Jokowi Ngunduh Mantu di Jakarta Setelah dari Solo

Dalam pernikahan putra Jokowi, akan hadir sejumlah tamu penting di antaranya wakil presiden, mantan presiden, dan mantan wakil presiden.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Jun 2015, 11:13 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2015, 11:13 WIB
[Bintang] Iriana Jokowi
Preskon Iriana jokowi,Gibran Rakabuming Raka & Selvi Ananda Putri @ Gedung Saba Buana ( Solo ) (M. Akrom Sukarya/bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Puteri Solo 2009 Selvi Ananda, tinggal menghitung hari. Segala persiapan telah dilakukan, termasuk menentukan jumlah tamu dan penyambutan mereka.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, dalam pernikahan Gibran-Selvi yang akan berlangsung pada 11 Juni mendatang, akan hadir sejumlah tamu penting di antaranya wakil presiden, mantan presiden, dan mantan wakil presiden. Dalam hal ini, ujar Pratikno, pihaknya akan membantu pengelolaan protokol.

"Kami di Istana membantu aparat lokal, polisi, dan TNI untuk pengamanan dan keprotokoleran, karena yang hadir banyak pejabat negara, termasuk wapres, mantan wapres, dan mantan presiden. Kalau ada tamu seperti itu kewajiban pemerintah soal keamanan dan keprotokoleran, aparat daerah akan pusing, makanya kita bantu supaya lebih sederhana," kata Pratikno, Rabu 3 Juni 2015 malam.

Menurut Mensesneg, dalam tradisi Jawa pihak pengantin perempuan yang memiliki hajat sehingga Presiden kemungkinan akan melangsungkan acara "ngunduh mantu" di Jakarta.

"Nanti setelah acara di Solo, Presiden inginnya ada acara di Jakarta. Di Solo itu acara keluarga (pengantin) perempuan," kata dia.

Terkait kehadiran pemimpin negara sahabat, mantan rektor Universitas Gadjah Mada ini mengatakan, hingga saat ini belum ada rencana atau pemberitahuan kehadiran tamu dari negara sahabat pada pernikahan Gibran-Selvi nanti.

"Yang saya tahu belum ada permintaan keamanan dan keprotokoleran kepala pemerintahan dari negara lain," ujar Pratikno. (Ant/Sun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya