Jokowi dan Peci Pengingat Keteladanan Gus Dur

Jokowi atidak bisa lupa dengan peci pemberian dari Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 24 Des 2016, 07:22 WIB
Diterbitkan 24 Des 2016, 07:22 WIB
Presiden Jokowi Punya Semangat Gus Dur dalam Memimpin RI
Presiden Joko Widodo dinilai memiliki semangat mantan pemimpin Indonesia, Gus Dur. Oleh sebab itu keluarga Gus Dur memberinya peci almarhum.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak bisa lupa dengan peci pemberian dari Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bahkan, Jokowi menggunakan peci itu sebagai pengingat untuk tetap bersikap sederhana.

Jokowi mengatakan peci itu diberikan istri Gus Dur Sinta Nuriyah Wahid di Wahid Instiute pada Kamis 26 September 2013. Peci itu merupakan salah satu peci yang kerap digunakan Gus Dur semasa hidup.

"Tadi pagi ada yang mengingatkan pada saya untuk dipakai tapi karena disimpan di Solo tidak bisa dipakai malam hari ini," kata Jokowi saat Haul ke-7 Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2016).

Banyak keteladan yang bisa dicontoh dari Gus Dur. Jokowi menilai peran Gus Dur sama dengan tujuan Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia.

"Sikap itu sejalan dengan kelahiran Nabi Muhammad, yang menuntun manusia mulia dan menebar rahmat bagi seluruh alam," kata Jokowi.

Jokowi pun menggunakan peci Gus Dur itu sebagai media pengingat keteladanan sikap pimpinan Pesantren Tebu Ireng itu. Keteladanan tentang kesederhanaan dan sukarela melayani rakyat yang tak pernah dilupakan Jokowi.

"Pemberian peci itu pengingat bagi saya dan semuanya untuk meneladani Gus dur. Meneladani kesederhanaan kesukarelaan beliau dalam melayani masyarakat dan kerelaa berkorban untuk bangsa dan negara sampai akhir hayat," pungkas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya