Awasi Siswa saat UN, Kamera CCTV Dipasang

Sejumlah kamera pengintai atau CCTV sengaja dipasang di dalam ruang ujian di SMAN 1 Blitar, Jawa Timur.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Apr 2015, 13:17 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2015, 13:17 WIB
UN-Diawasi-CCTV
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Blitar - Sejumlah kamera pengintai atau CCTV dipasang di ruang ujian di SMAN 1 Blitar, Jawa Timur, untuk memantau para peserta ujian.

Di SMAN ini sebanyak 360 siswa yang mengikuti UN dan ditempatkan dalam 18 ruang kelas yang keseluruhannya terpasang kamera CCTV.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (13/5/2015), seluruh rekaman kamera pengintai ini dipantau langsung oleh para pengawas, baik itu guru dan juga dinas pendidikan dari ruang kontrol.

Diharapkan, pemasangan kamera CCTV ini bisa memaksimalkan kemampuan siswa saat mengerjakan soal dan memupuk kejujuran mereka.

Pengawasan ketat juga dilakukan di Sleman, Yogyakarta. Kamera CCTV yang dihubungkan ke ruang guru membuat para siswa tak lagi bisa berbuat seenaknya, karena gerak-gerik mereka dipantau selama mengerjakan soal-soal ujian. Selain diawasi kamera pengintai, 2 pengawas juga selalu berada di depan kelas

Menurut pihak sekolah, CCTV ini dipasang di seluruh ruang kelas yang digunakan ujian dan ruang lain yang digunakan untuk keperluan pengawasan. Dengan begitu langkah pengawasan oleh pihak sekolah diharapkan bisa lebih efektif. (Mar/Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya