut, sehingga berlian terlihat dua kali lebih besar. Kalung dari Adelle juga jadi seserahan saat lamaran, yakni Beatrice Pendant, yang juga menggunakan Signature Setting.

Aaliyah dan Thariq akhirnya resmi menikah dengan mas kawin berupa uang tunai senilai Rp 26.072.024, merujuk pada tanggal pernikahan mereka. Paman mempelai perempuan, Mudji Massaid, bertindak sebagai wali nikah, sedangkan Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut hadir sebagai saksi.

Menurut tayangan Youtube Thariq Halilintar, adik Zahwa Massaid ini mengaku sudah dirias sejak pukul 03.30 WIB. Kali ini, ia menggunakan jasa makeup artist asal Surabaya Cherry Jessica."Aku bener-bener enggak pernah (dirias) sama Ci Cherry, dapat rekomendasi dari Ci Marlene (Hariman)" katanya dalam video yang diunggah Jumat.

Sekitar pukul enam, proses merias dilanjutkan dengan membuat paes Solo. Wanda Hara ikut serta dalam proses persiapan karena ia bertugas sebagai penata gaya. "Ini pertama kali alis aku dikerok. Aku enggak pernah kerok alis seumur hidup. Aku menantikan untuk hari ini," ucap Aaliyah.

 


Kebaya Akad Nikah Aaliyah Massaid

Usung Busana Adat Solo, Kebaya Pengantin Aaliyah Massaid Modifikasi Baju Pernikahan Reza Artamevia
Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar menikah. (dok. Instagram @thariqhalilintar/https://www.instagram.com/p/C9323BYJYUg/?hl=en&img_index=3/Dinny Mutiah)

Hampir pukul 7 pagi, Aaliyah baru selesai berdandan. Ia lalu menunjukkan kebaya pengantinnya yang berwarna putih dan berhias bordir, serta kristal yang dirancang desainer Rika Wirtjes. "Dari Mba Rika bagus banget. Demi apa aku sekecil ini?" ucap Aaliyah. "Emang itu pinggang kamu dek," timpal Wanda.

Aaliya mengatakan, kebaya tersebut terinspirasi dari busana pernikahan sang ibu, Reza Artamevia, saat dinikahi Adjie Massaid pada 1999. "Ini dimodifikasi jadi lebih modern. Ada buntutnya, lebih modern, lebih dragon," ujarnya yang dijelaskan Rika bahwa yang dimaksud adalah pernikahan ini digelar di Tahun Naga.Kebaya itu dipadukan dengan kain batik warna sogan.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Mudjie sempat menyampaikan beberapa nasihat pernikahan untuk keponakannya. Dua di antaranya sangat spesifik terkait menjaga kehormatan pasangan dan konsep family man.

"Aaliyah, jadilah dirimu sendiri. Selalu menjaga (kehormatan) suami dan jalani pernikahan selangkah demi selangkah, (sembari terus) mengenal satu sama lain," kata Mudjie melansir dari video wawancara di kanal YouTube Melaney Ricardo, Kamis, 25 Juli 2024.

"(Pesan khusus untuk Thariq Halilintar) semoga bisa jadi ayah yang baik ke depan untuk anaknya. Please, jadilah family man. Kerja boleh tapi harus, keluarga nomor satu," sang wali nikah menambahkan.


Nasihat Pernikahan dari Habib Ja'far

Pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah
Potret Akad Nikah Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid (Sumber: Youtube/Thariq Halilintar)

Prosesi akad nikah juga dihadiri Habib Ja'far yang memberi nasihat pernikahan. Ia mengingatkan bahwa pernikahan adalah hal yang sangat agung karena itu adalah perjanjian antara mempelai dengan Allah SWT. Ia lalu mengutip sabda Nabi Muhammad SAW bahwa menikah sangat disarankan bagi kaum Muslim yang mampu.

"Maka menikahlah bagi kalian yang mampu, karena itu adalah sunnah dariku, tuntunan dariku yang sebelum aku perintahkan kepadamu, maka aku juga melakukannya sendiri. Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan rumah tangga yang ideal, maka contohlah rumah tangga Nabi Muhammad dan Sayyidah Khadijah," ujar Habib Ja'far yang didengarkan dengan seksama oleh kedua mempelai. 

Habib juga menyatakan bahwa pernikahan adalah tentang cinta layaknya segitiga. "Di mana Thariq dari sisi kanan bawah, dan Aaliyah di pojok kiri bawah, dan Allah di sisi atas dari segitiga itu. Karena itu, pesan Nabi Muhammad pada Fatimah dan Ali ketika menikah, 'Bertakwalah kepada Allah,'" ujarnya. 

Sang Habib pun menjabarkan definisi segitiga dalam sebuah pernikahan berarti suami dan istri harus sama-sama bergerak ke atas, menuju Allah. 

"Semakin kalian bergerak menuju Allah, semakin kalian dekat di antara keduanya, namun semakin kalian jauh dari Allah, maka bukan hanya kalian yang jauh dari Allah, tapi di antara kalian juga saling berjauhan, sebagaimana segitiga, Allah di atas, Thariq di bawah kanan dan Aaliyah di bawah kiri," tuturnya. 

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya