Ketua MA: Almarhum Benjamin Mangkoedilaga Mau Bimbing Juniornya

Hatta pun memuji hingga sekarang sosok almarhum masih konsisten dalam menegakkan hukum dan memutuskan suatu perkara.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 22 Mei 2015, 03:51 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2015, 03:51 WIB
Benjamin Mangkoedilaga
Benjamin Mangkoedilaga

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Hakim Agung Benjamin Mangkoedilaga tutup usia di umur 78 tahun. Hal ini membuat dunia hukum Indonesia berduka. Rumah duka di Jalan Kavling Polri Nomor 36 B, Jakarta Selatan, ramai dikunjungi tokoh-tokoh hukum Tanah Air.

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali yang hadir di rumah duka juga melontarkan hal yang sama. Dia menilai Benjamin adalah sosok yang baik dan mau membimbing para juniornya.

"Almarhum itu sangat baik, ramah. Terhadap junior-juniornya juga mau membimbing," ujar Hatta Ali di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Hatta pun memuji hingga sekarang sosok almarhum masih konsisten dalam menegakkan hukum dan memutuskan suatu perkara.

"Beliau hingga hari ini konsisten memutuskan perkara," pungkas Hatta Ali.

Benjamin Mangkoedilaga menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis kemarin sekitar pukul 16.30 WIB. Benjamin‎ meninggal karena sakit jantung yang dideritanya.

Benjamin lahir di Garut, Jawa Barat, pada 30 September 1937. Pria ini pernah menjadi Hakim Agung pada tahun 2000-2002.

‎Lulusan SMA Kolese Kanisius ini juga pernah menjadi anggota Komnas HAM dan Hakim Tinggi PT-TUN Jakarta. Dia juga pernah menjadi anggota Arbitrase Nasional, Dewan Pers, dan ‎Partnership to Support Governance Reform in Indonesia.

Bejamin menikah dengan seorang perempuan bernama Roosliana. Perkawinan mereka dikaruniai 2 orang anak, yakni Mada Dewi Yustika dan Mada Dies Natalia. (Ado)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya