HUT ke-79 RI, Pengunjung Bisa Ikutan Lomba 17-an di Ancol dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Bagaimana cara mendaftar lomba 17-an yang akan berlangsung di Ancol pada 17 dan 18 Agustus 2024 dalam rangkaian perayaan HUT ke-79 RI?

oleh Asnida Riani diperbarui 16 Agu 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2024, 07:30 WIB
HUT RI, 45 Pohon Panjat Pinang Jadi Rebutan di Ancol
Beberapa peserta mengikuti lomba panjat pohon pinang di Pantai Festival Ancol, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Sebanyak 45 pohon pinang siap dipanjat oleh pengunjung di Pantai Festival Ancol untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ingin absen dari semarak perayaan HUT ke-79 RI, Ancol Taman Impian menghadirkan berbagai acara istimewa bertema "MerdekaRia." Salah satunya memungkinkan pengunjung ikut lomba 17-an pada Sabtu, 17 Agustus 2024, dan Minggu, 18 Agustus 2024.

"(Pendaftaran) lomba gratis untuk semua pengunjung," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho dalam keterangan pada Lifestyle Liputan6.com, Kamis, 15 Agustus 2024. "Semua (pengunjung) boleh mendaftar langsung di lokasi saat hari H."

Dijelaskan bahwa sederet lomba 17-an ini akan berlangsung di semua unit rekreasi di Ancol. Lomba yang paling ditunggu, kata dia, adalah panjat pinang kolosal yang tahun ini akan menghadirkan total 53 pohon pinang dengan hadiah masing-masing pohon hingga jutaan rupiah.

Lima puluh satu pohon akan serentak dilombakan di Pantai Festival pada Sabtu, 17 Agustus 2023, pukul 13.00 WIB, dan dua pohon di Atlantis Ancol pukul 12.15 WIB. Tidak hanya panjat pinang, ada juga lomba makan kerupuk jumbo, bola kepala, gelas balon, paku botol, dan goyang kardus di Pantai Festival mulai pukul 09.00 WIB.

Dunia Fantasi juga akan menggelar lomba kelereng, tiup balon, dan rias wajah diiringi live music. Lomba ini digelar di depan wahana Turangga-rangga pukul 17.00 WIB di setiap akhir pekan Agustus ini. Sementara itu, lomba khas 17-an, seperti balap karung, balap kelereng, dan makan kerupuk juga bisa ditemui di Sea World Ancol, Samudra Ancol, dan Altantis Ancol pada 17 dan 18 Agustus 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tradisi Pengibaran Bendera

FOTO: Gladi Resik Pengibaran Bendera Dalam Akuarium Sea World Ancol
Penyelam mengibarkan bendera Merah Putih saat gladi resik HUT ke-75 RI dalam akuarium Sea World Ancol, Jakarta, Sabtu (15/8/2020). Taman Impian Jaya Ancol akan memperingati HUT ke-75 RI dengan mengibarkan bendera Merah Putih dalam akuarium Sea World pada 17 Agustus 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Eko menyebut, jumlah peserta akan berbeda bagi setiap lomba. "Yang terbanyak pastinya panjat pinang, karena satu pohon akan diperebutkan dua tim yang masing-masing tim terdiri dari empat orang," katanya. "Kalau lomba lain bisa 5--10 peserta."

Namun sebelum itu, Ancol akan lebih dulu melakukan pengibaran bendera. Pihaknya akan melaksanakan upacara di Bundaran Timur Symphony of The Sea pada Sabtu, 17 Agustus 2024, pukul 06.30 WIB. Upacara ini akan diikuti perwakilan karyawan, siswa sekolah binaan Ancol, mitra kerja sama, dan terbuka untuk seluruh pengunjung.

Upacara pengibaran bendera juga akan dilaksanakan di Sea World Ancol. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengibaran bendera dilakukan di dalam air di akuarium utama Sea World di antara ratusan ikan. Kegiatan ini telah jadi agenda rutin tahunan objek wisata tersebut.

Pengunjung bisa menyaksikan pengibaran bendera di dalam air ini pada Sabtu, 17 Agustus 2024, pukul 10.00 WIB. Setelah itu, ada juga pengibaran bendera berukuran besar yang akan berlangsung hingga Minggu, 18 Agustus 2024.


Pertunjukan Spesial Kemerdekaan

Area Wisata Dunia Fantasi Dipadati Pengunjung
Dufan Ancol juga menghadirkan ragam kegiatan yang bisa dinikmati pengunjung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidak sampai di situ saja, karena ada pula pertunjukan spesial kemerdekaan. Drama musikal "Bambu Runcing" akan menghibur pengunjung Dunia Fantasi pada Sabtu, pukul 18.30 WIB di Panggung Hysteria. Sebelum itu, di pukul 14.30 WIB akan hadir pertunjukkan Fantasy Clown yang jenaka.

Terdapat pula pertunjukkan Laserman Show di Indoor Dufan pukul 13.00 WIB. Parade Akbar Kemerdekaan juga akan memeriahkan Dunia Fantasi pukul 16.30 WIB dengan kostum-kostum pejuang dan marching band yang dimulai dari area Balaikota Dufan.

Pertunjukkan spesial lainnya adalah Gebyar Merah Putih di Underwater Theater Samudra Ancol. Pengunjung akan melihat atraksi penyelam balerina berkostum merah putih dan penyelam yang akan mengibarkan bendera merah putih di dalam air pada pukul 09.30, 11.30, dan 14.30 WIB.

Jangan lewatkan juga pertunjukkan Kampung Merdeka bersama Singa Laut pada pukul 10.15, 12.30, 15.15 WIB. Masih dalam rangkaian pertunjukan spesial kemerdekaan, Jakarta Bird Land akan menghadirkan Special Interactive Birdsho, supaya pengunjung bisa menyaksikan kepintaran burung jenis paruh bengkok dalam menaikkan bendera.


Pawai sampai Konser Musik

20150718-Ribuan Pengunjung Padati Kawasan Pantai Ancol-Jakarta
Pengunjung menggunakan wahana Gondola untuk menikmati area wisata Ancol, Jakarta, Sabtu (18/7/2015). Wisata pantai Ancol masih menjadi pilihan favorit warga Jakarta untuk mengisi libur lebaran kedua ini bersama keluarga. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kemeriahan berlanjut dengan Pawai Nusantara MerdekaRia. Lomba gerak jalan ini terbuka untuk umum dengan jumlah maksimal per grup 20 orang dan memperebutkan hadiah total Rp28 juta. Lomba akan berlangsung pada Minggu, 18 Agustus 2024 di Symphony ofThe Sea Ancol pukul 09.00--13.00 WIB.

Ancol juga menggelar lomba band musik bertajuk "Battle of The Bands" yang akan diselenggarakan di Pasar Seni Ancol pada Minggu, 18 Agustus 2024, mulai pukul 09.00 WIB. Lomba ini berhadiah total Rp37 juta bagi para pemenang.

Ragam perlombaan ini diharapkan tidak sekedar jadi hiburan, tapi memberi makna lebih dalam, yaitu mengajarkan nilai-nilai sportivitas, kerja sama, dan kerja keras untuk mencapai tujuan bersama. Kemeriahan MerdekaRia akan ditutup dengan MerdekaRia Fest yang akan menghadirkan bintang tamu Rocket Rockers, The Sigit, dan Voice of Baceprot.

Konser musik ini akan berlangsung di Pantai Festival pukul 17.00 WIB. Pengunjung yang ingin menyaksikan konser ini cukup membeli tiket masuk kawasan Ancol Taman Impian.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya