Membedah Pidato Medok Berbahasa Inggris Jokowi di KTT APEC

Hanya berbekal poin-poin berisi data, pidato dalam bahasa Inggris meluncur dari mulut Presiden Jokowi yang berdiri di hadapan CEO KTT APEC.

oleh Nadya Isnaeni diperbarui 11 Nov 2014, 14:20 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2014, 14:20 WIB
hikmahanto

Liputan6.com, Jakarta - Hanya berbekal poin-poin berisi data, pidato dalam bahasa Inggris meluncur dari mulut Presiden Jokowi yang berdiri di hadapan para CEO forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC). Dia melafalkan isi otaknya tanpa naskah contekan.

"(Pidato Jokowi) Sudah baik. Bahwa substansi yang dimaui disampaikan, cerita kalau mau (ajakan) investas,i" kata guru besar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Hikmahanto juga mengapresiasi aksi Jokowi yang berpidato bahasa Inggris tanpa catatan. Menurut dia, pidato ceplas-ceplos seperti itu memang gaya khas Jokowi.

"Pakai catatan, Pak Jokowi seperti biasanya kalau beliau berpidato tak panjang-panjang, langsung ke permasalahan, itu yang kemudian beliau lakukan di forum itu," ujar dia.

Dia mengatakan, banyak yang membanding-bandingkan Jokowi dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Meski tak secanggih kemampuan berbahasa Inggris SBY, kata Hikmahanto, Jokowi mewakili kemampuan rata-rata masyarakat Indonesia.

"Bahasa Inggris-nya (Jokowi) sebetulnya nggak canggih seperti Pak SBY, tapi dalam kapasitasnya 'Pak Jokowi adalah kita', kita memang bahasa Inggris-nya nggak canggih-canggih," ujar dia.

"Justru kalau Jokowi bahasa Ingris-nya kayak Amerika, nanti orang curiga, ada hubungan apa Jokowi dengan Amerika," imbuh Hikmahanto.

Menurut dia, kemampuan bahasa Inggris Jokowi wajar. Karena ayah 3 anak tersebut memang tak pernah tinggal di luar negeri. "Pak Jokowi nggak pernah di luar negeri, dia nggak seperti anak muda sekarang yang terekspos (bahasa Inggris)," ucap pria berkacamata itu.

Lalu bagaimana dengan bahasa Inggris Jokowi yang kental dengan logat Jawa atau medok?

"Medoknya nggak masalah, orang Australia pakai logatnya juga nggak masalah. Apa adanya saja, kalau memang itu bahasa Inggris Pak Jokowi. Sepanjang informasi yang di kepalanya tersampaikan," tandas Hikmahanto.

Sebelumnya, pidato Jokowi di CEO Summit KTT APEC juga mendapatkan pujian. Seperti yang diungkapkan Presiden East-West Center, organisasi yang berfokus pada dunia pendidikan dan penelitian Charles E Morisson. Charles memuji, pidato Jokowi soal tawaran investasi berjalan sangat baik dengan bahasa Inggris yang simpel, menggunakan pointer-nya sendiri.

Lalu ada Ben Rhodes, Deputi Penasihat Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis untuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Dia mengatakan, Presiden Obama menjalin hubungan bilateral pertamanya dengan Indonesia (sejak pemerintahan Presiden Jokowi) -- yang merupakan rekan strategis bagi AS -- di China. Dan Presiden Jokowi telah memulainya dengan mengesankan. (Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya