Koridor 8 dan 9 Transjakarta Terapkan e-Ticketing 1 November

"Jadi sebelum tahun ini berakhir, seluruh koridor Transjakarta sudah full e-Ticketing. Tidak terima tunai lagi," jelas Dirut Transjakarta.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 22 Okt 2014, 13:12 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2014, 13:12 WIB
Transjakarta terapkan e-ticketing di seluruh koridor.
Transjakarta terapkan e-ticketing di seluruh koridor.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Steve Kosasih menyampaikan bahwa pada awal November tahun ini, koridor 8 dan 9  Transjakarta akan mulai menerapkan e-Ticketing atau kartu elektronik untuk pembayaran tarif layanan bus Transjakarta.

"Transjakarta akan menerapkan full e-Ticketing tahun ini. 1 November full di Koridor 8 (Lebak Buluus-Harmoni) dan 9 (Pluit-Pinang Ranti)," jelas Kosasih dalam pernyataan tertulisnya, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Setelah dua koridor tersebut, menyusul koridor 2 (Kota Harapan Indah-Harmoni) dan 3 (Kalideres-Pasar Baru) yang akan menerapkan kartu elektronik pada 22 November mendatang. Lalu, seminggu kemudian tepatnya 29 November, giliran koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) dan 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan) ikut menerapkan e-Ticketing.

Terakhir, di bulan Desember kartu elektronik tersebut juga akan diterapkan di koridor 10 (Tanjung Priok - Cililitan), 11 (Kampung Melayu - Walikota Jakarta Timur) dan 12 (Pluit - Tanjung Priok) pada tanggal 13 (koridor khusus).

"Jadi sebelum tahun ini berakhir seluruh koridor sudah full e-Ticketing. Tidak terima tunai lagi," jelas Kosasih.

Mulai Kamis besok, lanjut dia, pihaknya akan memasang poster sosialisasi e-Ticketing di seluruh halte Koridor 8 dan 9. Penerapan e-Ticketing tetap menggunakan kartu uang elektronik dari 6 bank yang telah bermitra dengan Transjakarta.

Kartu elektronik tersebut bisa diperoleh di loket-loket Transjakarta, di berbagai merchant mitra bank-bank terkait, dan juga di kantor-kantor cabang bank mitra Transjakarta tersebut. Harga kartunya Rp 20.000, sementara isi ulang atau top-up bisa dilakukan di loket-loket halte.

"Untuk yang sudah punya kartu uang elektronik bank seperti JakCard, e-Money, Flazz, Tapcash, Brizzi atau MegaCash tidak usah beli kartu perdana lagi. Untuk yang belum punya bisa beli di loket-loket kami," ungkap Steve.

Dengan diterapkannya Full e-Ticketing, diharapkan kepadatan transaksi di halte bisa dikurangi dan antrian penumpang bisa dipercepat. (Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya